ULUMUNAULUMUNA
UlumunaUlumunaPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam cerita rakyat lokal Si Kabayan Saba Kota dan mengeksplorasi tantangan serta solusi penggunaan cerita rakyat lokal sebagai media pendidikan karakter di era globalisasi, serta implikasinya terhadap pendidikan karakter. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menganalisis konten adegan, dialog, dan narasi dalam film. Data tambuhan diperoleh melalui wawancara dengan pakar budaya Sunda dan pendidik, serta kajian pustaka tentang kearifan lokal dan pendidikan karakter. Temuan menunjukkan bahwa cerita rakyat mengandung beragam nilai karakter yang relevan, seperti religiusitas, kejujuran, tanggung jawab, kepedulian sosial, keberanian, kesederhanaan, dan cinta budaya. Cerita ini menekankan pentingnya kearifan lokal dan nilai-nilai karakter Islami sebagai media pendidikan yang kuat untuk membentuk karakter generasi muda di era globalisasi. Pendidikan karakter Islami berdasarkan nilai-nilai budaya lokal melalui cerita rakyat dapat diimplementasikan dengan menanamkan pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral.
Nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Si Kabayan Saba Kota mencerminkan berbagai nilai karakter.religius, jujur, peduli sosial, kearifan lokal, tanggung jawab, berani, kesederhanaan, kesetaraan, dan cinta tanah air serta budaya.Cerita ini menekankan pentingnya kearifan lokal dan nilai-nilai Islami sebagai media pendidikan yang ampuh untuk membentuk karakter generasi muda di era globalisasi.Tantangan dalam memasukkan cerita rakyat ke dalam pendidikan karakter, seperti kurangnya apresiasi terhadap budaya lokal dan minimnya materi pembelajaran yang menarik, dapat diatasi melalui inovasi media digital, pelatihan guru, dan integrasi cerita rakyat ke dalam kurikulum.
Bagaimana bentuk pembelajaran berbasis digital yang bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap cerita rakyat sambil memperkuat karakter Islami mereka di tengah kehidupan urban? Studi banding potret berbagai daerah di Indonesia menunjukkan bahwa narasi lokal memiliki kekayaan nilai yang belum tersentuh penelitian karakter; apakah model pendidikan lintas-budaya ini bisa dijadikan prototip kurikulum nasional? Selanjutnya, intervensi longitudinal berbasis komunitas—seperti pagelaran wayang golek interaktif atau festival dongeng—dapat diuji untuk melihat dampak jangka panjang terhadap perilaku keagamaan dan toleransi generasi muda.
- INTERNALISASI NILAI KEDAMAIAN MELALUI PENDIDIKAN KEDAMAIAN SEBAGAI PENGUATAN PEMBANGUNAN KARAKTER PADA... doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.5INTERNALISASI NILAI KEDAMAIAN MELALUI PENDIDIKAN KEDAMAIAN SEBAGAI PENGUATAN PEMBANGUNAN KARAKTER PADA doi 10 21776 ub waskita 2017 001 01 5
- SI KABAYAN DALAM KEHIDUPAN MASARAKAT SUNDA | Wacadesain. kabayan kehidupan masarakat sunda wacadesain... ejurnal.ars.ac.id/index.php/wacadesain/article/view/637SI KABAYAN DALAM KEHIDUPAN MASARAKAT SUNDA Wacadesain kabayan kehidupan masarakat sunda wacadesain ejurnal ars ac index php wacadesain article view 637
| File size | 998.31 KB |
| Pages | 33 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Dari deskripsi data hail dan data proses pembelajaran pada setiap siklus dapat di simpul kan bahwa. Telah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa denganDari deskripsi data hail dan data proses pembelajaran pada setiap siklus dapat di simpul kan bahwa. Telah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dengan
POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT Artikel ini ditulis menggunakan desain penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari observasi referensi dari beberapa sumber, yang kemudian dibahasArtikel ini ditulis menggunakan desain penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari observasi referensi dari beberapa sumber, yang kemudian dibahas
HARAPANHARAPAN Interaksi antara masyarakat lokal dan wisatawan asing seringkali terbatas pada transaksi komersial, yang dapat menyebabkan pelunturan nilai-nilai tradisional.Interaksi antara masyarakat lokal dan wisatawan asing seringkali terbatas pada transaksi komersial, yang dapat menyebabkan pelunturan nilai-nilai tradisional.
UIN MATARAMUIN MATARAM Selanjutnya, pendidikan agama inklusif, partisipasi aktif dalam pembangunan desa, serta pelestarian budaya lokal yang disesuaikan dengan nilai‑nilaiSelanjutnya, pendidikan agama inklusif, partisipasi aktif dalam pembangunan desa, serta pelestarian budaya lokal yang disesuaikan dengan nilai‑nilai
UBBGUBBG Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh cerita pendek dari e-paper Republika, lalu mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasi berdasarkanTeknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh cerita pendek dari e-paper Republika, lalu mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasi berdasarkan
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Peneliti sejak tahun 2013 mulai menggali kemungkinan menciptakan seni gerabah, mengingat penelitian juga mengeksplor sentra gerabah di Pagelaran dan Gelanggang.Peneliti sejak tahun 2013 mulai menggali kemungkinan menciptakan seni gerabah, mengingat penelitian juga mengeksplor sentra gerabah di Pagelaran dan Gelanggang.
UINUIN Dan juga tidak adanya dalil yang melarang, baik laki-laki maupun perempuan untuk bekerja, serta tidak ada dalil yang tegas tentang keharusan izin suamiDan juga tidak adanya dalil yang melarang, baik laki-laki maupun perempuan untuk bekerja, serta tidak ada dalil yang tegas tentang keharusan izin suami
UINUIN Dalam khazanah pemikiran kalender Islam, khususnya di Indonesia, dikenal istilah wujud al-hilal dan visibilitas hilal (imkan al-ruyah). Kehadiran wujudDalam khazanah pemikiran kalender Islam, khususnya di Indonesia, dikenal istilah wujud al-hilal dan visibilitas hilal (imkan al-ruyah). Kehadiran wujud
Useful /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian Tindakan dilaksanakan melalui tiga siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari 1) planning/perencanaan; 2) Acting/Tindakan: 3) Observing/Pengamatan;Penelitian Tindakan dilaksanakan melalui tiga siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari 1) planning/perencanaan; 2) Acting/Tindakan: 3) Observing/Pengamatan;
BPKBPK Disamping itu, analisis juga dilakukan untuk menilai pengaruh yang paling besar diantara Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Teknik analisisDisamping itu, analisis juga dilakukan untuk menilai pengaruh yang paling besar diantara Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Teknik analisis
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Pada siklus I nilai rata-rata adalah 70, 36 dengan persentase Ketuntasan 32 %, nilai rata-rata siklus II adalah 99, 36 dengan persentase Ketuntasan 100%.Pada siklus I nilai rata-rata adalah 70, 36 dengan persentase Ketuntasan 32 %, nilai rata-rata siklus II adalah 99, 36 dengan persentase Ketuntasan 100%.
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpaduPenelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu