STKIPPACITANSTKIPPACITAN

Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian Pendidikan

Nilai hasil belajar yang tidak memuaskan pada kelas XI SMK 17 Agustus 1945 pada pelajaran matematika materi Matriks terjadi karena kurang aktifnya siswa di kelas dan masih belum maksimal dalam menganalisis soal-soal. Model pembelajaran kooperatif cukup baik dalam meningkatkan interaksi antara siswa dengan siswa atau dengan guru untuk menganalisis, memecahkan masalah, menggali dan memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model pembelajaran kooperatif merupakan cara yang tepat untuk merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap materi pelajaran dan bisa meningkatkan hasil belajarnya. Dengan berdiskusi kelompok, siswa dengan tingkat analisis rendah akan termotivasi untuk mengejar kemampuan analisis teman diskusi mereka yang lebih tinggi, teman tingkat analisis tinggi akan merangsang kemampuan analisis temannya yang memiliki analisis lebih rendah. Teman diskusi kemampuan analisis yang lebih tinggi akan memiliki fungsi sebagai pembimbing, perangsang, penjaga dan pengasah kemampuan berpikir teman diskusinya, maka dapat disimpulkan metode mana yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan indikator nilai hasil belajar siswa yang meningkat dari metode STAD dan Snowball Throwing.

Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Snowball Throwing di SMK 17 Agustus 1945 Surabaya.Hasil belajar siswa yang diajar dengan metode STAD lebih tinggi dibandingkan dengan metode Snowball Throwing, dengan rata-rata nilai 75,9 berbanding 63,68.Faktor pendukungnya adalah siswa lebih cepat memahami konsep melalui diskusi kelompok dalam metode STAD.

Penelitian lanjutan dapat menguji efektivitas metode STAD dibandingkan dengan model kooperatif lain seperti Jigsaw atau Think-Pair-Share dalam materi matematika yang lebih kompleks, agar diketahui apakah keunggulan STAD bersifat konsisten. Selain itu, perlu diteliti bagaimana dinamika kelompok dalam STAD memengaruhi perkembangan keterampilan sosial dan kemampuan analitis siswa secara jangka panjang, bukan hanya hasil tes akhir. Penelitian juga bisa diekspansi dengan mempertimbangkan variabel seperti gaya belajar siswa atau latar belakang akademik dalam kaitannya dengan respons terhadap model Snowball Throwing agar ditemukan strategi adaptif yang lebih personalisasi untuk meningkatkan keterlibatan belajar di kelas.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size451.92 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test