STKIPPACITANSTKIPPACITAN
Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian PendidikanTujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan korelasi antara topik yang menarik dari bacaan teks dan pemahaman bacaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua semester ketiga Jurusan Bahasa Inggris IKIP PGRI Bojonegoro yang terdiri dari dua kelas. Jumlah siswa adalah 84 siswa. Sampel penelitian adalah 42 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam mengumpulkan data adalah kuesioner dan tes. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data topik bacaan yang menarik; sedangkan tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan siswa dalam pemahaman membaca. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah momen produk pearson dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara skor kuesioner topik menarik dan skor tes membaca (r= 0,417)> rt adalah 0,304. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa topik membaca yang menarik adalah variabel penting bagi kemampuan siswa dalam pemahaman membaca.
Setelah melakukan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa penekanan pada kemampuan membaca dalam silabus bahasa Inggris mendorong guru untuk menggunakan bacaan sebanyak mungkin agar siswa memiliki lebih banyak kesempatan untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan membaca mereka.Penelitian ini juga menunjukkan pentingnya motivasi siswa.Setelah melakukan uji hipotesis, nilai hubungan antara topik yang menarik dan kemampuan pemahaman membaca siswa adalah r = 0,417, yang memberikan bukti untuk menolak hipotesis nol.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana variasi gaya pembelajaran mempengaruhi hubungan antara topik menarik dan pemahaman bacaan siswa. Selain itu, dapat juga dilakukan penelitian tentang perbedaan efek antara jenis teks bacaan yang berbeda, seperti teks informatif dan naratif, terhadap kemampuan pemahaman membaca. Penelitian lain yang bermanfaat adalah menginvestigasi faktor-faktor lain yang mungkin berperan dalam motivasi siswa dalam membaca, seperti dukungan dari keluarga atau lingkungan belajar.
| File size | 259.55 KB |
| Pages | 4 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil data di atas, penerapan Model Tipe Think Pair Shar (TPS)Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil data di atas, penerapan Model Tipe Think Pair Shar (TPS)
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukGuru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa InggrisHasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa Inggris
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Selain menumbuhkan keterampilan, hal ini juga mendukung program pemerintah di bidang wisata. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicaraSelain menumbuhkan keterampilan, hal ini juga mendukung program pemerintah di bidang wisata. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan laporan keuangan berupa rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity RatioMetode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan laporan keuangan berupa rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Modul pembelajaran berbasis saintifik disusun agar peserta pembelajaran secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui 5 tahapan (mengamati),Modul pembelajaran berbasis saintifik disusun agar peserta pembelajaran secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui 5 tahapan (mengamati),
IJAINIJAIN The experiment on simulated data and real dataset showed that the K-Means algorithm has the highest accuracy in both data models, stationary and non-stationaryThe experiment on simulated data and real dataset showed that the K-Means algorithm has the highest accuracy in both data models, stationary and non-stationary
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaranHasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaran