LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA
Jurnal LiterasiologiJurnal LiterasiologiPola asuh orang tua sangat mempengaruhi setiap kepribadian yang telah terbentuk. Segala gaya atau model pengasuhan orang tua akan membentuk suatu kepribadian yang berbeda-beda sesuai apa yang telah diajarkan oleh orang tua. Orang tua merupakan lingkungan pertama bagi anak yang sangat berperan penting dalam setiap perkembangan anak khususnya perkembangan kepribadian anak. Oleh karena itu, diperlukan cara yang tepat untuk mengasuh anak sehingga terbentuklah suatu kepribadian anak yang diharapkan oleh orang tua sebagai harapan masa depan. Dalam pengasuhan anak orang tua harus memperhatikan tingkat perkembangan anak. Semua perilaku orang tua yang baik atau buruk akan ditiru oleh anak, oleh karena itu perlunya orang tua untuk menjaga setiap perilakunya sehingga anak akan meniru sikap positif dari orang tua. Pola asuh orang tua harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi anak pada saat itu, ada kalanya orang tua bersikap demokratis, ada kalanya juga harus bersikap otoriter, ataupun bersikap permisif.
Pola asuh orang tua sangat mempengaruhi setiap kepribadian yang telah terbentuk.Segala gaya atau model pengasuhan orang tua akan membentuk suatu kepribadian yang berbeda-beda sesuai apa yang telah diajarkan oleh orang tua.Orang tua merupakan lingkungan pertama bagi anak yang sangat berperan penting dalam setiap perkembangan anak khususnya perkembangan kepribadian anak.Oleh karena itu, diperlukan cara yang tepat untuk mengasuh anak sehingga terbentuklah suatu kepribadian anak yang diharapkan oleh orang tua sebagai harapan masa depan.
1. Penelitian lanjutan dapat mengkaji dampak jangka panjang pola asuh orang tua terhadap perkembangan kepribadian anak di lingkungan pendidikan dini. 2. Studi lebih mendalam tentang hubungan antara tingkat ekonomi keluarga dengan penerapan pola asuh demokratis atau otoriter dalam membentuk karakter anak. 3. Penelitian tentang peran pendidikan orang tua dalam meningkatkan kesadaran akan pengaruh perilaku mereka terhadap perkembangan sosial dan emosional anak prasekolah.
| File size | 308.89 KB |
| Pages | 15 |
| Short Link | https://juris.id/p-1nk |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
RAHARJARAHARJA Facebook sangat berpengaruh terhadap sikap pembelajaran siswa SMK Bonavita Tangerang. Pengaruh variabel Facebook berinteraksi dengan variabel lingkunganFacebook sangat berpengaruh terhadap sikap pembelajaran siswa SMK Bonavita Tangerang. Pengaruh variabel Facebook berinteraksi dengan variabel lingkungan
IAIQHIAIQH Penelitian menunjukkan bahwa santri di Pondok Pesantren Fatchul Ulum 3 berhasil mengaktualisasikan nilai‑nilai tadzim dalam berbagai perilaku, sepertiPenelitian menunjukkan bahwa santri di Pondok Pesantren Fatchul Ulum 3 berhasil mengaktualisasikan nilai‑nilai tadzim dalam berbagai perilaku, seperti
IAIQHIAIQH Kata Kunci: Tahfidz, Prestasi Belajar, Al-Quran Hadis, Pendidikan Islam. Program kelas tahfidz di MTSN 2 Mojokerto dilaksanakan empat kali seminggu denganKata Kunci: Tahfidz, Prestasi Belajar, Al-Quran Hadis, Pendidikan Islam. Program kelas tahfidz di MTSN 2 Mojokerto dilaksanakan empat kali seminggu dengan
IAIQHIAIQH Hal ini menunjukan masih kurangnya siswa yang mampu menumbuhkan keterampilan literasi sains didalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. KemampuanHal ini menunjukan masih kurangnya siswa yang mampu menumbuhkan keterampilan literasi sains didalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kemampuan
IAINPTKIAINPTK Salah satu konflik di masyarakat ialah konflik tentang penentuan dan akurasi arah kiblat. Sebagaimana yang terjadi pada Masjid Nurul Iman Balang KarangloSalah satu konflik di masyarakat ialah konflik tentang penentuan dan akurasi arah kiblat. Sebagaimana yang terjadi pada Masjid Nurul Iman Balang Karanglo
STAINUPASTAINUPA Guru sebagai fasilitator nilai menjadi kunci keberhasilan transformasi moral santri. Model ini dapat direplikasi di madrasah lain sebagai pendidikan karakterGuru sebagai fasilitator nilai menjadi kunci keberhasilan transformasi moral santri. Model ini dapat direplikasi di madrasah lain sebagai pendidikan karakter
UNUKALTIMUNUKALTIM Di sisi lain, siswa menunjukkan antusiasme terhadap perpustakaan tetapi mengeluhkan kurangnya variasi topik bacaan dan ruang untuk membaca. BerdasarkanDi sisi lain, siswa menunjukkan antusiasme terhadap perpustakaan tetapi mengeluhkan kurangnya variasi topik bacaan dan ruang untuk membaca. Berdasarkan
STAINUPASTAINUPA Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) bertujuan meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan secaraProgram Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) bertujuan meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan secara
Useful /
LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA Hasil analisa data bahwa: 1) perencanaan pembelajaran seperti menentukan bahan pelajaran dan merumuskan tujuan, mengembangkan dan mengorganisasikan mediaHasil analisa data bahwa: 1) perencanaan pembelajaran seperti menentukan bahan pelajaran dan merumuskan tujuan, mengembangkan dan mengorganisasikan media
LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA Pelaksanaan atau penggerakkan tersebut adalah motivasi, yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan. Proses pengawasan dapat melibatkan beberapaPelaksanaan atau penggerakkan tersebut adalah motivasi, yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan. Proses pengawasan dapat melibatkan beberapa
ASSALAMASSALAM Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang melibatkan guru, kepala sekolah,Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang melibatkan guru, kepala sekolah,
ASSALAMASSALAM Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 150 siswa sekolah dasar yang dipilih secaraPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 150 siswa sekolah dasar yang dipilih secara