LATANSAMASHIROLATANSAMASHIRO
PEMTEKDIKMAS (PENGABDIAN EKONOMI MULTIDISIPLIN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MASYARAKAT)PEMTEKDIKMAS (PENGABDIAN EKONOMI MULTIDISIPLIN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MASYARAKAT)ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan keterampilan pengelolaan keuangan berbasis digital. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman generasi muda dalam pengelolaan keuangan, terutama di kalangan pelaku UMKM dan wirausaha pemula, meskipun mereka telah familiar dengan teknologi digital. Metode pelatihan menggunakan pendekatan dan penekanan pada praktik langsung menggunakan aplikasi sederhana seperti Excel dan Jurnal.id. Peserta pelatihan terdiri dari 60 generasi muda (usia 18-30 tahun) dengan berbagai latar belakang usaha. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, sebanyak 65% peserta telah mengadopsi aplikasi keuangan digital dalam usaha mereka, dan 39 peserta berhasil menyusun laporan keuangan sederhana. Tingkat kepuasan peserta mencapai 85% untuk kejelasan materi dan 95% untuk manfaat sesi praktik. Tantangan utama yang dihadapi meliputi kesulitan adaptasi dengan aplikasi (152% peserta) dan konsistensi dalam pencatatan. Pelatihan ini membuktikan bahwa pendekatan praktis berbasis teknologi efektif dalam meningkatkan kompetensi keuangan digital generasi muda. Untuk keberlanjutan, diperlukan pendampingan jangka panjang, penyempurnaan materi sesuai sektor usaha, serta kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait. Kegiatan ini berkontribusi pada penguatan pondasi kewirausahaan muda di era digital melalui peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.
Melalui pendekatan blended learning yang menggabungkan teori singkat dengan praktik langsung menggunakan aplikasi sederhana, peserta menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan (dari skor rata-rata 45% menjadi 78%).Pelatihan ini berhasil menjembatani kesenjangan antara melek teknologi dan melek keuangan pada generasi muda, sekaligus membekali mereka dengan keterampilan yang langsung aplikatif untuk pengembangan usaha.Faktor kunci keberhasilan terletak pada metode pembelajaran partisipatif, penggunaan studi kasus riil, serta pendampingan berkelanjutan melalui grup daring.Namun, tantangan seperti konsistensi dalam pencatatan dan keterbatasan akses teknologi masih perlu menjadi perhatian.
Untuk penelitian lanjutan, dapat dipertimbangkan beberapa ide berikut: 1. Menganalisis dampak jangka panjang pelatihan ini terhadap pertumbuhan usaha peserta, dengan fokus pada peningkatan efisiensi dan transparansi keuangan. 2. Mengembangkan modul pelatihan yang lebih spesifik untuk berbagai sektor usaha, seperti kuliner, e-commerce, atau jasa profesional, untuk meningkatkan relevansi dan manfaat praktis. 3. Mempelajari strategi motivasi dan pendampingan jangka panjang bagi peserta, terutama dalam menjaga konsistensi pencatatan keuangan digital, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan keterlibatan dan komitmen peserta dalam proses pembelajaran.
| File size | 953.12 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-1kl |
| DMCA | Report |
Related /
HUSADA KARYAJAYAHUSADA KARYAJAYA Sampel berjumlah 181 pasien dimana pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti memilih sampel sesuai kriteria inklusiSampel berjumlah 181 pasien dimana pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti memilih sampel sesuai kriteria inklusi
UNIRAYAUNIRAYA Sohagaini Lahusa-Gomo dari tahun 2015 hingga 2018 tidak efisien karena tidak memenuhi standar penilaian efisiensi menurut Peraturan Kementerian KoperasiSohagaini Lahusa-Gomo dari tahun 2015 hingga 2018 tidak efisien karena tidak memenuhi standar penilaian efisiensi menurut Peraturan Kementerian Koperasi
LATANSAMASHIROLATANSAMASHIRO Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut berupa pelatihan guru, penyediaan sarana belajar yang memadai, serta peningkatan kolaborasi dengan komunitasOleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut berupa pelatihan guru, penyediaan sarana belajar yang memadai, serta peningkatan kolaborasi dengan komunitas
UNIDHAUNIDHA Sistem pendukung keputusan pemilihan investasi saham telah dirancang dan dibangun menggunakan metode Extreme Programming serta TOPSIS untuk memberikanSistem pendukung keputusan pemilihan investasi saham telah dirancang dan dibangun menggunakan metode Extreme Programming serta TOPSIS untuk memberikan
POLTEKMUPOLTEKMU Berdasarkan hasil analisis data dan temuan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa hasil antara pre-test dan post-test siswa yang diajarkan menulis teks deskriptifBerdasarkan hasil analisis data dan temuan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa hasil antara pre-test dan post-test siswa yang diajarkan menulis teks deskriptif
UNISMUHUNISMUH Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Sinjai tahun ajaran 2015/2016 kelas XI IA2 yang berjumlah 24Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Sinjai tahun ajaran 2015/2016 kelas XI IA2 yang berjumlah 24
UNISMUHUNISMUH Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 76,00 dari skor ideal 100. PersentasiHasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 76,00 dari skor ideal 100. Persentasi
UNISMUHUNISMUH Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa. 1) Motivasi belajar fisika siswa kelas X sebelum diajar dengan menerapkan konsepBerdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa. 1) Motivasi belajar fisika siswa kelas X sebelum diajar dengan menerapkan konsep
Useful /
GUMPUBLISHERGUMPUBLISHER Pendekatan kepemimpinan distributif digunakan sebagai kerangka teoritik untuk memahami dinamika kolaboratif antara kepala madrasah, guru senior, dan tenagaPendekatan kepemimpinan distributif digunakan sebagai kerangka teoritik untuk memahami dinamika kolaboratif antara kepala madrasah, guru senior, dan tenaga
GUMPUBLISHERGUMPUBLISHER Kurikulum Merdeka membawa paradigma baru berbasis diferensiasi, teknologi, dan proyek, namun implementasinya masih menghadapi kendala struktural, khususnyaKurikulum Merdeka membawa paradigma baru berbasis diferensiasi, teknologi, dan proyek, namun implementasinya masih menghadapi kendala struktural, khususnya
UNIDHAUNIDHA dari hal tersebut dapat mengahasilkan Perangkingan 2 metode yang menghasilkan solusi terbaik akan menentukan lokasi yang strategis untuk meningkatkan omzetdari hal tersebut dapat mengahasilkan Perangkingan 2 metode yang menghasilkan solusi terbaik akan menentukan lokasi yang strategis untuk meningkatkan omzet
UNISMUHUNISMUH Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% peserta didik Kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing mempunyaiHasil penelitian menunjukkan bahwa 75% peserta didik Kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing mempunyai