KOMPETIFKOMPETIF

Jurnal Daya SaingJurnal Daya Saing

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli ponsel Samsung. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Lancang Kuning yang menggunakan produk ponsel Samsung. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan convenience sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis Regresi Linear Berganda digunakan untuk menguji pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli ponsel Samsung. Hasil penelitian menunjukkan: (1) citra merek dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ponsel Samsung; (2) citra merek dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli ponsel Samsung.

Pertama, citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli ponsel Samsung pada mahasiswa Universitas Lancang Kuning.Kedua, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ponsel Samsung pada mahasiswa Universitas Lancang Kuning.Ketiga, secara simultan citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ponsel Samsung pada mahasiswa Universitas Lancang Kuning.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan fokus pada variabel lain yang berpotensi menjelaskan sekitar 50,6 persen sisa variabilitas minat beli ponsel Samsung yang belum terbahas, seperti persepsi harga, kepercayaan merek, atau nilai yang dirasakan konsumen. Sebagai contoh, sebuah studi bisa mengajukan pertanyaan penelitian: Sejauh mana persepsi harga dan kepercayaan merek memoderasi pengaruh citra merek serta kualitas produk terhadap minat beli? Selanjutnya, perluasan cakupan populasi dapat dilakukan dengan melibatkan mahasiswa dari berbagai fakultas atau universitas berbeda serta menerapkan teknik probability sampling, sehingga hasil penelitian menjadi lebih representatif dan bias convenience sampling dapat diminimalkan. Arah penelitian ini bisa dirancang dalam bentuk studi komparatif antar kelompok konsumen berdasarkan latar belakang akademik atau demografis untuk mengidentifikasi perbedaan pola minat beli. Selain itu, penelitian baru dapat mengeksplorasi peran digital marketing, media sosial, dan e-word-of-mouth sebagai mediator atau moderator dalam hubungan antara citra merek, kualitas produk, dan minat beli. Pertanyaan yang diajukan misalnya: Bagaimana eWOM di platform digital memengaruhi hubungan citra merek dan kualitas produk dengan minat beli? Dengan demikian, studi yang lebih komprehensif dapat memberikan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor kunci yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

  1. #minat beli konsumen#minat beli konsumen
  2. #halal kualitas produk#halal kualitas produk
File size178.08 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test