LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA

Jurnal LiterasiologiJurnal Literasiologi

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media kartu angka. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 17 anak. Hasil analisa data bahwa: 1) perencanaan pembelajaran seperti menentukan bahan pelajaran dan merumuskan tujuan, mengembangkan dan mengorganisasikan media pembelajaran, merencanakan pengelolaan kelas, dan menyiapkan alat penilaian rencana pembelajaran, 2) langkah pembelajaran antara lain: melakukan pembelajaran, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar, 3) peningkatan kemampuan dengan indikator : menyebutkan angka 1-10, menunjukkan angka 1-10, dan mengurutkan angka 1-10 dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak usia dini dengan menggunakan media kartu angka di TK Pertiwi I Kota Jambi yaitu anak mengenal angka 1-10 mencapai 93%.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa.1) Penggunaan media kartu angka yang diterapkan di TK Pertiwi I Kota Jambi dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka serta memberikan hasil yang sangat baik bagi perkembangan kemampuan anak.2) Metode serta perilaku guru dalam menyampaikan materi merupakan kunci efektifnya proses belajar mengajar di TK Pertiwi I Kota Jambi.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi efektivitas penggunaan media kartu angka dengan variasi desain yang berbeda, misalnya dengan menambahkan elemen warna atau tekstur yang menarik perhatian anak. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah variasi desain media dapat lebih meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan media kartu angka terhadap perkembangan keterampilan berpikir logis dan pemecahan masalah pada anak. Dengan mengamati bagaimana anak menggunakan kartu angka untuk membandingkan, mengurutkan, dan mengelompokkan angka, peneliti dapat memperoleh wawasan tentang bagaimana media tersebut dapat mendukung perkembangan kognitif anak. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi potensi penggunaan media kartu angka dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Dengan mengintegrasikan konsep-konsep matematika dasar ke dalam desain kartu angka, peneliti dapat mengembangkan alat bantu belajar yang efektif untuk membantu anak-anak membangun fondasi matematika yang kuat.

  1. #anak usia#anak usia
  2. #materi ajar bipa#materi ajar bipa
Read online
File size251.67 KB
Pages16
Short Linkhttps://juris.id/p-1ne
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test