STAIALAMISTAIALAMI

Al Amin: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan IslamAl Amin: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam

Motivasi merupakan salah satu unsur yang wajib ada dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu upaya untuk memastikan unsur ini ada dalam pembelajaran adalah melalui pemilihan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi media puzzle untuk meningkatkan motivasi menghafal Hadist mata pelajaran Al-Quran Hadist kelas VIII J MTs. Manbail Futuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dalam pembelajaran pada siklus I dan II menghasilkan peningkatan capaian hafalan siswa dari 75% ke 90%. Namun, secara keseluruhan media puzzle dapat memastikan siswa termotivasi dalam menghafal hadist namun belum secara optimal mendorong hasil capaian hafalan siswa. Hasil hafalan siswa dapat didorong secara spesifik melalui penggunaan teknik-teknik hafalan yang spesifik.

Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media puzzle menunjukkan perkembangan yang baik dari siklus I ke siklus II dalam meningkatkan motivasi menghafal hadist.Terjadi peningkatan capaian hafalan siswa dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, dengan media puzzle berhasil menarik minat siswa.Akan tetapi, penelitian ini menemukan bahwa motivasi menghafal dan hasil hafalan merupakan dua hal yang berbeda, di mana motivasi tinggi belum tentu menjamin hasil hafalan optimal tanpa didukung teknik pembelajaran yang spesifik.

Penelitian ini membuktikan media puzzle efektif meningkatkan motivasi, namun beberapa aspek masih perlu digali lebih dalam. Pertanyaan penting yang muncul adalah, bagaimana daya tahan motivasi dan kemampuan hafalan siswa dalam jangka panjang setelah pembelajaran dengan media puzzle dihentikan? Akan sangat berharga jika penelitian selanjutnya melakukan pemantauan beberapa bulan kemudian untuk melihat apakah minat dan hafalan mereka tetap terjaga atau justru menurun. Selain itu, penelitian ini hanya fokus pada teknik hafalan tertentu, padahal siswa yang kesulitan (10% siswa) mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya studi yang mengidentifikasi secara mendalam teknik-teknik hafalan personal yang paling cocok bagi siswa dengan beragam gaya belajar dan kemampuan kognitif, bukan hanya sekadar menyediakan beberapa opsi. Terakhir, evaluasi hafalan yang digunakan masih sebatas menulis ulang teks. Penelitian mendatang bisa mengembangkan model penilaian yang lebih holistik, seperti mengukur pemahaman makna hadist dan kemampuan siswa menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari, sehingga tujuan pembelajaran menjadi lebih bermakna.

  1. Nurse Educator. nurse educator doi.org/10.1097/NNE.0000000000001277Nurse Educator nurse educator doi 10 1097 NNE 0000000000001277
  2. Clustering of Learning Media User Data During Covid-19 Pandemic Using K-Means Method Based on Multicultural... doi.org/10.46843/jiecr.v2i2.39Clustering of Learning Media User Data During Covid 19 Pandemic Using K Means Method Based on Multicultural doi 10 46843 jiecr v2i2 39
  3. The cognitive process and influence in learning | International journal of linguistics, literature and... doi.org/10.21744/ijllc.v6n2.875The cognitive process and influence in learning International journal of linguistics literature and doi 10 21744 ijllc v6n2 875
  1. #siswa kelas v#siswa kelas v
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
Read online
File size267.32 KB
Pages17
DMCAReport

Related /

ads-block-test