ARIPIARIPI
Mutiara Pendidikan dan OlahragaMutiara Pendidikan dan OlahragaPada sekolah SMP Swasta Se-Kecamatan Sempu peserta didik putri mengikuti pembelajaran PJOK dengan rasa senang, dan mengikuti pembelajaran dengan baik namun ada rasa takut akan melakukan beberapa praktik. Namun belum diketahui tingkat motivasi yang dimiliki peserta didik putri dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat motivasi peserta didik putri dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMP Swasta se-Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 62 responden, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi peserta didik putri dalam mengikuti pembelajaran PJOK tergolong tinggi, dengan skor aktual sebesar 4,637 dari skor ideal 6,200. Nilai rata-rata (Mean) yang diperoleh adalah 3,738 dengan Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 74,79. Meskipun sebagian besar indikator menunjukkan tingkat motivasi tinggi, terdapat beberapa aspek yang masih berada dalam kategori cukup, seperti pada indikator X11, X16, X18, dan X20. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap rendahnya motivasi dalam aspek-aspek tertentu dapat disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran, keterbatasan fasilitas olahraga, serta kurangnya dukungan eksternal. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan melalui metode pembelajaran yang lebih interaktif, penyediaan sarana olahraga yang lebih baik, serta dukungan dari lingkungan sekitar agar motivasi peserta didik putri dalam mengikuti pembelajaran PJOK dapat semakin meningkat.
Motivasi peserta didik putri dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Swasta se-Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi tergolong tinggi.Meskipun sebagian besar indikator menunjukkan tingkat motivasi tinggi, beberapa aspek seperti X11, X16, X18, dan X20 masih berada dalam kategori cukup.Faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya motivasi meliputi kurangnya variasi metode pembelajaran, keterbatasan fasilitas olahraga, dan kurangnya dukungan eksternal.Upaya peningkatan motivasi perlu dilakukan melalui metode pembelajaran interaktif, peningkatan fasilitas olahraga, dan dukungan lingkungan.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji pengaruh metode pembelajaran interaktif terhadap peningkatan motivasi siswa putri dalam PJOK. Selain itu, penelitian tentang dampak perbaikan fasilitas olahraga terhadap partisipasi aktif siswa putri di sekolah swasta perlu dilakukan. Terakhir, studi mengenai peran dukungan keluarga dan lingkungan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa putri dalam mata pelajaran PJOK dapat menjadi arah penelitian baru yang relevan.
- EVALUASI PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS DARING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS... doi.org/10.58258/jime.v7i1.1817EVALUASI PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS DARING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS doi 10 58258 jime v7i1 1817
- PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA | Didaktika : Jurnal Kependidikan. peranan guru... doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Didaktika Jurnal Kependidikan peranan guru doi 10 30863 didaktika v12i2 181
- Pengetahuan Guru Penjas Tentang Model Pembelajaran dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan... journal-fkip.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/4041Pengetahuan Guru Penjas Tentang Model Pembelajaran dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan journal fkip unsika ac index php JLO article view 4041
| File size | 1019.34 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
POLNAMPOLNAM Siswa setuju secara positif terhadap rangsangan kegiatan belajar bahasa Inggris (seperti berbicara) dan menonton video secara mandiri. Namun, mereka tidakSiswa setuju secara positif terhadap rangsangan kegiatan belajar bahasa Inggris (seperti berbicara) dan menonton video secara mandiri. Namun, mereka tidak
DDIPOLMANDDIPOLMAN Kemampuan komunikasi matematis mendapatkan hasil yang paling baik pada kelas yang diterapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan InvestigasiKemampuan komunikasi matematis mendapatkan hasil yang paling baik pada kelas yang diterapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Investigasi
FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM Sumber data penelitian ini ialah data primer dan sekunder yang berupa buku-buku, artikel jurnal dan lainnya terkait dengan tema penelitian ini. Hasil penelitianSumber data penelitian ini ialah data primer dan sekunder yang berupa buku-buku, artikel jurnal dan lainnya terkait dengan tema penelitian ini. Hasil penelitian
INSANPRIMAMUINSANPRIMAMU Kegiatan kepramukaan di MA Nurussalam Sidogede berhasil menjadi wahana efektif untuk menanamkan nilai akhlak melalui program tahunan, bulanan dan latihanKegiatan kepramukaan di MA Nurussalam Sidogede berhasil menjadi wahana efektif untuk menanamkan nilai akhlak melalui program tahunan, bulanan dan latihan
UNISLAUNISLA Penyebab utama meliputi kurangnya kepercayaan diri, rasa takut membuat kesalahan, rasa malu, kecemasan, serta motivasi yang rendah. Berdasarkan analisisPenyebab utama meliputi kurangnya kepercayaan diri, rasa takut membuat kesalahan, rasa malu, kecemasan, serta motivasi yang rendah. Berdasarkan analisis
ITKAITKA Cara menentukan populasi dengan dijadikan seluruh peserta didik kelas XI sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Jenis penelitianCara menentukan populasi dengan dijadikan seluruh peserta didik kelas XI sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Jenis penelitian
IAINAMBONIAINAMBON Kurikulum 2013 menekankan keaktifan peserta didik menemukan konsep dengan guru sebagai fasilitator, serta menekankan keseimbangan soft skill dan hard skillKurikulum 2013 menekankan keaktifan peserta didik menemukan konsep dengan guru sebagai fasilitator, serta menekankan keseimbangan soft skill dan hard skill
UMMUBAUMMUBA Hasilnya menunjukkan: (1) lingkungan sekolah berpengaruh langsung 40,26% terhadap minat belajar; (2) peran guru 31,36%; (3) lingkungan sekolah 9,48% terhadapHasilnya menunjukkan: (1) lingkungan sekolah berpengaruh langsung 40,26% terhadap minat belajar; (2) peran guru 31,36%; (3) lingkungan sekolah 9,48% terhadap
Useful /
PTTIPTTI Kurangnya pengetahuan tentang masalah hipertensi pada lansia memengaruhi persepsi lansia dalam merespons masalah hipertensi yang mereka alami. Oleh karenaKurangnya pengetahuan tentang masalah hipertensi pada lansia memengaruhi persepsi lansia dalam merespons masalah hipertensi yang mereka alami. Oleh karena
PTTIPTTI Kemudian dalam ayat lain Allah SWT memerintahkan kita untuk membaca Al-Quran dengan tartil (membaca Al-Quran perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelasKemudian dalam ayat lain Allah SWT memerintahkan kita untuk membaca Al-Quran dengan tartil (membaca Al-Quran perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas
POLTEKHARBERPOLTEKHARBER Melalui wawancara dan sosialisasi, ditemukan bahwa sebagian besar siswa masih lebih mengerti tentang toleransi daripada radikalisme. Sosialisasi diharapkanMelalui wawancara dan sosialisasi, ditemukan bahwa sebagian besar siswa masih lebih mengerti tentang toleransi daripada radikalisme. Sosialisasi diharapkan
POLTEKHARBERPOLTEKHARBER Pembengkakan payudara merupakan masalah umum pada ibu postpartum, dengan angka kejadian tinggi di Indonesia (>50%). Pembengkakan ini disebabkan oleh perubahanPembengkakan payudara merupakan masalah umum pada ibu postpartum, dengan angka kejadian tinggi di Indonesia (>50%). Pembengkakan ini disebabkan oleh perubahan