KJPUPIKJPUPI

Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and Technology

Revolusi Industri ke-4 (I4) menekankan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi kompleksitas teknik modern. Makalah konseptual ini menyajikan pendekatan berorientasi masa depan untuk pengembangan kurikulum teknik, dengan menekankan penerapan Pendidikan Berbasis Hasil (OBE) dan pembelajaran berbasis proyek. Integrasi kerangka kerja utama, seperti model CDIO (Conceive-Design-Implement-Operate) dan teknik pembelajaran blended, meningkatkan pengalaman belajar. Kurikulum ini bertujuan untuk selaras dengan tujuan global, termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB dan 14 Tantangan Besar Teknik. Kurikulum inovatif dirancang untuk membangkitkan semangat mahasiswa terhadap teknik dan melibatkan mereka dengan teknologi baru, seperti manufaktur aditif dan kecerdasan buatan. Dengan melengkapi lulusan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan, kurikulum ini berusaha memberikan dampak signifikan bagi masyarakat, mendorong keberlanjutan dan menangani tantangan teknik yang kompleks. Makalah ini memberikan kontribusi terhadap bidang pendidikan teknik dengan menyediakan pendekatan komprehensif dan berpandangan masa depan dalam pengembangan kurikulum.

Revolusi Industri ke-4 (I4) menekankan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi kompleksitas teknik modern.Makalah konseptual ini menyajikan pendekatan berorientasi masa depan untuk pengembangan kurikulum teknik, dengan menekankan penerapan Pendidikan Berbasis Hasil (OBE) dan pembelajaran berbasis proyek.Integrasi kerangka kerja utama, seperti model CDIO (Conceive-Design-Implement-Operate) dan teknik pembelajaran blended, meningkatkan pengalaman belajar.Kurikulum ini bertujuan untuk selaras dengan tujuan global, termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB dan 14 Tantangan Besar Teknik.Kurikulum inovatif dirancang untuk membangkitkan semangat mahasiswa terhadap teknik dan melibatkan mereka dengan teknologi baru, seperti manufaktur aditif dan kecerdasan buatan.Dengan melengkapi lulusan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan, kurikulum ini berusaha memberikan dampak signifikan bagi masyarakat, mendorong keberlanjutan dan menangani tantangan teknik yang kompleks.Makalah ini memberikan kontribusi terhadap bidang pendidikan teknik dengan menyediakan pendekatan komprehensif dan berpandangan masa depan dalam pengembangan kurikulum.Makalah ini menyajikan pendekatan berorientasi masa depan untuk pengembangan kurikulum teknik yang mengintegrasikan Pendidikan Berbasis Hasil (OBE) dan pembelajaran berbasis proyek.Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana kurikulum berbasis OBE dan CDIO dapat secara sistematis diukur dampaknya terhadap kesiapan lulusan dalam menghadapi tantangan global, khususnya melalui studi longitudinal yang membandingkan lulusan sebelum dan sesudah penerapan kurikulum baru.Selain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan dan manufaktur aditif dalam proyek pembelajaran memengaruhi motivasi dan pemahaman konseptual mahasiswa dari generasi Z, dengan pendekatan campuran yang menggabungkan survei, wawancara, dan analisis kinerja proyek.Terakhir, sebuah studi dapat mengembangkan model evaluasi berbasis data untuk mengukur sejauh mana proyek-proyek mahasiswa yang terkait dengan SDGs atau Tantangan Besar Teknik benar-benar menghasilkan solusi yang dapat diimplementasikan di tingkat komunitas atau industri, sehingga menghubungkan pembelajaran kelas dengan dampak nyata di masyarakat.Dengan mengintegrasikan teknologi muncul seperti manufaktur aditif dan kecerdasan buatan dalam proyek-proyek pembelajaran, kurikulum ini bertujuan untuk membangkitkan semangat mahasiswa, meningkatkan keterlibatan, dan mempersiapkan insinyur yang mampu mengatasi tantangan global secara efektif.Revolusi Industri ke-4 (I4) menekankan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi kompleksitas teknik modern.Makalah konseptual ini menyajikan pendekatan berorientasi masa depan untuk pengembangan kurikulum teknik, dengan menekankan penerapan Pendidikan Berbasis Hasil (OBE) dan pembelajaran berbasis proyek.Integrasi kerangka kerja utama, seperti model CDIO (Conceive-Design-Implement-Operate) dan teknik pembelajaran blended, meningkatkan pengalaman belajar.Kurikulum ini bertujuan untuk selaras dengan tujuan global, termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB dan 14 Tantangan Besar Teknik.Kurikulum inovatif dirancang untuk membangkitkan semangat mahasiswa terhadap teknik dan melibatkan mereka dengan teknologi baru, seperti manufaktur aditif dan kecerdasan buatan.Dengan melengkapi lulusan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan, kurikulum ini berusaha memberikan dampak signifikan bagi masyarakat, mendorong keberlanjutan dan menangani tantangan teknik yang kompleks.Makalah ini memberikan kontribusi terhadap bidang pendidikan teknik dengan menyediakan pendekatan komprehensif dan berpandangan masa depan dalam pengembangan kurikulum.

Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana kurikulum berbasis OBE dan CDIO dapat secara sistematis diukur dampaknya terhadap kesiapan lulusan dalam menghadapi tantangan global, khususnya melalui studi longitudinal yang membandingkan lulusan sebelum dan sesudah penerapan kurikulum baru. Selain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan dan manufaktur aditif dalam proyek pembelajaran memengaruhi motivasi dan pemahaman konseptual mahasiswa dari generasi Z, dengan pendekatan campuran yang menggabungkan survei, wawancara, dan analisis kinerja proyek. Terakhir, sebuah studi dapat mengembangkan model evaluasi berbasis data untuk mengukur sejauh mana proyek-proyek mahasiswa yang terkait dengan SDGs atau Tantangan Besar Teknik benar-benar menghasilkan solusi yang dapat diimplementasikan di tingkat komunitas atau industri, sehingga menghubungkan pembelajaran kelas dengan dampak nyata di masyarakat.

  1. #revolusi industri 4.0#revolusi industri 4.0
  2. #kurikulum inovatif#kurikulum inovatif
File size500.35 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test