LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA

Jurnal LiterasiologiJurnal Literasiologi

Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun subyek penelitian ini adalah guru-guru di TK Islam Terpadu Al Azka Kota Jambi yang terdiri dari enam orang guru. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pengumpulan data dan menggunakan format observasi, instrumen penilaian skenario pembelajaran dan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang hasilnya adalah pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 79,38, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 84,88. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan diskusi kelompok kerja guru dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi guru-guru di TK Islam Terpadu Al Azka.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) di TK Islam Terpadu Al Azka dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.Peningkatan profesionalitas guru terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dalam siklus II yang menunjukkan perbaikan dalam memprogramkan dan mengimplementasikan pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekolah.Hasil ini menunjukkan bahwa diskusi KKG efektif dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mengintegrasikan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Untuk penelitian lanjutan, dapat dilakukan penelitian lebih mendalam tentang dampak pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, penelitian juga dapat mengeksplorasi berbagai strategi pembelajaran alternatif yang dapat digunakan guru dalam mengintegrasikan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Selain itu, penelitian juga dapat dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas diskusi KKG dalam meningkatkan profesionalitas guru di sekolah-sekolah lain dengan latar belakang dan kondisi yang berbeda. Penelitian ini juga dapat diikuti dengan penelitian tentang bagaimana cara optimal dalam mengembangkan dan mengelola lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru secara efektif. Selain itu, penelitian juga dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dari pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kinerja guru dan kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini juga dapat diikuti dengan penelitian tentang bagaimana cara optimal dalam mengembangkan dan mengelola lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru secara efektif. Selain itu, penelitian juga dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dari pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kinerja guru dan kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini juga dapat diikuti dengan penelitian tentang bagaimana cara optimal dalam mengembangkan dan mengelola lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru secara efektif. Selain itu, penelitian juga dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dari pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kinerja guru dan kualitas pendidikan di sekolah.

  1. #profesionalitas guru#profesionalitas guru
  2. #alat data#alat data
Read online
File size265.52 KB
Pages17
Short Linkhttps://juris.id/p-1ni
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test