IAINPTKIAINPTK
Journal of Islamic LawJournal of Islamic LawPasal 7 Undang-Undang No. 1 tahun 1974 menetapkan bahwa usia minimal pernikahan bagi pria adalah umur 19 tahun dan wanita umur 16 tahun. Aturan tersebut dirubah melalui Undang-Undang No. 16 tahun 2019 yang menetapkan batas minimal menikah bagi laki-laki dan perempuan yang akan menikah adalah minimal di usia 19 tahun. Perubahan batasan minimal perkawinan ini tentu dimaksudkan bahwa usia perkawinan menjadi bagian yang inheren dengan tujuan perkawinan, menjiwai dasar perkawinan dan diharapkan kedepannya dapat meminimalisir konflik dalam rumah tangga. Sayangnya, batasan usia perkawinan tersebut masih menimbulkan dinamika. Dengan menggunakan penelitian pustaka, ada tiga hasil penelitian ini. Pertama, hukum Islam tidak menetapkan minimal usia bagi calon mempelai yang akan melaksanakan perkawinan. Para foqoha berbeda pendapat dalam menentukan usia kedewasaan seseorang dalam melaksanakan sebuah perkawinan, tetapi memiliki tujuan sama, yaitu menegakan tujuan daripada Hukum Islam. Kedua, para ahli psikologi berpendapat bahwa usia dewasa (edolesen) tepat dalam melaksanakan perkawinan, yaitu seseorang yang berumur 21 tahun dan seterusnya. Ketiga, akibat daripada perkawinan yang prematur akan timbul masalah hukum, masalah biologis, masalah psikologis, masalah sosial, dan masalah perilaku seksual menyimpang.
Hukum Islam tidak menetapkan batas usia minimal untuk menikah, sehingga para cendekiawan berbeda pendapat mengenai tanda kedewasaan seseorang.Ahli psikologi menyarankan usia ideal untuk menikah adalah sekitar 21 tahun ke atas karena pada usia ini seseorang dianggap telah matang secara psikologis dan siap bertanggung jawab.Perkawinan di bawah usia yang ditetapkan berpotensi menimbulkan berbagai masalah hukum, biologis, psikologis, sosial, serta risiko penyimpangan seksual yang merugikan kedua belah pihak terutama anak perempuan.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh perbedaan usia antara pasangan suami istri terhadap kestabilan rumah tangga, terutama setelah diberlakukannya UU No. 16 tahun 2019 yang menyamakan batas usia minimal pernikahan. Selain itu, diperlukan kajian lebih lanjut mengenai efektivitas kursus pra-nikah dalam mempersiapkan calon pengantin secara mental dan emosional sesuai dengan tuntutan psikologis usia dewasa. Terakhir, penelitian komparatif tentang penerapan hukum perkawinan di daerah-daerah dengan karakteristik budaya berbeda dapat memberikan gambaran bagaimana faktor sosial-kultural mempengaruhi penerimaan terhadap regulasi usia pernikahan.
