PERADABANPERADABAN

Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan MatematikaJurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental untuk rancangan desain One Group Pretest Posttest. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Prestasi nilai rata-rata kelas pada pembelajaran matematika siswa pada materi aritmatika menggunakan model active learning type card index mencapai KKM, (2) aktifitas pembelajaran siswa menggunakan model active learning tipe Index card match mempengaruhi prestasi siswa pada pembelajaran matematika materi aritmatika.

Berdasarkan analisis data serta pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa rerata hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung pecahan campuran dengan menerapkan model active learning tipe index card match mencapai KKM secara Individual dan KKM secara klasikal, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model active learning tipe index card match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VA pada materi operasi hitung pecahan campuran SD Negeri 01 Karangbawang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 62,2%.Dilihat dari nilai Determinasi (R Square) = 0,622 yang memiliki arti bahwa besarnya pengaruh aktivitas siswa dengan menerapkan model active learning tipe index card match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VA pada materi operasi hitung pecahan campuran SD Negeri 01 Karangbawang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 62,2%.Sisanya 37,8% dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Penelitian ini membuka peluang untuk melakukan penelitian lanjutan dalam pengembangan model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pertanyaan yang dapat diajukan adalah bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis teknologi, seperti pembelajaran online, terhadap hasil belajar matematika siswa di tingkat yang sama. Selain itu, penting juga untuk mengeksplorasi apakah kolaborasi antara model pembelajaran aktif seperti Index Card Match dengan metode lain, seperti cooperative learning, dapat lebih efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Terakhir, penelitian dapat berfokus pada faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar, seperti gaya belajar siswa serta latar belakang sosial-ekonomi yang mungkin berdampak pada pencapaian akademik siswa.

Read online
File size280.67 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1ku
DMCAReport

Related /

ads-block-test