UPIUPI
Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and TechnologyPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model desain arsitektur sekolah menengah khas untuk anak-anak dengan disabilitas visual yang dapat diakses dan memenuhi kebutuhan perilaku mereka. Metode yang digunakan adalah metode desain rasional, sering disebut metode glass box, yang dibagi menjadi empat langkah: (1) kriteria desain; (2) perilaku anak-anak dengan disabilitas visual; (3) pemrograman; (4) pembuatan model desain. Kriteria desain dikombinasikan berdasarkan aspek aksesibilitas, ruang, kesadaran sensorial, peningkatan pembelajaran, fleksibilitas dan kemampuan, kondisi kesehatan dan kesejahteraan, keselamatan dan keamanan, keberlanjutan, integrasi alam lingkungan dan bangunan, serta adanya ruang terbuka. Prinsip‑prinsip ini diimplementasikan dari luar ke dalam bangunan serta dari situs menuju lanskap dan interior bangunan. Kami berpendapat bahwa model bangunan arsitektur ini dapat memenuhi kebutuhan siswa dengan disabilitas khusus.
Standar fasilitas pendidikan khusus di Indonesia masih belum memadai.penelitian ini menyajikan sepuluh kriteria desain untuk sekolah vokasional menengah khas bagi anak dengan disabilitas visual yang meliputi aksesibilitas, ruang, kesadaran sensorial, peningkatan pembelajaran, fleksibilitas, kesehatan dan kesejahteraan, keselamatan, keberlanjutan, integrasi alam, dan ruang terbuka.Penelitian menegaskan pentingnya penerapan kriteria tersebut untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung kemandirian siswa.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada evaluasi implementasi model desain arsitektur sekolah khas pada beberapa lembaga pendidikan di Indonesia. Studi kualitatif dapat mengukur tingkat kenyamanan dan penggunaan fasilitas oleh siswa dengan disabilitas visual. Analisis perbandingan antara skema desain yang diusulkan dan model konvensional dapat memberikan bukti empiris mengenai peningkatan aksesibilitas dan belajar. Selain itu, penelitian dapat menjajaki persepsi guru dan tenaga kependidikan tentang aspek fleksibilitas dan keberlanjutan yang tercakup dalam kriteria. Untuk memperluas temuan, penyelidikan kuantitatif dapat mengembangkan indikator penilaian standar nasional yang lebih komprehensif berdasarkan hasil studi ini. Dengan demikian, model dapat direvisi dan diadopsi secara masal di jenjang pendidikan vokasional. Penelitian juga dapat memvalidasi efek jangka panjang terhadap kemandirian tenaga kerja siswa setelah lulus. Data yang diperoleh bisa menjadi dasar perumusan kebijakan pemerintah dan regulasi kementariat pendidikan. Implementasi di berbagai wilayah dengan kondisi geografis berbeda wajib dipertimbangkan untuk menambah relevansi. Selanjutnya, kolaborasi lintas disiplin dapat memperkaya metodologi dan analisis hasil penelitian.
| File size | 1.6 MB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaranData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran
UPIUPI Proses pembuatan soal TOEFL secara konvensional memakan waktu yang besar, sehingga teknologi komputer dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan tersebut.Proses pembuatan soal TOEFL secara konvensional memakan waktu yang besar, sehingga teknologi komputer dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan tersebut.
UPIUPI Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (t_hitung = 8,92; p <Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (t_hitung = 8,92; p <
UPIUPI Oleh karena itu, pertanian perkotaan sebaiknya dimasukkan ke dalam rencana masa depan Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Pertanian, dan lembaga terkaitOleh karena itu, pertanian perkotaan sebaiknya dimasukkan ke dalam rencana masa depan Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Pertanian, dan lembaga terkait
Useful /
UNHASUNHAS Metode kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa penerapan teknologi cleaner productionMetode kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa penerapan teknologi cleaner production
UPIUPI ostreatus), masalah kontaminasi selama produksi sering ditemukan. Kontaminasi ini disebabkan oleh ketidakmampuan mengontrol suhu selama sterilisasi mediaostreatus), masalah kontaminasi selama produksi sering ditemukan. Kontaminasi ini disebabkan oleh ketidakmampuan mengontrol suhu selama sterilisasi media
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Al-Ghazali mengklasifikasikan ilmu berdasarkan urgensi fardhu ain dan fardhu kifayah, sementara Ibn Khaldun membedakan ilmu naqliyah dan aqliyah namunAl-Ghazali mengklasifikasikan ilmu berdasarkan urgensi fardhu ain dan fardhu kifayah, sementara Ibn Khaldun membedakan ilmu naqliyah dan aqliyah namun
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT 7 MoU Helsinki dan UU No. 11/2006, institusi ini harus ditelusuri akar‑nya dalam konteks Imamah, sosial‑politik, hukum, dan moral. Individu yang memegang7 MoU Helsinki dan UU No. 11/2006, institusi ini harus ditelusuri akar‑nya dalam konteks Imamah, sosial‑politik, hukum, dan moral. Individu yang memegang