UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanSementara pendidikan tinggi, ilmu pengetahuan, dan industri telah menjadi faktor kunci dalam pertumbuhan nasional dan ekonomi suatu negara, mereka seringkali berperan secara independen. Tulisan ini bertujuan menggambarkan perkembangan kegiatan komersialisasi inovatif berdasarkan penyebaran inovasi dalam bidang penelitian, pendidikan, dan bisnis. Penelitian ini, yang menggunakan metode studi empiris, pertama kali meninjau status studi penelitian global saat ini untuk melihat kontribusinya terhadap transfer pengetahuan. Kedua, penelitian ini menampilkan hasil survei daring terhadap 100 responden yang belajar, mengajar, atau meneliti di universitas-universitas di Kazakhstan untuk memahami lebih baik kegiatan penelitian inovatif beserta faktor motivasi dan hambatan R&D di Republik Kazakhstan. Hasil pendekatan yang diusulkan disajikan dalam konteks para peneliti di Kazakhstan. Berdasarkan temuan tersebut, beberapa rekomendasi diajukan untuk meningkatkan keselarasan antara pendidikan, industri, dan ilmu pengetahuan di Kazakhstan sehingga penelitian di negara ini dapat memiliki dampak yang lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi.
Studi ini menggunakan data deskriptif untuk menilai faktor-faktor yang memengaruhi kegiatan penelitian inovatif di Kazakhstan, sekaligus memberikan wawasan untuk transfer pengetahuan dalam riset, pendidikan, dan industri.Keterbatasan penelitian terletak pada potensi persepsi yang meremehkan nilai komersialisasi oleh sebagian peneliti, dan rekomendasi mencakup penguatan kemitraan antara pendidikan, industri, dan sains melalui kurikulum yang melibatkan praktisi industri, magang, dan studi kasus terapan serta partisipasi industri dalam dewan ilmiah universitas.Aksesibilitas science park bagi peneliti dari berbagai jenjang perlu ditingkatkan untuk mendukung implementasi hasil penelitian di sektor industri.
Penelitian lanjutan dapat diarahkan pada tiga fokus utama untuk memperdalam sinergi antara pendidikan, sains, dan industri di Kazakhstan. Pertama, sebuah studi komparatif dapat meneliti bagaimana model pembelajaran kolaboratif antara universitas dan industri memengaruhi kemampuan mahasiswa dalam menemukan peluang komersialisasi, membuat prototipe, dan membangun tim startup; penelitian ini dapat menggabungkan pengukuran angka (kuantitatif) dan wawancara mendalam (kualitatif) untuk mendapatkan gambaran menyeluruh. Kedua, riset dapat mengevaluasi peran science park universitas sebagai jembatan transfer teknologi dengan menelusuri sejauh mana fasilitas, jejaring mitra, dan layanan pendampingan mempercepat berdirinya startup riset melalui analisis studi kasus. Ketiga, kajian panjang (longitudinal) dapat mempelajari dampak keterlibatan praktisi industri dalam menyusun kurikulum dan mengajar di perguruan tinggi terhadap motivasi, kesiapan, dan hasil nyata mahasiswa dalam meluncurkan proyek riset inovatif, dengan mengikuti perkembangan beberapa angkatan mahasiswa. Dengan mengintegrasikan ketiga pendekatan tersebut, penelitian selanjutnya akan menghasilkan peta jalan bagi integrasi lebih kuat antara akademia, sektor industri, dan peneliti di Kazakhstan.
- .:: Natural Sciences Publishing ::.. natural sciences publishing user applied mathematics information... naturalspublishing.com/Article.asp?ArtcID=11511Natural Sciences Publishing natural sciences publishing user applied mathematics information naturalspublishing Article asp ArtcID 11511
- . skip content vinec efremova romanova assessment development innovative activity university part validation... doi.org/10.18334/vinec.10.3.110283skip content vinec efremova romanova assessment development innovative activity university part validation doi 10 18334 vinec 10 3 110283
- Integration of Science, Education and Industry in the Republic of Kazakhstan in the Context of the Development... doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n6s5p364Integration of Science Education and Industry in the Republic of Kazakhstan in the Context of the Development doi 10 5901 mjss 2015 v6n6s5p364
| File size | 313.71 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Penerapan metode flipped classroom efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran pendidikan agama Islam secara mandiri dengan memanfaatkanPenerapan metode flipped classroom efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran pendidikan agama Islam secara mandiri dengan memanfaatkan
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini menguji persepsi mahasiswa mengenai efektivitas platform-platform ini dalam mendukung pembelajaran membaca kolaboratif dan mengidentifikasiPenelitian ini menguji persepsi mahasiswa mengenai efektivitas platform-platform ini dalam mendukung pembelajaran membaca kolaboratif dan mengidentifikasi
E SIBERE SIBER Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi inovasi industri fashion berkelanjutan menggunakan pendekatan analisis SWOT terhadap PT XYZ, perusahaanPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi inovasi industri fashion berkelanjutan menggunakan pendekatan analisis SWOT terhadap PT XYZ, perusahaan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Dapat membuat mahasiswa lebih aktif dan kreatif dalam mengeksplorasi untuk menghasilkan produk pembelajaran sekolah dasar yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.Dapat membuat mahasiswa lebih aktif dan kreatif dalam mengeksplorasi untuk menghasilkan produk pembelajaran sekolah dasar yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
Useful /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Secara praktis, penelitian ini memberikan bukti empiris yang kuat bagi pengajar dan penentuan kebijakan pendidikan untuk memilih model pembelajaran yangSecara praktis, penelitian ini memberikan bukti empiris yang kuat bagi pengajar dan penentuan kebijakan pendidikan untuk memilih model pembelajaran yang
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Siswa menggunakan Google Scholar untuk menulis mandiri selama tahap perencanaan dan QuillBot untuk menulis individu selama tahap implementasi dan evaluasi.Siswa menggunakan Google Scholar untuk menulis mandiri selama tahap perencanaan dan QuillBot untuk menulis individu selama tahap implementasi dan evaluasi.
UNYUNY Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketiga program berada pada kategori “excellent dan tidak terdapat perbedaan signifikan antar program.Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketiga program berada pada kategori “excellent dan tidak terdapat perbedaan signifikan antar program.
UNYUNY Promosi literasi digital merupakan tujuan utama beragam inisiatif pendidikan di semua konteks. Namun, literatur yang membahas strategi untuk mempromosikanPromosi literasi digital merupakan tujuan utama beragam inisiatif pendidikan di semua konteks. Namun, literatur yang membahas strategi untuk mempromosikan