STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pengembangan profesional guru di Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Selatan. Diharapkan hasil penelitian dapat memberikan masukan dan saran bagi pengembangan profesional guru secara umum maupun khusus di sekolah tersebut, serta menjadi contoh bagi sekolah‑sekolah sekitarnya. Penelitian menggunakan metode deskriptif yang berfokus pada pendeskripsian kondisi objek penelitian secara aktual. Data dikumpulkan melalui model evaluasi berorientasi tujuan dengan memperoleh narasi, dokumen, dan gambar hasil observasi, serta dilakukan pengumpulan data secara berkelanjutan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen.

Berdasarkan hasil penelitian evaluasi Program Pengembangan Profesional Guru di Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Selatan, peneliti menyimpulkan bahwa guru‑guru di sekolah tersebut telah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmiah melalui penerapan pembelajaran tematik pada lima mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Pendidikan Kewarganegaraan.Penguasaan standar kompetensi serta kompetensi dasar pada kelima mata pelajaran ditunjukkan melalui perumusan tujuan pembelajaran masing‑masing.Dengan mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme guru, diharapkan peran kepala sekolah dapat memfasilitasi kegiatan guru demi kelancaran dan pengembangan proses belajar mengajar pada semua tingkatan kelas, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam komunikasi menjadi hal yang penting.

Penelitian selanjutnya dapat meneliti dampak jangka panjang penerapan pembelajaran tematik terhadap peningkatan kompetensi siswa di berbagai mata pelajaran, sehingga dapat mengidentifikasi faktor‑faktor yang memperkuat atau menghambat efektivitasnya. Selain itu, studi komparatif antara sekolah yang mengimplementasikan program pengembangan profesional guru dengan sekolah yang belum mengadopsi program serupa dapat memberikan wawasan mengenai perbedaan kinerja guru dan hasil belajar siswa. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam program pengembangan profesional guru, khususnya bagaimana pelatihan digital competence dapat meningkatkan kolaborasi antar guru serta kontribusinya terhadap inovasi pembelajaran di sekolah dasar.

Read online
File size117.76 KB
Pages4
DMCAReport

Related /

ads-block-test