UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Abstrak dari penelitian ini adalah abad ke-21 mengharuskan pendidikan untuk membekali siswa dengan tidak hanya pengetahuan akademis tetapi juga inovasi, produktivitas, penalaran, pemrograman, literasi data, pemecahan masalah, dan berpikir kritis, untuk menghadapi perubahan global yang cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan meneliti sains pada usia dini untuk mendukung anak-anak dalam menguasai kompetensi yang diperlukan di abad ke-21. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari 16 taman kanak-kanak melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. NVivo digunakan untuk manajemen dan analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa permainan coding dapat mendorong tujuh keterampilan meneliti sains inti: berargumen berdasarkan bukti yang ada, mengidentifikasi masalah, menganalisis dan menafsirkan data, mengevaluasi dan mengkomunikasikan, merencanakan dan melaksanakan investigasi, mengajukan pertanyaan, serta membangun penjelasan. Penelitian ini merekomendasikan agar lebih banyak taman kanak-kanak mengintegrasikan permainan coding ke dalam kegiatan belajar mereka, karena dapat secara efektif meningkatkan keterampilan meneliti sains anak-anak, yang sangat penting untuk kesuksesan akademik dan profesional masa depan mereka.

Peneliti mempelajari keterampilan meneliti sains pada anak usia dini melalui permainan coding menggunakan robot.Penelitian ini memiliki dampak positif pada berpikir dan kemampuan investigasi ilmiah anak-anak.Secara khusus, aktivitas coding ditemukan dapat mengembangkan tujuh keterampilan meneliti sains inti, yaitu.berargumen berdasarkan bukti yang ada, mengidentifikasi masalah, menganalisis dan menafsirkan data, mengevaluasi dan mengkomunikasikan, merencanakan dan melaksanakan investigasi, mengajukan pertanyaan, serta membangun penjelasan.Selain itu, penelitian ini meningkatkan kesadaran bahwa integrasi robotika dalam aktivitas coding tidak hanya meningkatkan pembelajaran sains berbasis penyelidikan anak-anak tetapi juga memperkenalkan pengalaman belajar yang inovatif dan menyenangkan yang mudah diterima oleh anak-anak kecil.Penelitian di masa depan disarankan untuk mengeksplorasi manfaat potensial lainnya dari permainan coding untuk perkembangan anak usia dini, terutama dalam konteks pendidikan dan perkembangan yang lebih luas.

Berdasarkan kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan meneliti sains di kalangan anak usia dini, saran penelitian selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mengeksplorasi metode baru dalam integrasi teknologi dengan program bermain, untuk melihat bagaimana metode ini dapat lebih meningkatkan keterampilan problem solving anak. Selanjutnya, penelitian bisa difokuskan pada pengembangan kurikulum yang lebih beragam yang melibatkan aktivitas berbasis coding, guna memenuhi kebutuhan beragam minat dan gaya belajar anak-anak. Selain itu, penting untuk melakukan studi longitudinal yang memantau kemajuan kemampuan penelitian sains anak di berbagai konteks, memperhatikan faktor-faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi hasil pembelajaran mereka.

  1. The impact of problem-based learning with argument mapping and online laboratory on scientific argumentation... doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20593The impact of problem based learning with argument mapping and online laboratory on scientific argumentation doi 10 11591 ijere v10i1 20593
  2. Educational Robotics in the Stage of Secondary Education: Empirical Study on Motivation and STEM Skills.... mdpi.com/2227-7102/9/2/73Educational Robotics in the Stage of Secondary Education Empirical Study on Motivation and STEM Skills mdpi 2227 7102 9 2 73
  3. Coding as Literacy in Preschool: A Case Study. coding literacy preschool case study next article journal... mdpi.com/2227-7102/11/5/198Coding as Literacy in Preschool A Case Study coding literacy preschool case study next article journal mdpi 2227 7102 11 5 198
  4. EDUCATION & SCIENCE 2023-II. education science giri nergis ramo stok kodu boyut sayfa yeri stanbul... efeakademi.com/education-science-2023-iiEDUCATION SCIENCE 2023 II education science giri nergis ramo stok kodu boyut sayfa yeri stanbul efeakademi education science 2023 ii
File size392.4 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test