UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanLiterasi dan numerasi merupakan dua keterampilan dasar yang memainkan peran penting dalam proses pendidikan dasar. Literasi mencakup tidak hanya keterampilan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan memahami informasi secara efektif. Sementara itu, numerasi meliputi kemampuan memahami serta menginterpretasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan papan E-Lens, yang merupakan singkatan dari Exploring Literacy, Numeracy, Math, and English. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Taji, yang berlokasi di daerah pedesaan, di desa paling timur di lereng Gunung Bromo. Dalam hal infrastruktur, sekolah tersebut memiliki aksesibilitas yang terbatas, terutama terkait koneksi internet dan sumber belajar konvensional. Media pembelajaran divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian ahli media memperoleh rata-rata persentase 79,2% dan ahli materi memperoleh rata-rata persentase 77%. Hasil validasi menunjukkan bahwa permainan papan E-Lens yang berbasis bilingual inquiry sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan literasi numerasi di tingkat dasar. Berdasarkan tahapan penelitian serta umpan balik dari ahli media, ahli materi, dan responden, E-Lens sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar.
Penelitian ini berhasil mengembangkan media pembelajaran literasi numerasi berbasis inquiry melalui permainan papan E-Lens untuk siswa kelas III SD.Pendekatan inquiry yang diterapkan dengan model ADDIE terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep numerasi siswa.Validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan bahwa permainan ini layak digunakan, dengan skor rata-rata 79,2% dan 77% secara berturut-turut.Penggunaan media ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif, bermakna, serta mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk mengembangkan ide penelitian lanjutan yang dapat memperluas penggunaan permainan inquiry-based seperti E-Lens dalam konteks yang lebih luas. Pertama, apakah efektivitas permainan E-Lens juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain selain matematika, misalnya dalam pembelajaran sains atau bahasa Indonesia yang membutuhkan keterampilan literasi tinggi? Kedua, bagaimana dampak jangka panjang dari penggunaan permainan E-Lens terhadap kemampuan kritis berpikir siswa dan penguasaan konsep matematika ketika mereka melanjutkan ke jenjang berikutnya? Ketiga, apakah permainan serupa dapat dikembangkan untuk siswa dengan kebutuhan khusus atau dalam konteks multikultural, agar lebih inklusif dan dapat diakses oleh berbagai kalangan siswa dengan latar belakang berbeda?.
- Critical thinking among fourth grade elementary students: a gender perspective | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... doi.org/10.21831/cp.v41i1.44322Critical thinking among fourth grade elementary students a gender perspective Jurnal Cakrawala Pendidikan doi 10 21831 cp v41i1 44322
- In-service training governance, for elementary school teachers in Indonesia | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/56724In service training governance for elementary school teachers in Indonesia Jurnal Cakrawala Pendidikan journal uny ac index php cp article view 56724
- DO DIFFERENT DISCUSSION ACTIVITIES IN DEVELOPING SCIENTIFIC ARGUMENTATION AFFECT STUDENTS' MOTIVATION... doi.org/10.21831/cp.v39i3.32228DO DIFFERENT DISCUSSION ACTIVITIES IN DEVELOPING SCIENTIFIC ARGUMENTATION AFFECT STUDENTS MOTIVATION doi 10 21831 cp v39i3 32228
| File size | 988.56 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini mengeksplorasi persepsi siswa kelas 10 jurusan pariwisata terhadap penggunaan Google Translate dalam pembelajaran Bahasa Inggris. MenggunakanPenelitian ini mengeksplorasi persepsi siswa kelas 10 jurusan pariwisata terhadap penggunaan Google Translate dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Menggunakan
ETDCIETDCI Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring. Keterbatasan akses dan fasilitas yang kurang dimilikiPenelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring. Keterbatasan akses dan fasilitas yang kurang dimiliki
ETDCIETDCI Motivasi belajar adalah dorongan yang ada dalam diri siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatanMotivasi belajar adalah dorongan yang ada dalam diri siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
ETDCIETDCI Namun, pengajaran belum efektif karena kendala guru dan siswa yang mempengaruhi hasil belajar. Tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara pembelajaranNamun, pengajaran belum efektif karena kendala guru dan siswa yang mempengaruhi hasil belajar. Tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara pembelajaran
Useful /
PNBPNB Strategi komunikasi pemasaran di The Westin Resort Nusa Dua Bali saat ini lebih berfokus pada promosi melalui media online yang dianggap efektif karenaStrategi komunikasi pemasaran di The Westin Resort Nusa Dua Bali saat ini lebih berfokus pada promosi melalui media online yang dianggap efektif karena
UNYUNY Abstrak dari penelitian ini adalah abad ke-21 mengharuskan pendidikan untuk membekali siswa dengan tidak hanya pengetahuan akademis tetapi juga inovasi,Abstrak dari penelitian ini adalah abad ke-21 mengharuskan pendidikan untuk membekali siswa dengan tidak hanya pengetahuan akademis tetapi juga inovasi,
UNYUNY Temuan tersebut menyimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inklusif berbasis kearifan lokal efektif, valid, dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar siswaTemuan tersebut menyimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inklusif berbasis kearifan lokal efektif, valid, dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar siswa
UNYUNY Penerapan metode flipped classroom efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran pendidikan agama Islam secara mandiri dengan memanfaatkanPenerapan metode flipped classroom efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran pendidikan agama Islam secara mandiri dengan memanfaatkan