HARAPANHARAPAN

Vernacular: Linguistics, Literature, Communication and Culture JournalVernacular: Linguistics, Literature, Communication and Culture Journal

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional hingga saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga banyak diminati negara lain. Perkembangan itu telah menjadikan bahasa Indonesia siap menjadi alat komunikasi internasional. Untuk mencapai menjadi bahasa internasional tentu perlu memperkenalkan bahasa Indonesia dengan pembelajaran yang menarik. Pembelajaran yang menarik dengan merancang bahan ajar yang inovatif. Bahan ajar keterampilan berbahasa menyimak, membaca, menulis, dan berbicara untuk level A1. Selain itu, bahan ajar BIPA memanfaatkan budaya-budaya yang ada di Indonesia dengan memperkenalkan ciri khas Indonesia kepada penutur asing dengan harapan hal ini akan menarik mereka mempelajari bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Dengan mendeskripsikan bahan ajar keterampilan bahasa Indonesia akan menambah pengetahuan pembelajaran bagi pengajar BIPA.

Intisari dari pembahasan di atas adalah pembelajaran BIPA memiliki empat keterampilan berbahasa yakni membaca, menulis, mendengar dan berbicara.Ke empat keterampilan ini saling terkait antara satu keterampilan dengan keterampilan lainnya.Di sisi lain, dalam keterampilan berbahasa tersebut di dalamnya terdapat beberapa komponen atau aspek bahasa yang harus ada.Keterampilan berbahasa yang dijelaskan di susun sesuai dengan kebutuhan artinya dalam BIPA terdapat beberapa tingkatan atau level kemahirannya.Dari level rendah hingga ke level tinggi.Tentu keterampilan berbahasa di sesuaikan dengan tingkat kemahiran pembelajar BIPA tersebut.Sebagai pengajar BIPA hendaknya menyesuaikan materi yang akan diajarkan kepada pembelajar BIPA sesuai dengan tingkatannya.

Berdasarkan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu adanya pengembangan bahan ajar BIPA yang lebih interaktif dan memanfaatkan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran atau platform daring, untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Kedua, penelitian lebih lanjut dapat difokuskan pada pengembangan strategi pengajaran yang efektif untuk mengatasi tantangan spesifik yang dihadapi oleh penutur asing dalam mempelajari bahasa Indonesia, misalnya terkait dengan perbedaan sistem bunyi atau struktur kalimat. Ketiga, penting untuk melakukan studi komparatif antara berbagai model kurikulum BIPA yang diterapkan di berbagai negara untuk mengidentifikasi praktik terbaik dan menyesuaikannya dengan konteks Indonesia. Hal ini memungkinkan pengembangan kurikulum yang lebih relevan dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dari berbagai latar belakang.

  1. #bahasa nasional singapura#bahasa nasional singapura
Read online
File size257.11 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test