GREENATIONPUBLISHERGREENATIONPUBLISHER

Greenation Computer and Information ReviewGreenation Computer and Information Review

Dunia pendidikan dan pembelajaran di Indonesia telah dipengaruhi secara signifikan oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan tersebut menimbulkan perubahan besar dalam penyelenggaraan pendidikan sehingga menjadi lebih inovatif, meski tidak semua pihak mampu merespons perkembangan ini dengan baik. Oleh karena itu, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi perlu diwujudkan melalui penerapan ICT dalam pendidikan, meliputi penggunaan sebagai bahan ajar, media pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi, pendukung administrasi, alat manajemen kelas, dan infrastruktur. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, serta analisis data secara kualitatif meliputi reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAS Insan Mulia Merangin telah memanfaatkan ICT dalam proses penerimaan peserta didik baru, pelaporan hasil belajar, dan pengawasan disiplin siswa, serta mengalami kemajuan dalam perencanaan dan penilaian kepegawaian.

Berdasarkan hasil penelitian, MAS Insan Mulia Merangin mengembangkan berbagai aspek ICT dalam kegiatan kesiswaan, antara lain penerimaan peserta didik baru, pelaporan hasil belajar, dan pengendalian disiplin melalui sistem daring dan absensi digital terpadu dengan SMS Gateway.Pengembangan ICT pada bidang kepegawaian mencakup perencanaan kebutuhan pegawai yang melibatkan pengumpulan data biodata, kehadiran, izin, dan evaluasi guru.Penerapan sistem daring ini meningkatkan efisiensi proses administrasi akademik dan manajemen personalia di sekolah.

Penelitian selanjutnya dapat diarahkan pada evaluasi efektivitas penerapan teknologi informasi dan komunikasi terhadap keterlibatan dan prestasi belajar siswa di MAS Insan Mulia Merangin melalui pendekatan kuasi eksperimen, yaitu dengan membandingkan kelompok siswa yang memanfaatkan paket aplikasi sekolah (PAS) dan sistem absensi digital dengan kelompok yang masih menggunakan metode konvensional, kemudian mengukur perbedaan motivasi, kehadiran, dan hasil akademik sebagai indikator keberhasilan. Ide lain adalah mengkaji hambatan teknis dan budaya yang dihadapi oleh guru serta staf administrasi dalam mengoperasikan sistem ICT sekolah, menggunakan metode studi lapangan dan wawancara mendalam untuk mengidentifikasi faktor seperti ketersediaan infrastruktur, kompetensi digital, dukungan manajemen, dan sikap pengguna terhadap inovasi teknologi. Selain itu, sebuah studi pengembangan dapat difokuskan pada desain dan pengujian model pelatihan blended learning yang dirancang khusus untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan penggunaan ICT di kalangan tenaga kependidikan, dengan instrumen penilaian berupa skala kesiapan digital, kompetensi teknis, dan kecenderungan adopsi sistem administratif dan pembelajaran berbasis ICT. Dengan ketiga fokus penelitian tersebut, diharapkan diperoleh pemahaman komprehensif mengenai dampak, tantangan, dan strategi optimalisasi pengembangan ICT dalam kesiswaan serta kepegawaian di lingkungan sekolah ke depan.

  1. Vol. 1 No. 1 (2024): Greenation Computer and Information Review (October 2024) | Greenation Computer... greenationpublisher.org/GCIR/issue/view/43Vol 1 No 1 2024 Greenation Computer and Information Review October 2024 Greenation Computer greenationpublisher GCIR issue view 43
  1. #teknik analisis data#teknik analisis data
  2. #hasil analisis data#hasil analisis data
Read online
File size472.45 KB
Pages6
DMCAReport

Related /

ads-block-test