UBUB

Indonesian Journal for Social ResponsibilityIndonesian Journal for Social Responsibility

Lihai Islamic Preschool merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang berfokus pada kurikulum tujuh sentra, namun memiliki keterbatasan dalam hal kualitas alat permainan edukatif yang interaktif yang mendukung kurikulum tujuh sentra tersebut. Sehingga dibutuhkan perancangan elemen grafis interaktif yang diwujudkan berupa busy board dan busy book, yang mana perlu peran penting terkait desain background dan alur cerita storyboard. Kedua hal tersebut merupakan aspek yang tidak terpisahkan di dalam buku interaktif, namun perannya sering diabaikan. Desain background dan storyboard secara signifikan memengaruhi perhatian, minat, dan respon emosional anak-anak prasekolah terhadap cerita, warna cerah, tekstur, dan interaksi sederhana yang sangat efektif dalam meningkatkan keterlibatan mereka, yang dapat mempengaruhi pemahaman dan aspek kognitif. Melalui kolaborasi aktif dengan 13 Guru Lihai Islamic Preschool, tim kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Telkom menghadirkan solusi dalam mendesain elemen grafis interaktif yang mempertimbangkan aspek produksi dan sosial kemasyarakatan. Kegiatan ini menggunakan metode wawancara, eksperimen produk, dan kuesioner dalam memperoleh feedback mitra. Hasil akhir yang ditransfer ke mitra yakni busy board dan busy book yang memiliki alur cerita dan desain latar yang sesuai dengan pendekatan sentra sebagai penunjang aktivitas bermain interaktif anak usia dini.

Metode pembelajaran interaktif pada anak usia dini dapat meningkatkan kualitas dalam menarik minat anak untuk beraktivitas secara aktif.Media pembelajaran seperti busy board dan busy book berperan penting dalam membangun interaksi antara guru dan siswa didik, serta dapat merangsang perkembangan kognitif anak.Desain grafis yang teraplikasi pada latar (background) menjadi elemen utama dalam menarik perhatian dan menyampaikan pesan kepada anak-anak, sementara alur cerita atau storyboard menggambarkan ketujuh sentra dari Lihai Islamic Preschool, yang penting dalam desain busy board dan busy book.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengeksplorasi penerapan elemen grafis interaktif dalam konteks kurikulum pendidikan anak usia dini yang berbeda, untuk melihat efektivitasnya dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman anak. Selain itu, perlu dilakukan studi lebih mendalam tentang pengaruh penggunaan warna dan tekstur dalam desain background terhadap respons emosional dan kognitif anak prasekolah. Terakhir, penelitian lanjutan juga dapat menguji keberlanjutan penggunaan busy board dan busy book dalam jangka panjang, serta melihat dampaknya terhadap perkembangan motorik dan sensorik anak.

  1. Penerapan Alur Storyboard dan Desain Background pada Elemen Grafis Interaktif untuk Menunjang Pembelajaran... ojs.bakrie.ac.id/index.php/IJSR/article/view/410Penerapan Alur Storyboard dan Desain Background pada Elemen Grafis Interaktif untuk Menunjang Pembelajaran ojs bakrie ac index php IJSR article view 410
  1. #desain grafis#desain grafis
  2. #strategi pembelajaran interaktif#strategi pembelajaran interaktif
Read online
File size694.12 KB
Pages14
DMCAReport

Related /

ads-block-test