STAIMUNSTAIMUN

JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)

Penelitian ini meneliti faktor-faktor penting yang memengaruhi motivasi dan produktivitas guru di sekolah menengah atas negeri Akure-South, Ondo State. Fokus utamanya adalah memahami bagaimana elemen motivasi intrinsik dan ekstrinsek, bersama dengan insentif, kondisi sarana sekolah, praktik manajemen tenaga kerja, dan peluang pelatihan, secara kolektif membentuk kinerja guru dan, pada gilirannya, hasil belajar siswa. Metodologi yang digunakan adalah survei deskriptif dengan sampel stratified random yang terdiri dari 10 kepala sekolah dan 290 guru dari sepuluh sekolah. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan koefisien korelasi Pearson, yang menunjukkan bahwa pembayaran gaji tepat waktu, jaminan pekerjaan, kondisi kerja yang kondusif, dan peluang promosi secara signifikan meningkatkan motivasi guru, yang pada gilirannya berhubungan positif dengan produktivitas. Namun, kekurangan fasilitas rekreasi, sumber daya teknologi, dan mekanisme manajemen krisis menjadi area yang memerlukan perhatian kebijakan.

Penelitian ini secara sistematis meneliti faktor-faktor yang memengaruhi motivasi dan produktivitas guru di sekolah menengah atas negeri Akure-South, Ondo State.Hasil menunjukkan bahwa motivasi guru yang dipengaruhi oleh pembayaran gaji tepat waktu, keamanan pekerjaan, kondisi kerja yang kondusif dan peluang promosi berhubungan positif dengan produktivitas mereka, sementara kekurangan fasilitas rekreasi, sumber daya teknologi, dan mekanisme manajemen krisis menandakan area perbaikan.Oleh karena itu, kebijakan pendidikan harus menitikberatkan pada upaya memperbaiki kompensasi, fasilitas, teknologi dan kepemimpinan partisipatif guna meningkatkan kesejahteraan guru dan hasil belajar siswa.

Salah satu saran untuk penelitian lanjutan adalah melakukan studi longitudinal selama tiga tahun untuk meneliti dampak kebijakan pembayaran gaji tepat waktu terhadap motivasi dan produktivitas guru, sehingga dapat menilai perubahan jangka panjang. Penelitian eksperimental lainnya dapat menilai efektivitas pelatihan teknologi interaktif dengan membandingkan kinerja kelas guru yang mengikuti pelatihan dan yang tidak, guna mengidentifikasi kontribusi kompetensi digital terhadap produktivitas. Selain itu, pendekatan kualitatif yang mendalam melalui wawancara dan observasi di beberapa sekolah menengah negeri Akure‑South dapat mengungkap persepsi guru tentang mekanisme manajemen krisis serta hubungan antara stres kerja dan produktivitas, sehingga memberikan dasar bagi kebijakan manajemen krisis yang lebih responsif.

  1. Self-Determination Theory and Workplace Outcomes: A Conceptual Review and Future Research Directions.... doi.org/10.3390/bs14060428Self Determination Theory and Workplace Outcomes A Conceptual Review and Future Research Directions doi 10 3390 bs14060428
  2. Job performance: Working conditions of urban teachers in Zimbabwean schools | Ngwenya | SA Journal of... doi.org/10.4102/sajhrm.v19i0.1454Job performance Working conditions of urban teachers in Zimbabwean schools Ngwenya SA Journal of doi 10 4102 sajhrm v19i0 1454
  3. Impact of Teachers’ Commitment to the Relationship between Transformational Leadership and Sustainable... mdpi.com/2071-1050/15/5/4620Impact of TeachersAo Commitment to the Relationship between Transformational Leadership and Sustainable mdpi 2071 1050 15 5 4620
  1. #motivasi sumber daya#motivasi sumber daya
  2. #kompetensi digital guru#kompetensi digital guru
Read online
File size402.53 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test