STAISAMSTAISAM
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan EkonomiAl-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan EkonomiPembelajaran bahasa Arab di MADRASAH DINIYAH AWALIYAH baik keterampilan mendengarkan (Istima), keterampilan berbicara (Kalam), keterampilan Qiroah dan keterampilan menulis (Kitabah) saat ini masih banyak berbasis struktural. Pengajaran masih terfokus pada Nahwu. Implikasinya, pembelajaran menjadi abstrak, monoton, kurang kontekstual, kurang menarik, kurang interaktif, dan kurang komunikatif. Langkah yang dapat diambil adalah pengajar harus dapat menampilkan pelajaran bahasa Arab dengan metode mutakhir yang efektif dan teknik pembelajaran yang menarik. Siswa dilibatkan dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga mereka merasa senang dan nyaman dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw.
Dari keseluruhan aspek dan kriteria penilaian terhadap produk pengembangan berupa model perencanaan pembelajaran bahasa Arab aspek Kitabah menurut ahli pembelajaran bahasa Arab, didapat hasil persentase sebesar 90%.Hal ini dapat diartikan bahwa keseluruhan aspek dan kriteria yang dinilai oleh ahli pembelajaran bahasa Arab berada pada kriteria valid karena berada pada skala 76% - 100%.Berdasarkan kriteria kelayakan produk, dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan tersebut layak/tidak revisi dan tidak dilakukan uji coba ulang.Model pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kooperatif Jigsaw sangat mendukung pembelajaran Kitabah.Hal ini dibuktikan dengan tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar bahasa Arab.
Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran Jigsaw pada aspek bahasa Arab lainnya, seperti keterampilan berbicara dan mendengarkan, guna mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai potensi model ini dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab secara keseluruhan. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan modul pembelajaran bahasa Arab yang terintegrasi dengan pendekatan Jigsaw, yang mencakup materi pembelajaran, aktivitas kelompok, dan evaluasi yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa di MADRASAH DINIYAH AWALIYAH. Ketiga, penting untuk meneliti pengaruh penerapan model Jigsaw terhadap motivasi belajar dan sikap siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab, dengan tujuan untuk memahami bagaimana model ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di lingkungan pendidikan Islam.
| File size | 303.15 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | Report |
Related /
POLNAMPOLNAM Disimpulkan dari model motivasi Keller, bahwa mayoritas siswa dalam perhatian yang baik untuk belajar bahasa Inggris dimediasi oleh video pembelajaranDisimpulkan dari model motivasi Keller, bahwa mayoritas siswa dalam perhatian yang baik untuk belajar bahasa Inggris dimediasi oleh video pembelajaran
POLNAMPOLNAM Dalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online sudah menjamur dimana-mana. Banyak sekali game center yangDalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online sudah menjamur dimana-mana. Banyak sekali game center yang
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Untuk memaksimalkan hasil pembelajaran, pelatihan dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil, menggunakan metode pengajaran interaktif dan evaluasi berkelanjutan.Untuk memaksimalkan hasil pembelajaran, pelatihan dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil, menggunakan metode pengajaran interaktif dan evaluasi berkelanjutan.
UNDIKSHAUNDIKSHA Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media flashcard digital dinilai layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa untuk meningkatakn penguasaan kosakataSehingga, dapat disimpulkan bahwa media flashcard digital dinilai layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa untuk meningkatakn penguasaan kosakata
UNDIKSHAUNDIKSHA Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Pontianak. Data dikumpulkan melalui analisis isi bukuSubjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Pontianak. Data dikumpulkan melalui analisis isi buku
STAISAMSTAISAM Jurnal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai strategi pemasaran digital untuk meningkatkan nilai merek UMKM. Dengan menerapkanJurnal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai strategi pemasaran digital untuk meningkatkan nilai merek UMKM. Dengan menerapkan
STAISAMSTAISAM Tirta Semesta Engineering Sidoarjo sebagai Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studiTirta Semesta Engineering Sidoarjo sebagai Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
ELTAORGANIZATIONELTAORGANIZATION Penggunaan teknologi, khususnya permainan edukatif berbasis Android, telah terbukti mendukung proses pengajaran kosakata bahasa Inggris dengan meningkatkanPenggunaan teknologi, khususnya permainan edukatif berbasis Android, telah terbukti mendukung proses pengajaran kosakata bahasa Inggris dengan meningkatkan
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajarPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajar
UNPAMUNPAM Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai bahan baku pembuatan kertas alternatif. Metode yang digunakan adalah metode kraftPenelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai bahan baku pembuatan kertas alternatif. Metode yang digunakan adalah metode kraft
UMAUMA Pemerintah Kota Bandung merupakan Pemerintah Daerah Kota Pertama di Indonesia yang menerapkan program OD sebagai salah satu bentuk layanan publik di eraPemerintah Kota Bandung merupakan Pemerintah Daerah Kota Pertama di Indonesia yang menerapkan program OD sebagai salah satu bentuk layanan publik di era
UMAUMA Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja pelayanan yang memperoleh respon masyarakat tertinggi (cenderung sangat setuju) adalah indeks emphaty.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja pelayanan yang memperoleh respon masyarakat tertinggi (cenderung sangat setuju) adalah indeks emphaty.