SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT
Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah PeuradeunPenelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penerapan model PBL terhadap keterampilan proses sains (PPP) dan pemahaman konsep zat kimia dalam makanan pada siswa kelas delapan MTsN Meureudu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian satu kelompok pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas delapan MTsN Meureudu tahun ajaran 2013/2014. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk menentukan pengaruh penerapan model PBL serta lembar observasi untuk mengetahui kelayakan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mempengaruhi PPP dan pemahaman konsep zat kimia dalam makanan pada siswa kelas delapan MTsN Meureudu. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari α (0,05). Selain itu, kemampuan representasi siswa kelas delapan MTsN Meureudu setelah penerapan model PBL pada materi zat kimia dalam makanan mengalami peningkatan dengan persentase representasi enaktif 74%, ikonik 63%, dan simbolik 68%.
Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa.(1) Penerapan model PBL mempengaruhi PPP dan pemahaman siswa kelas delapan MTsN Meureudu mengenai bahan kimia dalam makanan.Pengaruh tersebut terlihat dari hasil uji hipotesis yang nilai signifikan lebih kecil dari α (0,05).(2) Kemampuan representasi siswa kelas delapan MTsN Meureudu setelah penerapan model PBL pada zat kimia dalam makanan mengalami peningkatan.Kemampuan representasi siswa pada encactive adalah 74%, ikonik 63%, dan simbolik 68%.
Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh model PBL dalam mata pelajaran lainnya, misalnya dalam bidang matematika, untuk melihat apakah penerapan metode ini juga memberikan hasil yang sama dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Selain itu, dapat dilakukan penelitian longitudinal untuk memantau perkembangan pemahaman siswa terhadap konsep kimia seiring dengan penerapan model PBL dalam jangka waktu yang lebih lama dan berkelanjutan. Tidak kalah penting, studi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi model PBL di kelas, seperti keterlibatan orang tua dan lingkungan belajar, juga dapat memberikan wawasan baru untuk meningkatkan efektivitas metode pembelajaran ini.
| File size | 259.04 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | Report |
Related /
OJSOJS Penerapan konteks lokal dalam pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dan memahami konsep matematika secara lebih mendalam, serta memperkayaPenerapan konteks lokal dalam pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dan memahami konsep matematika secara lebih mendalam, serta memperkaya
OJSOJS Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai uji normalitas pada pre-test adversity quotien kelas eksperimen memperoleh nilai hitung sebesar 0,199 > 0,05,Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai uji normalitas pada pre-test adversity quotien kelas eksperimen memperoleh nilai hitung sebesar 0,199 > 0,05,
OJSOJS Dawuh beliau menjadi penguat dalam pelaksanaan Bahtsul Masail, tidak heran jika para santri sampai sekarang masih menyemarakkan kegiatan Bahtsul Masail.Dawuh beliau menjadi penguat dalam pelaksanaan Bahtsul Masail, tidak heran jika para santri sampai sekarang masih menyemarakkan kegiatan Bahtsul Masail.
OJSOJS Melalui hasil meta analisis dengan menggunakan 10 penelitian dapat disimpulkan bahwa model-model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan dalam membacaMelalui hasil meta analisis dengan menggunakan 10 penelitian dapat disimpulkan bahwa model-model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan dalam membaca
OJSOJS Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan pojok baca berperan sebagai fasilitator tempat membaca, bahan bacaanData dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan pojok baca berperan sebagai fasilitator tempat membaca, bahan bacaan
OJSOJS Siswa dengan kategori sangat baik sudah memenuhi semua indikator, sedangkan siswa dengan kategori sangat rendah tidak mampu memenuhi semua indikator. KesulitanSiswa dengan kategori sangat baik sudah memenuhi semua indikator, sedangkan siswa dengan kategori sangat rendah tidak mampu memenuhi semua indikator. Kesulitan
AKSARAGLOBALAKSARAGLOBAL Abstrak. Pada era pendidikan yang terus berkembang, model pembelajaran telah menjadi fokus perhatian bagi pendidik. Salah satu model pembelajaran yangAbstrak. Pada era pendidikan yang terus berkembang, model pembelajaran telah menjadi fokus perhatian bagi pendidik. Salah satu model pembelajaran yang
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data diketahui bahwa: (1).(2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data diketahui bahwa: (1).
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Rerata hasil belajar siswa adalah 73,60. Ketuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan.Rerata hasil belajar siswa adalah 73,60. Ketuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan.
UIDUID Pasif disini berarti konsiliator tidak diperbolehkan memberikan saran, petunjuk ataupun yang lainnya. Tahapan/proses dalam konsiliasi dalam menyelesaikanPasif disini berarti konsiliator tidak diperbolehkan memberikan saran, petunjuk ataupun yang lainnya. Tahapan/proses dalam konsiliasi dalam menyelesaikan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Perkembangan tempat wisata di kawasan Lombok Tengah harus diiringi peningkatan sumber daya manusia, khususnya di bidang bahasa Inggris, karena kemajuanPerkembangan tempat wisata di kawasan Lombok Tengah harus diiringi peningkatan sumber daya manusia, khususnya di bidang bahasa Inggris, karena kemajuan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema fluida dinamis merupakan modul pembelajaranPengembangan modul pembelajaran fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema fluida dinamis merupakan modul pembelajaran