UNP KEDIRIUNP KEDIRI

EfektorEfektor

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang memungkinkan guru untuk memfasilitasi keragaman kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah dasar adalah salah satu dari wujud implementasi kurikulum merdeka. SDN Burengan 2 merupakan salah satu sekolah penggerak yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka pertama kali dibandingkan dengan sekolah lainnya di Kediri. Pengalaman Guru-guru telah mendapatkan berbagai pelatihan tentang kurikulum dan khususnya pembelajaran berdiferensiasi dan menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Teori dan praktik pembelajaran berdiferensiasi di SDB Burengan 2 Kediri dan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi diantaranya adalah aspek perencanaan pembelajaran berbasis kesiapan belajar, minat dan profil belajar siswa, implementasi pembelajaran berbasis diferensiasi konten, proses dan produk serta evaluasi pembelajaran berbasis diagnostik, formatif dan sumatif. Implementasi pembelajaran di SDN Burengan 2 Kediri menunjukkan adanya keselarasan antara perencanaan, praktik dan evaluasi pembelajaran. Serta menunjukkan praktik pembelajaran berdiferensiasi yang cukup beragam antar jenjang kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat keselarasan antara teori dan impelementasi pembelajaran berdiferensiasi di SDN Burengan 2 Kediri.

Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SDN Burengan 2 secara umum selaras dengan prinsip‑prinsip diferensiasi.Variasi penerapan dipengaruhi oleh perbedaan kebutuhan belajar serta pertimbangan efisiensi dan fleksibilitas kelas.Penelitian ini menyarankan pengembangan peta konseptual praktik pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana pengembangan peta konseptual praktik pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan konsistensi antara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di sekolah dasar lain di Indonesia, dengan menguji penerapan model tersebut pada beberapa sekolah yang memiliki karakteristik demografis dan sumber daya berbeda, sehingga dapat menilai fleksibilitas dan efektivitasnya secara lebih luas. Selain itu, studi longitudinal dapat meneliti dampak jangka panjang diferensiasi yang berbasis kesiapan belajar dan gaya belajar terhadap prestasi akademik serta motivasi siswa, dengan membandingkan data sebelum, selama, dan setelah tiga tahun implementasi, sehingga memberikan gambaran tentang keberlanjutan manfaat pedagogik. Selanjutnya, penelitian kualitatif dapat menyelidiki tantangan guru dalam melakukan diferensiasi proses dan produk, khususnya terkait beban kerja, manajemen waktu, dan akses materi, serta mengidentifikasi strategi dukungan profesional yang paling efektif untuk memperkuat kompetensi guru dalam mengelola kelas berdiferensiasi, termasuk pelatihan berkelanjutan dan komunitas praktik.

  1. WhatsApp Button. academic research publishing group arpg whatsapp button advanced search journals authors... doi.org/10.32861/jssr.412.648.668WhatsApp Button academic research publishing group arpg whatsapp button advanced search journals authors doi 10 32861 jssr 412 648 668
  2. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik | Jurnal Teknologi Pendidikan.... doi.org/10.47134/jtp.v1i3.87Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Jurnal Teknologi Pendidikan doi 10 47134 jtp v1i3 87
  3. 0. endobj font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs jfif 48g9 bybgnptut3... doi.org/10.29333/iji.2020.13237a0 endobj font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs jfif 48g9 bybgnptut3 doi 10 29333 iji 2020 13237a
  4. Conceptual Model of Differentiated-Instruction (DI) Based on Teachers’ Experiences in Indonesia.... mdpi.com/2227-7102/12/10/650Conceptual Model of Differentiated Instruction DI Based on TeachersAo Experiences in Indonesia mdpi 2227 7102 12 10 650
  1. #profil siswa#profil siswa
File size300.15 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test