STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pengembangan profesional guru di Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Selatan. Diharapkan hasil penelitian dapat memberikan masukan dan saran bagi pengembangan profesional guru secara umum maupun khusus di sekolah tersebut, serta menjadi contoh bagi sekolah‑sekolah sekitarnya. Penelitian menggunakan metode deskriptif yang berfokus pada pendeskripsian kondisi objek penelitian secara aktual. Data dikumpulkan melalui model evaluasi berorientasi tujuan dengan memperoleh narasi, dokumen, dan gambar hasil observasi, serta dilakukan pengumpulan data secara berkelanjutan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian evaluasi Program Pengembangan Profesional Guru di Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Selatan, peneliti menyimpulkan bahwa guru‑guru di sekolah tersebut telah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmiah melalui penerapan pembelajaran tematik pada lima mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Pendidikan Kewarganegaraan.Penguasaan standar kompetensi serta kompetensi dasar pada kelima mata pelajaran ditunjukkan melalui perumusan tujuan pembelajaran masing‑masing.Dengan mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme guru, diharapkan peran kepala sekolah dapat memfasilitasi kegiatan guru demi kelancaran dan pengembangan proses belajar mengajar pada semua tingkatan kelas, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam komunikasi menjadi hal yang penting.
Penelitian selanjutnya dapat meneliti dampak jangka panjang penerapan pembelajaran tematik terhadap peningkatan kompetensi siswa di berbagai mata pelajaran, sehingga dapat mengidentifikasi faktor‑faktor yang memperkuat atau menghambat efektivitasnya. Selain itu, studi komparatif antara sekolah yang mengimplementasikan program pengembangan profesional guru dengan sekolah yang belum mengadopsi program serupa dapat memberikan wawasan mengenai perbedaan kinerja guru dan hasil belajar siswa. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam program pengembangan profesional guru, khususnya bagaimana pelatihan digital competence dapat meningkatkan kolaborasi antar guru serta kontribusinya terhadap inovasi pembelajaran di sekolah dasar.
| File size | 117.76 KB |
| Pages | 4 |
| DMCA | Report |
Related /
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Manajemen perbatasan RI‑RDTL terhambat oleh dikotomi struktural antara keamanan dan kesejahteraan, sehingga pendekatan koordinasi sektoral terpisah tidakManajemen perbatasan RI‑RDTL terhambat oleh dikotomi struktural antara keamanan dan kesejahteraan, sehingga pendekatan koordinasi sektoral terpisah tidak
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Pendekatan kualitatif juga mengungkap bahwa integrasi OSS dan inovasi daerah meningkatkan akses terhadap fasilitas investasi. Hasil tersebut menunjukkanPendekatan kualitatif juga mengungkap bahwa integrasi OSS dan inovasi daerah meningkatkan akses terhadap fasilitas investasi. Hasil tersebut menunjukkan
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Keberhasilan program bergantung pada integrasi yang kuat antara Kementerian Pendidikan, sekolah mitra, dan para repatriat, serta pemeliharaan pola sosialisasiKeberhasilan program bergantung pada integrasi yang kuat antara Kementerian Pendidikan, sekolah mitra, dan para repatriat, serta pemeliharaan pola sosialisasi
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Data dianalisis menggunakan pengkodean kualitatif, yang melibatkan pengumpulan, kategorisasi, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwaData dianalisis menggunakan pengkodean kualitatif, yang melibatkan pengumpulan, kategorisasi, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa
DINASTIPUBDINASTIPUB Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek halal-haram, pemahaman regulasi pajak, dan religiositas memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi wajib pajakHasil penelitian menunjukkan bahwa aspek halal-haram, pemahaman regulasi pajak, dan religiositas memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi wajib pajak
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan menunjukkan beberapa peserta merupakan pemula dalam mengajar bagian tertentu IPA dan cenderung mencari bantuan dari rekan sejawat karena kepemimpinanTemuan menunjukkan beberapa peserta merupakan pemula dalam mengajar bagian tertentu IPA dan cenderung mencari bantuan dari rekan sejawat karena kepemimpinan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Mereka merupakan salah satu fitur gramatikal yang membutuhkan kompetensi peserta didik bahasa kedua dalam penggunaannya. Namun, penggunaan pengecualianMereka merupakan salah satu fitur gramatikal yang membutuhkan kompetensi peserta didik bahasa kedua dalam penggunaannya. Namun, penggunaan pengecualian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Tujuan penelitian eksploratori ini adalah mengidentifikasi strategi dukungan yang diberikan oleh TEM kepada staf WFH selama pandemi Covid‑19. Untuk mencapaiTujuan penelitian eksploratori ini adalah mengidentifikasi strategi dukungan yang diberikan oleh TEM kepada staf WFH selama pandemi Covid‑19. Untuk mencapai
Useful /
GOMITGOMIT Para peserta menjalani evaluasi pra‑test dan pasca‑test; konselor melakukan sesi tanya‑jawab, menilai pemahaman ibu menggunakan umpan balik, diikutiPara peserta menjalani evaluasi pra‑test dan pasca‑test; konselor melakukan sesi tanya‑jawab, menilai pemahaman ibu menggunakan umpan balik, diikuti
GREENPUBGREENPUB Menggunakan pendekatan penelitian tindakan partisipatif, program ini dilaksanakan selama enam bulan, melibatkan lokakarya, pendampingan, dan kampanye pemasaranMenggunakan pendekatan penelitian tindakan partisipatif, program ini dilaksanakan selama enam bulan, melibatkan lokakarya, pendampingan, dan kampanye pemasaran
DINASTIPUBDINASTIPUB Data yang digunakan adalah data primer dari pengamatan, kuesioner, dan wawancara. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakanData yang digunakan adalah data primer dari pengamatan, kuesioner, dan wawancara. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Faktor-faktor lain yang berpengaruh meliputi persiapan pidato dan kinerja pidato. Peneliti menyarankan penelitian lanjutan yang melibatkan departemen lain,Faktor-faktor lain yang berpengaruh meliputi persiapan pidato dan kinerja pidato. Peneliti menyarankan penelitian lanjutan yang melibatkan departemen lain,