STAIALAMISTAIALAMI
Al Amin: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan IslamAl Amin: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan IslamMotivasi merupakan salah satu unsur yang wajib ada dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu upaya untuk memastikan unsur ini ada dalam pembelajaran adalah melalui pemilihan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi media puzzle untuk meningkatkan motivasi menghafal Hadist mata pelajaran Al-Quran Hadist kelas VIII J MTs. Manbail Futuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dalam pembelajaran pada siklus I dan II menghasilkan peningkatan capaian hafalan siswa dari 75% ke 90%. Namun, secara keseluruhan media puzzle dapat memastikan siswa termotivasi dalam menghafal hadist namun belum secara optimal mendorong hasil capaian hafalan siswa. Hasil hafalan siswa dapat didorong secara spesifik melalui penggunaan teknik-teknik hafalan yang spesifik.
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media puzzle menunjukkan perkembangan yang baik dari siklus I ke siklus II dalam meningkatkan motivasi menghafal hadist.Terjadi peningkatan capaian hafalan siswa dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, dengan media puzzle berhasil menarik minat siswa.Akan tetapi, penelitian ini menemukan bahwa motivasi menghafal dan hasil hafalan merupakan dua hal yang berbeda, di mana motivasi tinggi belum tentu menjamin hasil hafalan optimal tanpa didukung teknik pembelajaran yang spesifik.
Penelitian ini membuktikan media puzzle efektif meningkatkan motivasi, namun beberapa aspek masih perlu digali lebih dalam. Pertanyaan penting yang muncul adalah, bagaimana daya tahan motivasi dan kemampuan hafalan siswa dalam jangka panjang setelah pembelajaran dengan media puzzle dihentikan? Akan sangat berharga jika penelitian selanjutnya melakukan pemantauan beberapa bulan kemudian untuk melihat apakah minat dan hafalan mereka tetap terjaga atau justru menurun. Selain itu, penelitian ini hanya fokus pada teknik hafalan tertentu, padahal siswa yang kesulitan (10% siswa) mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya studi yang mengidentifikasi secara mendalam teknik-teknik hafalan personal yang paling cocok bagi siswa dengan beragam gaya belajar dan kemampuan kognitif, bukan hanya sekadar menyediakan beberapa opsi. Terakhir, evaluasi hafalan yang digunakan masih sebatas menulis ulang teks. Penelitian mendatang bisa mengembangkan model penilaian yang lebih holistik, seperti mengukur pemahaman makna hadist dan kemampuan siswa menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari, sehingga tujuan pembelajaran menjadi lebih bermakna.
- Nurse Educator. nurse educator doi.org/10.1097/NNE.0000000000001277Nurse Educator nurse educator doi 10 1097 NNE 0000000000001277
- Clustering of Learning Media User Data During Covid-19 Pandemic Using K-Means Method Based on Multicultural... doi.org/10.46843/jiecr.v2i2.39Clustering of Learning Media User Data During Covid 19 Pandemic Using K Means Method Based on Multicultural doi 10 46843 jiecr v2i2 39
- The cognitive process and influence in learning | International journal of linguistics, literature and... doi.org/10.21744/ijllc.v6n2.875The cognitive process and influence in learning International journal of linguistics literature and doi 10 21744 ijllc v6n2 875
| File size | 267.32 KB |
| Pages | 17 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Ingin mengetahui seberapa besar minat siswa belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian Tindakan dilaksanakan melalui tiga siklus denganIngin mengetahui seberapa besar minat siswa belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian Tindakan dilaksanakan melalui tiga siklus dengan
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada matapelajaranTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada matapelajaran
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING (2). Bagi guru, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran. (3). Bagi sekolah, diharapkan dapat meningkatkan ha1 i tas pendidikan Prosedur penelitian(2). Bagi guru, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran. (3). Bagi sekolah, diharapkan dapat meningkatkan ha1 i tas pendidikan Prosedur penelitian
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Program PkM di MA Mambaul Ulum Paiton berhasil meningkatkan keterampilan siswa kelas XII dalam menggunakan Microsoft Word. Pelatihan berbasis praktik danProgram PkM di MA Mambaul Ulum Paiton berhasil meningkatkan keterampilan siswa kelas XII dalam menggunakan Microsoft Word. Pelatihan berbasis praktik dan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran PBL mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan dibandingkanHasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran PBL mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan dibandingkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media flashcard digital yang layak dan efektif serta untuk mengetahui apakah media flashcard digital dapat meningkatkanPenelitian ini bertujuan untuk menciptakan media flashcard digital yang layak dan efektif serta untuk mengetahui apakah media flashcard digital dapat meningkatkan
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis IT dalam pengajaran lagu daerah Sumatera Utara dan mengidentifikasiPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis IT dalam pengajaran lagu daerah Sumatera Utara dan mengidentifikasi
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa. Data yang dikumpulkan meliputi tes hasil belajarPenelitian dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa. Data yang dikumpulkan meliputi tes hasil belajar
Useful /
INTELEKMADANIINTELEKMADANI ) memiliki potensi antiinflamasi. Flavonoid memiliki aktivitas sebagai antiinflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gel ekstrak Kulit) memiliki potensi antiinflamasi. Flavonoid memiliki aktivitas sebagai antiinflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gel ekstrak Kulit
INTELEKMADANIINTELEKMADANI Mencit betina yang digunakan sebanyak 24 ekor dibagi dalam empat kelompok, setiap kelompok terdiri atas 6 replikasi. Kelompok I diberikan Na. CMC 1% b/v,Mencit betina yang digunakan sebanyak 24 ekor dibagi dalam empat kelompok, setiap kelompok terdiri atas 6 replikasi. Kelompok I diberikan Na. CMC 1% b/v,
IAINAMBONIAINAMBON Ia memandang bahwa pendidikan umum dan keagamaan tidak boleh terpisah, melainkan harus terpadu. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya lembaga pendidikanIa memandang bahwa pendidikan umum dan keagamaan tidak boleh terpisah, melainkan harus terpadu. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya lembaga pendidikan
IAINAMBONIAINAMBON Perubahan ini membuat penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kompetensi, menggunakan berbagai instrumen seperti portofolio, unjuk kerja,Perubahan ini membuat penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kompetensi, menggunakan berbagai instrumen seperti portofolio, unjuk kerja,