ETDCIETDCI

Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring. Keterbatasan akses dan fasilitas yang kurang dimiliki sekolah mengakibatkan partisipasi siswa menjadi kurang dalam pembelajaran daring. Kesulitan yang sering dialami seperti kesulitan mengakses jaringan internet di daerah pelosok dan fasilitas gadget yang dimiliki siswa tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring akibat wabah Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data ialah siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data diperoleh melalui pengisian angket untuk mengetahui kategori motivasi belajar matematika siswa dengan jumlah 15 item. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring yang dihasilkan mendapatkan data rata-rata keseluruhan 42,92 memenuhi kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai memiliki motivasi sedang dalam pembelajaran matematika pada pembelajaran daring.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki keinginan dan hasrat dengan kategori tinggi.Selain itu, untuk kategori hasrat dan keinginan berhasil dan cita-cita masa depan berada pada kategori sedang.Ini menunjukkan bahwa berbagai faktor yang mengakibatkan pemberian motivasi oleh guru sampai dengan kurangnya fasilitas yang dimiliki oleh sekolah dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran.

Penelitian lanjutan dapat menginvestigasi metode pembelajaran daring yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, terutama di daerah dengan keterbatasan fasilitas dan akses internet. Selain itu, perlu dilakukan penelitian tentang peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Terakhir, studi tentang dampak pembelajaran daring terhadap prestasi akademik siswa dalam bidang matematika juga dapat menjadi topik penelitian yang menarik.

  1. Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa... etdci.org/journal/kognitif/article/view/385Pengembangan E LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa etdci journal kognitif article view 385
  2. Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
  2. #siswa kelas x#siswa kelas x
File size361.69 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test