UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanKeterampilan abad ke-21 merupakan salah satu fokus yang paling menonjol dalam wacana pendidikan kontemporer. Namun, masih belum adanya kurikulum yang terperinci dan sistematis mengenai pedagogi keterampilan ini dalam pendidikan guru. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed-methods) untuk mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum mata kuliah yang berfokus pada pengajaran keterampilan abad ke-21 bagi calon guru. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen dan konten, wawancara semi-terstruktur, serta penerapan skala persepsi sebelum dan sesudah pelatihan. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, desain dan uji coba mata kuliah, serta implementasi mata kuliah yang telah dikembangkan dengan calon guru. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan adanya permintaan yang jelas akan adanya mata kuliah semacam ini. Oleh karena itu, dikembangkanlah mata kuliah berbasis modul selama 28 minggu (14 minggu untuk uji coba dan 14 minggu untuk implementasi nyata) yang bertujuan memberikan pemahaman bagaimana mengajarkan keterampilan abad ke-21 berdasarkan prinsip progresivisme dan konstruktivisme. Penyampaian materi diatur dalam bentuk aktivitas micro-teaching. Temuan menunjukkan bahwa mata kuliah ini memiliki dampak positif terhadap kesadaran dan persepsi kemampuan calon guru dalam mengajarkan keterampilan abad ke-21, menekankan pentingnya kurikulum yang terstruktur dan praktis dalam pendidikan guru.
Berdasarkan tinjauan literatur dan hasil penelitian ini, diperlukan pengembangan mata kuliah independen yang berfokus pada pengajaran keterampilan abad ke-21 bagi calon guru.Mata kuliah ini tidak hanya meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajarkan keterampilan tersebut kepada siswa di masa depan, tetapi juga meningkatkan kesadaran mereka tentang keterampilan itu sendiri dan penerapannya dalam konteks akademik maupun non-akademik.Implementasi awal menunjukkan bahwa pendekatan berbasis modul dan aktivitas micro-teaching efektif dalam meningkatkan kemampuan mengajar calon guru.Kurikulum yang dikembangkan ini masih perlu diuji pada kelompok peserta yang lebih luas dan konteks yang berbeda untuk meningkatkan validitas dan keberlakuannya.
Penelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi keterampilan abad ke-21 dalam berbagai konteks kurikulum lintas bidang studi agar dapat memberikan pemahaman yang lebih luas kepada calon guru. Selain itu, penting juga untuk mengembangkan dan mengevaluasi model pembelajaran progresif dan konstruktif dalam mengintegrasikan keterampilan tersebut secara efektif di ruang kelas. Terakhir, penelitian berikutnya perlu menilai keberlanjutan dampak dari implementasi mata kuliah ini terhadap kinerja guru setelah mereka lulus dan memasuki dunia pendidikan nyata, sehingga dapat memastikan bahwa program ini memberikan kontribusi jangka panjang dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
- Components of Education 4.0 in 21st Century Skills Frameworks: Systematic Review. components education... mdpi.com/2071-1050/14/3/1493Components of Education 4 0 in 21st Century Skills Frameworks Systematic Review components education mdpi 2071 1050 14 3 1493
- Frontiers | A Review of Research on Technology-Supported Language Learning and 21st Century Skills. frontiers... doi.org/10.3389/fpsyg.2022.897689Frontiers A Review of Research on Technology Supported Language Learning and 21st Century Skills frontiers doi 10 3389 fpsyg 2022 897689
- 0. endobj font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs 32ev ejwh epnq endstream... doi.org/10.12973/iji.2018.1131a0 endobj font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs 32ev ejwh epnq endstream doi 10 12973 iji 2018 1131a
- Meta-marco de la alfabetización digital: análisis comparado de marcos de competencias del... nuevaepoca.revistalatinacs.org/index.php/revista/article/view/1512Meta marco de la alfabetizaciyn digital anylisis comparado de marcos de competencias del nuevaepoca revistalatinacs index php revista article view 1512
| File size | 723.31 KB |
| Pages | 18 |
| Short Link | https://juris.id/p-i3 |
| DMCA | Report |
Related /
GOMITGOMIT Setelah pelaksanaan kegiatan, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan remaja tentang anemia meningkat, sehingga diharapkan mereka dapat mencegah anemia. KegiatanSetelah pelaksanaan kegiatan, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan remaja tentang anemia meningkat, sehingga diharapkan mereka dapat mencegah anemia. Kegiatan
GOMITGOMIT Dari 189 balita yang diuji, 77,8% menunjukkan perkembangan tipikal, 21% berada pada kategori perkembangan meragukan, dan 1,2% mengalami penyimpangan perkembangan.Dari 189 balita yang diuji, 77,8% menunjukkan perkembangan tipikal, 21% berada pada kategori perkembangan meragukan, dan 1,2% mengalami penyimpangan perkembangan.
