STITPEMALANGSTITPEMALANG
MadaniyahMadaniyahKeanekaragaman suku dan budaya di Indonesia dengan berbagai perbedaan yang melatarbelakanginya acapkali menimbulkan kerawanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Budaya etnosentris dan primordial sering mengemuka dan mengancam disintegrasi bangsa. Jejak sejarah membuktikan bahwa konflik sosial budaya tersebut sering mengharu biru kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pondok pesantren sebagai salah satu institusi pendidikan asli nusantara pada titik ini mempunyai peran penting bagaimana kehidupan yang damai dapat terwujud. Dengan menampilkan ajaran Islam inklusif dan akhlakul karimah, pesantren mampu memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan bermasyarakat yang damai melalui penyebaran dan pengembangan Islam di nusantara. Pada konteks ini, pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mampu membentuk kultur masyarakatnya yang toleran, saling menghargai, dengan tetap berpegang pada ajaran Islam. Nilai-nilai inklusif pendidikan pesantren mampu membuat masyarakat pesantren mempunyai tradisi yang khas. Sistem pendidikan dan tradisi pesantren melahirkan nilai-nilai yang compatible terhadap pembentukan budaya damai.
Pembentukan budaya damai di pesantren lahir dari sikap menghargai dan menghormati pihak lain, yang didukung penuh oleh kiai sebagai murabbi.Pembentukan ini bukan hanya secara retorika saja, kiai memberikan proses transformasi serta dari sikap juga ditunjukkan kepada santri.Hal ini dilihat dari sejumlah sikap kiai maupun pesantren yang mau berdialog dengan sejumlah ulama, pakar, maupun cendekiawan lainnya.Selain itu, kiai sering menunjukkan sikap tawadu dan mau menghargai keilmuan ulama lainnya.Dengan demikian, hal ini juga berimplikasi pada proses transformasi sikap anti truth claim, yang biasanya menjadi ciri khas gerakan radikal.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada perbandingan pendekatan pendidikan pesantren dengan institusi pendidikan modern dalam membentuk budaya toleransi. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi dampak digitalisasi terhadap pemeliharaan nilai-nilai inklusif pesantren. Penelitian juga dapat mengevaluasi efektivitas integrasi pendidikan agama dan kebudayaan lokal dalam kurikulum pesantren modern untuk memperkuat identitas budaya damai.
| File size | 146.2 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-1pE |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Pendidik dan peserta didik sama mulianya, sehingga banyak aspek yang harus diperhatikan dan dijaga dan terakhir dinamika pendidikan wanita, Albrasyi sangatPendidik dan peserta didik sama mulianya, sehingga banyak aspek yang harus diperhatikan dan dijaga dan terakhir dinamika pendidikan wanita, Albrasyi sangat
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Peran ibu dalam pendidikan anak sangat penting, ibu yang menyusui, ibu sebagai pelindung, ibu sebagai pendidik. Masa dalam kandungan merupakan masa keemasanPeran ibu dalam pendidikan anak sangat penting, ibu yang menyusui, ibu sebagai pelindung, ibu sebagai pendidik. Masa dalam kandungan merupakan masa keemasan
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Al-Quran menyebutkan beberapa potret pendidikan keluarga yang patut diteladani masyarakat saat ini, yaitu Lukmanul Hakim, Nabi Ibrahim alaihissalam (as.Al-Quran menyebutkan beberapa potret pendidikan keluarga yang patut diteladani masyarakat saat ini, yaitu Lukmanul Hakim, Nabi Ibrahim alaihissalam (as.
JOURNALWEBJOURNALWEB Latar belakang penelitian ini adalah dalam perkara cerai talak di Pengadilan Agama Samarinda di mana setelah adanya SEMA Nomor 1 Tahun 2017, masih adaLatar belakang penelitian ini adalah dalam perkara cerai talak di Pengadilan Agama Samarinda di mana setelah adanya SEMA Nomor 1 Tahun 2017, masih ada
SHARIAJOURNALS UINJAMBISHARIAJOURNALS UINJAMBI 368 K/AG/1995 memperkenankan ahli waris non-Muslim menerima bagian melalui wasiat wajibah sebagai solusi ijtihad untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia368 K/AG/1995 memperkenankan ahli waris non-Muslim menerima bagian melalui wasiat wajibah sebagai solusi ijtihad untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia
UACUAC Penelitian ini bertujuan mengkaji kegunaan kerangka RSD yang telah menjadi acuan di banyak negara maju untuk pendidikan tinggi. Kerangka RSD terdiri dariPenelitian ini bertujuan mengkaji kegunaan kerangka RSD yang telah menjadi acuan di banyak negara maju untuk pendidikan tinggi. Kerangka RSD terdiri dari
STITPEMALANGSTITPEMALANG Rendahnya prestasi pelajar Indonesia di kancah internasional, terutama dalam bidang sains dipengaruhi oleh banyak faktor baik internal maupun eksternal,Rendahnya prestasi pelajar Indonesia di kancah internasional, terutama dalam bidang sains dipengaruhi oleh banyak faktor baik internal maupun eksternal,
STITPEMALANGSTITPEMALANG Pendidikan Agama Islam diberikan kepada anak sejak dini melalui pengenalan terhadap ciptaan Allah tentang alam dan seisinya. Selanjutnya, anak diperkenalkanPendidikan Agama Islam diberikan kepada anak sejak dini melalui pengenalan terhadap ciptaan Allah tentang alam dan seisinya. Selanjutnya, anak diperkenalkan
Useful /
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Pemahaman akan dampak negatif kafein terhadap kesehatan sangat krusial untuk mengubah kebiasaan minum, dengan infused water terbukti menjadi pilihan yangPemahaman akan dampak negatif kafein terhadap kesehatan sangat krusial untuk mengubah kebiasaan minum, dengan infused water terbukti menjadi pilihan yang
POLNESPOLNES Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pelayanan dan persepsi wisatawan terhadap kualitas layanan di Kawasan Wisata Gunung Kelud KabupatenPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pelayanan dan persepsi wisatawan terhadap kualitas layanan di Kawasan Wisata Gunung Kelud Kabupaten
UACUAC Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang di MTs Unggulan Hikmatul Amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif denganPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang di MTs Unggulan Hikmatul Amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan
STITPEMALANGSTITPEMALANG Pembelajaran yang interaktif, dinamis, dan berbasis teknologi mampu mengatasi kebosanan siswa terhadap materi IPS dan meningkatkan motivasi serta partisipasiPembelajaran yang interaktif, dinamis, dan berbasis teknologi mampu mengatasi kebosanan siswa terhadap materi IPS dan meningkatkan motivasi serta partisipasi