RAHARJARAHARJA

CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) JournalCCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kompetensi, lingkungan sosial, dan interaksinya dengan Facebook terhadap sikap pembelajaran siswa SMK. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2013 di SMK Bonavita Tangerang dengan menggunakan metode survei. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Facebook sangat berpengaruh terhadap sikap pembelajaran siswa SMK Bonavita Tangerang. Variabel lingkungan sosial yang dipengaruhi variabel moderasinya (LSFB) berpengaruh terhadap variabel sikap. Pengaruh variabel Facebook berinteraksi dengan variabel lingkungan sosial berpengaruh terhadap variabel sikap dengan tingkat pengaruh sebesar 0,511 (51,1%).

Facebook sangat berpengaruh terhadap sikap pembelajaran siswa SMK Bonavita Tangerang.Variabel lingkungan sosial yang dipengaruhi variabel moderasinya (LSFB) berpengaruh terhadap variabel sikap.Pengaruh variabel Facebook berinteraksi dengan variabel lingkungan sosial berpengaruh terhadap variabel sikap dengan tingkat pengaruh sebesar 0,511 (51,1%).

Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan menambahkan variabel lain selain motivasi, kompetensi, dan lingkungan sosial, serta memperluas cakupan penelitian ke siswa SMK lainnya. Perlu juga dilakukan penelitian tentang penggunaan platform jejaring sosial selain Facebook dalam konteks pembelajaran. Selain itu, dapat dipertimbangkan untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang peran guru dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

  1. #variabel sikap#variabel sikap
  2. #tren pengaruh variabel#tren pengaruh variabel
Read online
File size350.62 KB
Pages31
DMCAReport

Related /

ads-block-test