GUMPUBLISHERGUMPUBLISHER
Eduversity : Journal of Future Interdisciplinary EducationEduversity : Journal of Future Interdisciplinary EducationPendidikan dasar merupakan fondasi utama pembangunan bangsa. Sejak kemerdekaan, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam menciptakan sistem pendidikan dasar yang merata dan berkualitas. Penelitian ini menelaah perkembangan pendidikan dasar Indonesia dari masa awal kemerdekaan hingga era Kurikulum Merdeka secara historis dan sistematis melalui studi literatur dan analisis dokumen kebijakan tahun 2020–2025. Hasilnya menunjukkan transformasi signifikan dari sistem sentralistik menuju model fleksibel dan kontekstual, meskipun ketimpangan akses dan kualitas masih terjadi. Kurikulum Merdeka membawa paradigma baru berbasis diferensiasi, teknologi, dan proyek, namun implementasinya masih menghadapi kendala struktural, khususnya di daerah 3T.
Pendidikan dasar Indonesia telah bertransformasi dari sistem kolonial eksklusif ke sistem nasional yang berorientasi pada pemerataan dan kualitas.Kurikulum mengalami pergeseran dari sentralistik ke pendekatan kontekstual dan fleksibel sebagaimana tercermin dalam Kurikulum Merdeka.Kendati demikian, tantangan pemerataan, infrastruktur, distribusi guru, dan kesenjangan teknologi masih menjadi isu krusial yang memerlukan strategi inklusif dan adaptif.
Bagaimana bentuk desa pintar yang dapat menyediakan guru penggerak digital secara bergilir untuk sekolah dasar di daerah 3T guna mengevaluasi keefektifan Kurikulum Merdeka? Apakah pendampingan orang tua berbasis modul digital dapat memperkecil kesenjangan literasi digital siswa pedalaman selama pembelajaran hybrid? Untuk menjawabnya, penelitian berikutnya bisa mengukur hubungan antara ketersediaan mentor digital, partisipasi orang tua, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan metode kuantitatif maupun kualitatif di wilayah 3T, sehingga menghasilkan model pembelajaran dasar yang adil, adaptif, dan relevan di era digital.
- Ki Hajar Dewantara dan Pendidikan di Indonesia | Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman. hajar dewantara... doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i1.753Ki Hajar Dewantara dan Pendidikan di Indonesia Baitul Hikmah Jurnal Ilmiah Keislaman hajar dewantara doi 10 46781 baitul hikmah v1i1 753
- Tinjauan Kepustakaan | ALACRITY : Journal of Education. tinjauan kepustakaan alacrity journal education... lpppipublishing.com/index.php/alacrity/article/view/20Tinjauan Kepustakaan ALACRITY Journal of Education tinjauan kepustakaan alacrity journal education lpppipublishing index php alacrity article view 20
- Reaktualisasi Kurikulum pada Abad Ke-21 | Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. kurikulum abad... doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4523Reaktualisasi Kurikulum pada Abad Ke 21 Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran kurikulum abad doi 10 24269 dpp v10i1 4523
| File size | 448.07 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | Report |
Related /
INSANPRIMAMUINSANPRIMAMU Pendidikan sebagai sebuah proses berada dan berkembang bersama dengan proses perkembangan yang berlangsung dalam kehidupan manusia yang mencakup semuaPendidikan sebagai sebuah proses berada dan berkembang bersama dengan proses perkembangan yang berlangsung dalam kehidupan manusia yang mencakup semua
STISHUSNULKHOTIMAHSTISHUSNULKHOTIMAH Tujuan dari MABIT ini diantaranya dapat meningkatkan iman dan takwa para peserta didik, lebih mendekatkan diri mereka kepada Allah Swt. , menjadi terbiasakanTujuan dari MABIT ini diantaranya dapat meningkatkan iman dan takwa para peserta didik, lebih mendekatkan diri mereka kepada Allah Swt. , menjadi terbiasakan
INDOSCIENCEINDOSCIENCE Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), studi ini menyoroti berbagai hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, termasukMenggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), studi ini menyoroti berbagai hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, termasuk
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Setelah melakukan penelitian dengan beberapa data yang diperoleh, maka peneliti menyimpulkan bahwa transliterasi nilai-nilai pendidikan moral agama yangSetelah melakukan penelitian dengan beberapa data yang diperoleh, maka peneliti menyimpulkan bahwa transliterasi nilai-nilai pendidikan moral agama yang
STAISAMSTAISAM Bagaimana pemangku kepentingan BMT melihat kontribusi SDI ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lulusan perguruan tinggi ekonomiBagaimana pemangku kepentingan BMT melihat kontribusi SDI ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lulusan perguruan tinggi ekonomi
STAINIDAELADABISTAINIDAELADABI Natsir juga dapat menjadi pengingat bahwa keterlibatan intens dengan sistem pembelajaran keagamaan dapat membuat seorang aktivis meninggalkan peluang karirNatsir juga dapat menjadi pengingat bahwa keterlibatan intens dengan sistem pembelajaran keagamaan dapat membuat seorang aktivis meninggalkan peluang karir
IAIN SUIAIN SU Secara historis, dayah dikenal telah melahirkan banyak ulama dari berbagai disiplin ilmu, sehingga akan menarik untuk mengkaji perkembangan budaya akademikSecara historis, dayah dikenal telah melahirkan banyak ulama dari berbagai disiplin ilmu, sehingga akan menarik untuk mengkaji perkembangan budaya akademik
IAIN SUIAIN SU Selain itu, apabila ditelaah beberapa ketentuan dalam UU No. 20 Tahun 2003, didapati banyak isinya yang tidak selaras, bertentangan antara satu ayat danSelain itu, apabila ditelaah beberapa ketentuan dalam UU No. 20 Tahun 2003, didapati banyak isinya yang tidak selaras, bertentangan antara satu ayat dan
Useful /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU 0 for windows. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen adalah 20,15 dan 27,38, sementara pada kelompok kontrol,0 for windows. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen adalah 20,15 dan 27,38, sementara pada kelompok kontrol,
STAINIDAELADABISTAINIDAELADABI Dalam lintas madzhab, kita akan melihat bagaimana keberagaman cara pandang pemikiran melihat displin ilmu yang satu ini, mulai dari pemikiran Sunni, SyiahDalam lintas madzhab, kita akan melihat bagaimana keberagaman cara pandang pemikiran melihat displin ilmu yang satu ini, mulai dari pemikiran Sunni, Syiah
UNPARUNPAR Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisa yang diambil dari studi pustaka serta informasi tambahan dari situs resmiPenelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisa yang diambil dari studi pustaka serta informasi tambahan dari situs resmi
IAIN SUIAIN SU Kebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya kompetensi kepribadian. Pendidikan nasionalKebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya kompetensi kepribadian. Pendidikan nasional