GOMITGOMIT Sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah anak usia sekolah dengan rentang usia sekitar 7-12 tahun berjumlah 11 orang. dilaksanakanSasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah anak usia sekolah dengan rentang usia sekitar 7-12 tahun berjumlah 11 orang. dilaksanakan
GREENPUBGREENPUB Penelitian ini mempresentasikan hasil dari program pengabdian masyarakat yang berfokus pada pemberdayaan pekerja migran Indonesia dan mikro-enterpreneurPenelitian ini mempresentasikan hasil dari program pengabdian masyarakat yang berfokus pada pemberdayaan pekerja migran Indonesia dan mikro-enterpreneur
UNYUNY Penelitian menekankan pentingnya mengintegrasikan media literat serta aktivitas yang mempromosikan kemampuan asosiasi dalam pendidikan anak usia dini untukPenelitian menekankan pentingnya mengintegrasikan media literat serta aktivitas yang mempromosikan kemampuan asosiasi dalam pendidikan anak usia dini untuk
UNYUNY Penelitian mengindikasikan bahwa bermain secara moderat dapat meningkatkan integrasi sosial, sementara bermain secara berlebihan berkorelasi dengan meningkatnyaPenelitian mengindikasikan bahwa bermain secara moderat dapat meningkatkan integrasi sosial, sementara bermain secara berlebihan berkorelasi dengan meningkatnya
DINASTIPUBDINASTIPUB Penelitian ini menganalisis pengaruh pasokan uang, nilai tukar dolar, nilai tukar yuan, dan indeks komposit Shanghai (SSE) terhadap indeks komposit IDXPenelitian ini menganalisis pengaruh pasokan uang, nilai tukar dolar, nilai tukar yuan, dan indeks komposit Shanghai (SSE) terhadap indeks komposit IDX
DINASTIPUBDINASTIPUB Berdasarkan rumusan masalah, kajian teori, dan pembahasan di atas, peneliti dapat menyimpulkan hipotesis untuk penelitian lebih lanjut, yaitu. HubunganBerdasarkan rumusan masalah, kajian teori, dan pembahasan di atas, peneliti dapat menyimpulkan hipotesis untuk penelitian lebih lanjut, yaitu. Hubungan
Useful /
UNYUNY Penelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggulPenelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikapPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikap
UNYUNY Untuk mengatasi tantangan historis dan politik, Ethiopia harus melakukan pergeseran paradigma dengan membangun sistem pendidikan yang relevan, mudah diakses,Untuk mengatasi tantangan historis dan politik, Ethiopia harus melakukan pergeseran paradigma dengan membangun sistem pendidikan yang relevan, mudah diakses,
EDUPARTNEREDUPARTNER Metode analisis yang digunakan adalah metode asosiatif kuantitatif yang dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh atau hubungan antara variabel denganMetode analisis yang digunakan adalah metode asosiatif kuantitatif yang dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh atau hubungan antara variabel dengan