OJS INDONESIAOJS INDONESIA

SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan PendidikanSIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan

Pemasaran jasa pendidikan perlu dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas untuk memberikan informasi terkait keadaan Pondok Pesantren kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Madinatul Ulum Merangin dalam meningkatkan citra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Pondok Pesantren Madinatul Ulum Merangin telah menerapkan strategi pemasaran jasa pendidikan yang cukup baik dalam meningkatkan citra. Dengan memberikan tawaran produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan lokasi pondok pesantren yang startegis untuk melakukan aktivitas pendidikan dan melakukan promosi melalui wali murid, media cetak, media sosial dan output. Pondok Pesantren Madinatul Ulum Merangin mengadakan pembinaan bagi guru, dan proses pembelajaran sudah cukup baik. Namun dalam aspek bukti fisik, sarana dan prasarana yang disediakan belum memadai dan sebaiknya meningkatkan fasilitas yang disediakan Pondok Pesantren agar mampu menunjang terlaksananya proses pendidikan yang berkualitas.

Penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Madinatul Ulum Merangin telah menerapkan strategi bauran pemasaran jasa pendidikan yang cukup baik untuk meningkatkan citra, meskipun masih ada area yang perlu diperbaiki.Penelitian mengidentifikasi faktor pendukung seperti lokasi strategis, tenaga pendidik berkualitas, dan penggunaan media promosi, namun juga mencatat penghambat seperti sarana prasarana yang kurang memadai.Upaya untuk meningkatkan citra melibatkan tanggung jawab sosial, reputasi pimpinan, tata kelola yang baik, dan praktik akuntansi transparan.

Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan keterbatasan dalam sarana prasarana pondok pesantren, suatu studi baru bisa mengeksplorasi bagaimana perbaikan fasilitas seperti ruangan kelas yang lebih luas dan perabotan yang baik dapat meningkatkan citra lembaga secara langsung di mata masyarakat dan orang tua siswa. Selain itu, penelitian lanjutan bisa fokus pada pengembangan program digital untuk mempromosikan kegiatan pesantren melalui media sosial yang lebih efektif, sehingga dapat menarik lebih banyak calon siswa di era teknologi ini. Penelitian ketiga bisa meneliti dampak pemberian pembinaan guru yang lebih intensif terhadap kualitas proses belajar mengajar, untuk memastikan program-program unggulan seperti tahsin dan tahfizh benar-benar memuaskan kebutuhan masyarakat dan memperkuat posisi pesantren di tengah persaingan lembaga pendidikan lainnya. Dengan menjalankan studi-studi ini, pesantren bisa lebih siap menghadapi tantangan globalisasi dan memastikan eksistensinya dalam memberikan jasa pendidikan yang berkualitas.

  1. STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA DI PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM MERANGIN... publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/977STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA DI PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM MERANGIN publish ojs indonesia index php SIBATIK article view 977
File size313.03 KB
Pages20
DMCAReportReport

ads-block-test