ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaSalah satu permasalahan yang dihadapi guru pada materi persamaan lingkaran adalah belum adanya bahan ajar yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan-kegiatan terstruktur seperti Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD persamaan lingkaran berbasis Guided Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kami menggunakan instrumen lembar validasi, respon peserta didik, observasi, wawancara, dan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) produk e-LKPD untuk materi dan media dikategorikan sangat valid; (2) siswa memberikan respon sangat baik; (3) e-LKPD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian juga menyarankan bahwa ditemukan beberapa kendala saat menggunakan aplikasi tersebut, sehingga perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.Pertama, pengembangan e-LKPD melibatkan analisis kurikulum dan materi.Dari hasil penelitian, e-LKPD dikategorikan valid berdasarkan penilaian ahli dan memenuhi kriteria efektif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat didukung oleh beberapa fitur pada aplikasi e-LKPD, meskipun masih terdapat beberapa kendala berkaitan implementasinya.
Untuk penelitian lanjutan, perlu dilakukan penelitian lebih mendalam tentang dampak penggunaan e-LKPD berbasis Guided Discovery Learning pada materi matematika lain selain persamaan lingkaran. Selain itu, penelitian juga dapat mengeksplorasi bagaimana e-LKPD dapat dioptimalkan untuk digunakan dalam berbagai konteks pembelajaran, termasuk pembelajaran daring dan tatap muka. Selain itu, penelitian juga dapat mengevaluasi efektivitas e-LKPD dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tingkat sekolah yang berbeda, seperti SMA atau perguruan tinggi. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas tentang manfaat dan keterbatasan penggunaan e-LKPD berbasis Guided Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
- Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa... etdci.org/journal/kognitif/article/view/385Pengembangan E LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa etdci journal kognitif article view 385
- Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning | Jurnal Riset... doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning Jurnal Riset doi 10 21831 jrpm v6i1 21396
| File size | 782.69 KB |
| Pages | 18 |
| Short Link | https://juris.id/p-ki |
| DMCA | Report |
Related /
IIM JAMBIIIM JAMBI Berdasarkan hal tersebut, strategi pembelajaran peer-tutor dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi komposisi fungsi dengan ketuntasan hasilBerdasarkan hal tersebut, strategi pembelajaran peer-tutor dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi komposisi fungsi dengan ketuntasan hasil
IAIQHIAIQH Program tahfidz terbukti berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Al- Quran Hadis, terlihat dari tingkat ketuntasan dan kecepatan penyelesaian materiProgram tahfidz terbukti berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Al- Quran Hadis, terlihat dari tingkat ketuntasan dan kecepatan penyelesaian materi
IAIQHIAIQH Hal ini menunjukan masih kurangnya siswa yang mampu menumbuhkan keterampilan literasi sains didalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. KemampuanHal ini menunjukan masih kurangnya siswa yang mampu menumbuhkan keterampilan literasi sains didalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kemampuan
UBUB Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil memberikan literasi kepada remaja mengenai riset komunikasi kuantitatif, khususnya survei, untuk memahami isuKegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil memberikan literasi kepada remaja mengenai riset komunikasi kuantitatif, khususnya survei, untuk memahami isu
UNDIKSHAUNDIKSHA Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaranData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Pada multikultural menekankan pada kemampuan memahami budaya di lingkungan sendiri dan budaya di lain daerah. Pengenalan budaya ini dilakukan agar setiapPada multikultural menekankan pada kemampuan memahami budaya di lingkungan sendiri dan budaya di lain daerah. Pengenalan budaya ini dilakukan agar setiap
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan dua kelas: kelas eksperimen (32 siswa) menggunakan model POE dan kelas kontrol (32Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan dua kelas: kelas eksperimen (32 siswa) menggunakan model POE dan kelas kontrol (32
UACUAC Penelitian ini bertujuan mengkaji kegunaan kerangka RSD yang telah menjadi acuan di banyak negara maju untuk pendidikan tinggi. Kerangka RSD terdiri dariPenelitian ini bertujuan mengkaji kegunaan kerangka RSD yang telah menjadi acuan di banyak negara maju untuk pendidikan tinggi. Kerangka RSD terdiri dari
Useful /
RUMAHJURNALRUMAHJURNAL Melalui penelitian yang menggunakan metode kualitatif kepustakaan, Ibnu Taimiyah memperlihatkan bahwa pemikirannya muncul dari tinjauan kritis terhadapMelalui penelitian yang menggunakan metode kualitatif kepustakaan, Ibnu Taimiyah memperlihatkan bahwa pemikirannya muncul dari tinjauan kritis terhadap
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulanPenelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan
UNDIKSHAUNDIKSHA Temuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan antara aktivitas media sosial dengan keputusan membeli produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunyaTemuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan antara aktivitas media sosial dengan keputusan membeli produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunya
POLNESPOLNES Wisatawan lebih tertarik pada aktivitas belajar sejarah Batak dan melihat koleksi museum. Tingkat kepuasan wisatawan terhadap kebersihan, keamanan, kenyamananWisatawan lebih tertarik pada aktivitas belajar sejarah Batak dan melihat koleksi museum. Tingkat kepuasan wisatawan terhadap kebersihan, keamanan, kenyamanan