STKIPPACITANSTKIPPACITAN
Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian PendidikanPenelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif kualitatif menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada teori *Educating for Character* tentang pengajaran sikap hormat dan tanggung jawab yang dikembangkan oleh Thomas Licona. Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ponorogo dilakukan melalui penanaman nilai karakter kejujuran, yang mencakup pembiasaan dan keteladanan yang tidak dapat dipisahkan; (2) faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah, orang tua, dan semua pihak sekolah serta sarana kantin kejujuran, sedangkan faktor penghambat meliputi lingkungan keluarga dan faktor intelektual peserta didik.
Implementasi nilai pendidikan karakter kejujuran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ponorogo menggunakan strategi keteladanan dan pembiasaan, yang telah berjalan baik namun masih memerlukan peningkatan.Faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah, orang tua, dan seluruh pihak sekolah, sedangkan faktor penghambat berasal dari lingkungan keluarga dan faktor intelektual peserta didik.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh penggunaan platform digital, seperti modul e‑learning interaktif, terhadap peningkatan nilai kejujuran siswa SMK, sehingga dapat menilai efektivitas teknologi dalam pembelajaran karakter. Selain itu, penting untuk menyelidiki dampak program keterlibatan orang tua secara berkelanjutan pada keberlangsungan nilai kejujuran siswa, dengan mengamati perubahan perilaku selama perioda waktu yang lebih panjang. Selanjutnya, perbandingan model kantin kejujuran yang dikelola oleh siswa dengan yang diawasi guru dapat memberikan wawasan mengenai strategi pengelolaan yang paling efektif dalam menumbuhkan integritas di lingkungan sekolah.
| File size | 228.63 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UINSALATIGAUINSALATIGA Penelitian ini menekankan relevansi metode pembelajaran interaktif dalam pendidikan modern, dengan fokus pada partisipasi aktif peserta didik dan menjawabPenelitian ini menekankan relevansi metode pembelajaran interaktif dalam pendidikan modern, dengan fokus pada partisipasi aktif peserta didik dan menjawab
UNTANUNTAN Salah satu antioksidan yang diketahui adalah β-karoten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kadar β-karoten dari buah patikala (Etlingera elatiorSalah satu antioksidan yang diketahui adalah β-karoten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kadar β-karoten dari buah patikala (Etlingera elatior
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Materi perkuliahan yang disajikan secara terorganisir dan terstruktur, sedangkan metode perkuliahan yang dikembangkan terbagi menjadi dua yaitu secaraMateri perkuliahan yang disajikan secara terorganisir dan terstruktur, sedangkan metode perkuliahan yang dikembangkan terbagi menjadi dua yaitu secara
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Instrumen dalam mengumpulkan data adalah kuesioner dan tes. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data topik bacaan yang menarik; sedangkan tes objektifInstrumen dalam mengumpulkan data adalah kuesioner dan tes. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data topik bacaan yang menarik; sedangkan tes objektif
Useful /
UDBUDB Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan biometrik meningkatkan keamananAnalisis data dilakukan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan biometrik meningkatkan keamanan
UNSOEDUNSOED Analisis LC-HRMS mengidentifikasi beberapa senyawa penyumbang aktivitas biologis, menunjukkan bahwa *S. myrtifolium* dan fungi endofitiknya merupakan sumberAnalisis LC-HRMS mengidentifikasi beberapa senyawa penyumbang aktivitas biologis, menunjukkan bahwa *S. myrtifolium* dan fungi endofitiknya merupakan sumber
UINSALATIGAUINSALATIGA Berdasarkan temuan ini, disarankan agar program pelatihan madrasah di masa depan lebih menekankan pada penyusunan materi yang mendalam, relevan, dan aplikatif,Berdasarkan temuan ini, disarankan agar program pelatihan madrasah di masa depan lebih menekankan pada penyusunan materi yang mendalam, relevan, dan aplikatif,
IUSIUS Implikasinya meliputi kebutuhan hakim memahami hukum adat, prioritas peran aparat penegak hukum dalam memberikan keadilan, serta pentingnya partisipasiImplikasinya meliputi kebutuhan hakim memahami hukum adat, prioritas peran aparat penegak hukum dalam memberikan keadilan, serta pentingnya partisipasi