STKIPPACITANSTKIPPACITAN

Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian Pendidikan

Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif kualitatif menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada teori *Educating for Character* tentang pengajaran sikap hormat dan tanggung jawab yang dikembangkan oleh Thomas Licona. Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ponorogo dilakukan melalui penanaman nilai karakter kejujuran, yang mencakup pembiasaan dan keteladanan yang tidak dapat dipisahkan; (2) faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah, orang tua, dan semua pihak sekolah serta sarana kantin kejujuran, sedangkan faktor penghambat meliputi lingkungan keluarga dan faktor intelektual peserta didik.

Implementasi nilai pendidikan karakter kejujuran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ponorogo menggunakan strategi keteladanan dan pembiasaan, yang telah berjalan baik namun masih memerlukan peningkatan.Faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah, orang tua, dan seluruh pihak sekolah, sedangkan faktor penghambat berasal dari lingkungan keluarga dan faktor intelektual peserta didik.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh penggunaan platform digital, seperti modul e‑learning interaktif, terhadap peningkatan nilai kejujuran siswa SMK, sehingga dapat menilai efektivitas teknologi dalam pembelajaran karakter. Selain itu, penting untuk menyelidiki dampak program keterlibatan orang tua secara berkelanjutan pada keberlangsungan nilai kejujuran siswa, dengan mengamati perubahan perilaku selama perioda waktu yang lebih panjang. Selanjutnya, perbandingan model kantin kejujuran yang dikelola oleh siswa dengan yang diawasi guru dapat memberikan wawasan mengenai strategi pengelolaan yang paling efektif dalam menumbuhkan integritas di lingkungan sekolah.

File size228.63 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test