ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaPenelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring. Keterbatasan akses dan fasilitas yang kurang dimiliki sekolah mengakibatkan partisipasi siswa menjadi kurang dalam pembelajaran daring. Kesulitan yang sering dialami seperti kesulitan mengakses jaringan internet di daerah pelosok dan fasilitas gadget yang dimiliki siswa tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring akibat wabah Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data ialah siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data diperoleh melalui pengisian angket untuk mengetahui kategori motivasi belajar matematika siswa dengan jumlah 15 item. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring yang dihasilkan mendapatkan data rata-rata keseluruhan 42,92 memenuhi kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai memiliki motivasi sedang dalam pembelajaran matematika pada pembelajaran daring.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki keinginan dan hasrat dengan kategori tinggi.Selain itu, untuk kategori hasrat dan keinginan berhasil dan cita-cita masa depan berada pada kategori sedang.Ini menunjukkan bahwa berbagai faktor yang mengakibatkan pemberian motivasi oleh guru sampai dengan kurangnya fasilitas yang dimiliki oleh sekolah dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
Penelitian lanjutan dapat menginvestigasi metode pembelajaran daring yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, terutama di daerah dengan keterbatasan fasilitas dan akses internet. Selain itu, perlu dilakukan penelitian tentang peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Terakhir, studi tentang dampak pembelajaran daring terhadap prestasi akademik siswa dalam bidang matematika juga dapat menjadi topik penelitian yang menarik.
- Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa... etdci.org/journal/kognitif/article/view/385Pengembangan E LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa etdci journal kognitif article view 385
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
| File size | 361.69 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
ETDCIETDCI Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan survei terhadap siswa, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pencegahanMetode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan survei terhadap siswa, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pencegahan
UNDIKSHAUNDIKSHA Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaranData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran
GOMITGOMIT Dapat disimpulkan bahwa siswa akan lebih mudah memahami materi fisika abstrak jika disampaikan secara efektif dan melibatkan aktivitas belajar yang aktif.Dapat disimpulkan bahwa siswa akan lebih mudah memahami materi fisika abstrak jika disampaikan secara efektif dan melibatkan aktivitas belajar yang aktif.
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadapPeneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap
Useful /
ETDCIETDCI Hasil ini memberikan gambaran tentang tingkat orisinalitas karya dan memberikan dasar bagi evaluasi lebih lanjut. Laporan orisinalitas ini mengindikasikanHasil ini memberikan gambaran tentang tingkat orisinalitas karya dan memberikan dasar bagi evaluasi lebih lanjut. Laporan orisinalitas ini mengindikasikan
UNDIKSHAUNDIKSHA Media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, terutama melalui iklan daring dan endorsment selebritas. Penelitian ini menunjukkanMedia sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, terutama melalui iklan daring dan endorsment selebritas. Penelitian ini menunjukkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan lingkungan institusi berupa aspek kognitif, normatif, dan regulatif sangat berpengaruh pada kompetensi yangHasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan lingkungan institusi berupa aspek kognitif, normatif, dan regulatif sangat berpengaruh pada kompetensi yang
PROSPECTPUBLISHINGPROSPECTPUBLISHING NTB diarahkan dalam pembangunan berbasis ramah lingkungan yang diturunkan menjadi 4 (empat) program unggulan, yakni: NTB Zero Waste atau NTB Bersih, NTBNTB diarahkan dalam pembangunan berbasis ramah lingkungan yang diturunkan menjadi 4 (empat) program unggulan, yakni: NTB Zero Waste atau NTB Bersih, NTB