ITGITG

Jurnal SistematikJurnal Sistematik

Bunda Alya Clinic di Kabupaten Garut, yang bergerak di bidang layanan medis, saat ini mulai berkembang dengan membuka praktik spesialis kebidanan dan anak. Dalam melakukan penelitian di Klinik Bunda Alya, penulis menemukan masalah yang ada, yaitu prosedur kerja di Klinik Bunda Alya yang masih menggunakan sistem manual, seperti pada saat pendaftaran pasien masih dilakukan dengan pencatatan secara manual, pasien diharuskan datang langsung ke klinik untuk mendapatkan nomor antrean pemeriksaan. Meskipun ada pilihan untuk mendaftar via WhatsApp bagi pasien yang sudah memiliki kontak, hal ini tidak optimal dan tidak memberikan solusi penuh terhadap keluhan pasien. Hambatan utama yang dihadapi pasien adalah kesulitan mendaftar dalam antrean jika mereka berada di lokasi yang jauh dari klinik. Pasien yang tidak memiliki kontak WhatsApp atau tidak mengetahui kontak resmi klinik juga menghadapi hambatan serupa. Sehingga membutuhkan proses yang panjang dan tidak efektif dalam pengolahan data pasien. Tujuan dari proposal penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi pemesanan antrean di Klinik Bunda Alya berbasis website, menggunakan metodologi Rational Unified Process (RUP), penelitian ini memanfaatkan UML (Unified Modeling Language) untuk mengidentifikasi interaksi antara pengguna dan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah website sistem informasi pemesanan antrean yang dapat meningkatkan efisiensi layanan, mengurangi waktu tunggu pasien, dan memberikan aksesibilitas yang lebih baik.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penerapan metode Rational Unified Process (RUP) dalam merancang dan membangun sistem informasi pemesanan antrean di Klinik Bunda Alya telah mencapai hasil yang diharapkan.Metodologi RUP memberikan kerangka kerja yang terstruktur dan iteratif, memungkinkan pengembangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Klinik Bunda Alya.Penerapan algoritma Priority Scheduling - First in First Out (FIFO) dalam sistem informasi pemesanan antrean berbasis website di Klinik Bunda Alya dapat membantu dalam mengelola pemesanan antrean secara efisien dan adil, dengan memberikan prioritas kepada pasien darurat berdasarkan tingkat urgensinya, sementara pasien non-darurat dilayani sesuai urutan kedatangan.Algoritma Priority Scheduling digunakan dalam situasi di mana ada proses baru dengan prioritas lebih tinggi, sistem dapat menghentikan sementara proses saat ini untuk memberi jalan bagi proses baru tanpa mengganggu proses yang sedang berjalan, tetapi hanya ditempatkan di bagian depan antrean, sedangkan jika memiliki prioritas yang sama maka first in first out (FIFO) sebagai solusi.Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses antrean, meminimalkan waktu tunggu, dan memberikan kenyamanan bagi semua pasien.

Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap sistem informasi pemesanan antrean yang telah dibangun. Evaluasi ini dapat mencakup pengujian kinerja sistem, analisis pengguna, dan pengumpulan umpan balik dari pengguna dan staf klinik. Selain itu, penelitian dapat fokus pada pengembangan fitur-fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi sistem. Misalnya, menambahkan fitur notifikasi untuk mengingatkan pasien tentang jadwal pemeriksaan mereka atau mengintegrasikan sistem dengan platform kesehatan digital lainnya untuk meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan penggunaan. Penelitian juga dapat mengeksplorasi strategi pemasaran dan promosi sistem informasi pemesanan antrean kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan penggunaan sistem ini di kalangan pasien. Dengan demikian, penelitian lanjutan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan kesehatan dan pengalaman pasien di Klinik Bunda Alya.

  1. Aplikasi Antrian Pasien Pada Dokter Praktek Umum Menggunakan Metode FIFO (First In First Out) Berbasis... doi.org/10.32736/sisfokom.v12i1.1478Aplikasi Antrian Pasien Pada Dokter Praktek Umum Menggunakan Metode FIFO First In First Out Berbasis doi 10 32736 sisfokom v12i1 1478
  2. Customer Service Information System Using Dynamic Priority Scheduling Algorithm At PT Sumatra Sistem... doi.org/10.55537/jistr.v2i1.324Customer Service Information System Using Dynamic Priority Scheduling Algorithm At PT Sumatra Sistem doi 10 55537 jistr v2i1 324
  3. Rancang Bangun Sistem Informasi Booking Antrian pada Klinik Berbasis Website | RESI : Jurnal Riset Sistem... doi.org/10.32795/resi.v1i2.3638Rancang Bangun Sistem Informasi Booking Antrian pada Klinik Berbasis Website RESI Jurnal Riset Sistem doi 10 32795 resi v1i2 3638
  1. #rancang bangun sistem#rancang bangun sistem
  2. #pengalaman pasien#pengalaman pasien
Read online
File size628.86 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test