STAISAMSTAISAM

Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan EkonomiAl-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi

Pembelajaran bahasa Arab di MADRASAH DINIYAH AWALIYAH baik keterampilan mendengarkan (Istima), keterampilan berbicara (Kalam), keterampilan Qiroah dan keterampilan menulis (Kitabah) saat ini masih banyak berbasis struktural. Pengajaran masih terfokus pada Nahwu. Implikasinya, pembelajaran menjadi abstrak, monoton, kurang kontekstual, kurang menarik, kurang interaktif, dan kurang komunikatif. Langkah yang dapat diambil adalah pengajar harus dapat menampilkan pelajaran bahasa Arab dengan metode mutakhir yang efektif dan teknik pembelajaran yang menarik. Siswa dilibatkan dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga mereka merasa senang dan nyaman dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw.

Dari keseluruhan aspek dan kriteria penilaian terhadap produk pengembangan berupa model perencanaan pembelajaran bahasa Arab aspek Kitabah menurut ahli pembelajaran bahasa Arab, didapat hasil persentase sebesar 90%.Hal ini dapat diartikan bahwa keseluruhan aspek dan kriteria yang dinilai oleh ahli pembelajaran bahasa Arab berada pada kriteria valid karena berada pada skala 76% - 100%.Berdasarkan kriteria kelayakan produk, dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan tersebut layak/tidak revisi dan tidak dilakukan uji coba ulang.Model pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kooperatif Jigsaw sangat mendukung pembelajaran Kitabah.Hal ini dibuktikan dengan tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar bahasa Arab.

Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran Jigsaw pada aspek bahasa Arab lainnya, seperti keterampilan berbicara dan mendengarkan, guna mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai potensi model ini dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab secara keseluruhan. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan modul pembelajaran bahasa Arab yang terintegrasi dengan pendekatan Jigsaw, yang mencakup materi pembelajaran, aktivitas kelompok, dan evaluasi yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa di MADRASAH DINIYAH AWALIYAH. Ketiga, penting untuk meneliti pengaruh penerapan model Jigsaw terhadap motivasi belajar dan sikap siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab, dengan tujuan untuk memahami bagaimana model ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di lingkungan pendidikan Islam.

  1. #pembelajaran bahasa inggris#pembelajaran bahasa inggris
  2. #buku pelajaran bahasa inggris#buku pelajaran bahasa inggris
Read online
File size303.15 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test