- Dynamics of Marriage Age Limits in Indonesia: A Study of Psychology and Islamic Law | Journal of Islamic... e-journal.iainptk.ac.id/index.php/jil/article/view/59Dynamics of Marriage Age Limits in Indonesia A Study of Psychology and Islamic Law Journal of Islamic e journal iainptk ac index php jil article view 59
- Isbat Marriage Resolution in Indonesia: A Maslahah Approach | Journal of Islamic Law. isbat marriage... doi.org/10.24260/jil.v1i1.16Isbat Marriage Resolution in Indonesia A Maslahah Approach Journal of Islamic Law isbat marriage doi 10 24260 jil v1i1 16
| File size | 265.53 KB |
| Pages | 18 |
| Short Link | https://juris.id/p-m3 |
| DMCA | Report |
Related /
IAINPTKIAINPTK Namun, kebijakan tersebut berdampak negatif terhadap pembatasan partisipasi masyarakat sipil Islam dalam mengelola zakat sesuai dengan tradisi genealogisNamun, kebijakan tersebut berdampak negatif terhadap pembatasan partisipasi masyarakat sipil Islam dalam mengelola zakat sesuai dengan tradisi genealogis
UIN WALISONGOUIN WALISONGO Properti psikometrik versi bahasa Indonesia dari Mental Toughness Questionnaire 18-item (MTQ-18) masih belum jelas. Penelitian ini menggunakan model RaschProperti psikometrik versi bahasa Indonesia dari Mental Toughness Questionnaire 18-item (MTQ-18) masih belum jelas. Penelitian ini menggunakan model Rasch
IAINPTKIAINPTK Pelaksanaan open promotion Sekda Kabupaten Sambas tahun 2017 telah sesuai dengan tahapan UU ASN 2014, namun terdapat inkonsistensi dan kerancuan dalamPelaksanaan open promotion Sekda Kabupaten Sambas tahun 2017 telah sesuai dengan tahapan UU ASN 2014, namun terdapat inkonsistensi dan kerancuan dalam
IAINPTKIAINPTK Pemikiran feminis dalam mereinterpretasi hak dan kewajiban suami istri bukanlah hal yang mutlak, melainkan tawaran kasuistik yang perlu dipertimbangkanPemikiran feminis dalam mereinterpretasi hak dan kewajiban suami istri bukanlah hal yang mutlak, melainkan tawaran kasuistik yang perlu dipertimbangkan
IAINPTKIAINPTK Pemimpin upacara perkawinan adat ini dimaknai melalui bentuk dan simbol perkawinan adat, tercermin nilai-nilai sosial yang sangat dibutuhkan dalam pembinaanPemimpin upacara perkawinan adat ini dimaknai melalui bentuk dan simbol perkawinan adat, tercermin nilai-nilai sosial yang sangat dibutuhkan dalam pembinaan
UIRUIR Hal ini berdasarkan hasil pengelolaan data primer angket pada tabel ANOVA dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,926 > 0,05 yang artinya tidak terdapatHal ini berdasarkan hasil pengelolaan data primer angket pada tabel ANOVA dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,926 > 0,05 yang artinya tidak terdapat
UNEJUNEJ Depresi dan penurunan kesehatan fisik sering dilaporkan, sementara anak‑anak pengungsi tidak dapat mendaftar di pendidikan formal. Mengingat kurangnyaDepresi dan penurunan kesehatan fisik sering dilaporkan, sementara anak‑anak pengungsi tidak dapat mendaftar di pendidikan formal. Mengingat kurangnya
UNEJUNEJ Selain itu, model berbasis kelompok memungkinkan perkembangan hak asasi sejalan dengan laju pembangunan umat yang menyatu di dalam suatu kelompok atauSelain itu, model berbasis kelompok memungkinkan perkembangan hak asasi sejalan dengan laju pembangunan umat yang menyatu di dalam suatu kelompok atau
Useful /
UINSIUINSI Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pergeseran signifikan dalam pendekatan hukum, dari sistem hukum adat dan nasional menuju penerapan syariatHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pergeseran signifikan dalam pendekatan hukum, dari sistem hukum adat dan nasional menuju penerapan syariat
UINSIUINSI Penelitian lanjutan dapat mengembangkan sistem indeks digital yang otomatis untuk seluruh volume jurnal Mazahib, sehingga memungkinkan pencarian berbasisPenelitian lanjutan dapat mengembangkan sistem indeks digital yang otomatis untuk seluruh volume jurnal Mazahib, sehingga memungkinkan pencarian berbasis
UINSIUINSI Selain itu, pakaian harus modest, tidak berlebihan dalam hiasan, dan menghindari warna mencolok atau gerakan yang menarik perhatian lawan jenis. HijabSelain itu, pakaian harus modest, tidak berlebihan dalam hiasan, dan menghindari warna mencolok atau gerakan yang menarik perhatian lawan jenis. Hijab
IAESCOREIAESCORE Pengendali ini dipasang pada sistem nonlinear satelit dan model Takagi-Sugeno dengan tiga derajat kebebasan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa algoritmaPengendali ini dipasang pada sistem nonlinear satelit dan model Takagi-Sugeno dengan tiga derajat kebebasan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa algoritma