KJPUPIKJPUPI
Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and TechnologyRevolusi Industri ke-4 (I4) menekankan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi kompleksitas teknik modern. Makalah konseptual ini menyajikan pendekatan berorientasi masa depan untuk pengembangan kurikulum teknik, dengan menekankan penerapan Pendidikan Berbasis Hasil (OBE) dan pembelajaran berbasis proyek. Integrasi kerangka kerja utama, seperti model CDIO (Conceive-Design-Implement-Operate) dan teknik pembelajaran blended, meningkatkan pengalaman belajar. Kurikulum ini bertujuan untuk selaras dengan tujuan global, termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB dan 14 Tantangan Besar Teknik. Kurikulum inovatif dirancang untuk membangkitkan semangat mahasiswa terhadap teknik dan melibatkan mereka dengan teknologi baru, seperti manufaktur aditif dan kecerdasan buatan. Dengan melengkapi lulusan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan, kurikulum ini berusaha memberikan dampak signifikan bagi masyarakat, mendorong keberlanjutan dan menangani tantangan teknik yang kompleks. Makalah ini memberikan kontribusi terhadap bidang pendidikan teknik dengan menyediakan pendekatan komprehensif dan berpandangan masa depan dalam pengembangan kurikulum.
Revolusi Industri ke-4 (I4) menekankan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi kompleksitas teknik modern.Makalah konseptual ini menyajikan pendekatan berorientasi masa depan untuk pengembangan kurikulum teknik, dengan menekankan penerapan Pendidikan Berbasis Hasil (OBE) dan pembelajaran berbasis proyek.Integrasi kerangka kerja utama, seperti model CDIO (Conceive-Design-Implement-Operate) dan teknik pembelajaran blended, meningkatkan pengalaman belajar.Kurikulum ini bertujuan untuk selaras dengan tujuan global, termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB dan 14 Tantangan Besar Teknik.Kurikulum inovatif dirancang untuk membangkitkan semangat mahasiswa terhadap teknik dan melibatkan mereka dengan teknologi baru, seperti manufaktur aditif dan kecerdasan buatan.Dengan melengkapi lulusan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan, kurikulum ini berusaha memberikan dampak signifikan bagi masyarakat, mendorong keberlanjutan dan menangani tantangan teknik yang kompleks.Makalah ini memberikan kontribusi terhadap bidang pendidikan teknik dengan menyediakan pendekatan komprehensif dan berpandangan masa depan dalam pengembangan kurikulum.Makalah ini menyajikan pendekatan berorientasi masa depan untuk pengembangan kurikulum teknik yang mengintegrasikan Pendidikan Berbasis Hasil (OBE) dan pembelajaran berbasis proyek.Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana kurikulum berbasis OBE dan CDIO dapat secara sistematis diukur dampaknya terhadap kesiapan lulusan dalam menghadapi tantangan global, khususnya melalui studi longitudinal yang membandingkan lulusan sebelum dan sesudah penerapan kurikulum baru.Selain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan dan manufaktur aditif dalam proyek pembelajaran memengaruhi motivasi dan pemahaman konseptual mahasiswa dari generasi Z, dengan pendekatan campuran yang menggabungkan survei, wawancara, dan analisis kinerja proyek.Terakhir, sebuah studi dapat mengembangkan model evaluasi berbasis data untuk mengukur sejauh mana proyek-proyek mahasiswa yang terkait dengan SDGs atau Tantangan Besar Teknik benar-benar menghasilkan solusi yang dapat diimplementasikan di tingkat komunitas atau industri, sehingga menghubungkan pembelajaran kelas dengan dampak nyata di masyarakat.Dengan mengintegrasikan teknologi muncul seperti manufaktur aditif dan kecerdasan buatan dalam proyek-proyek pembelajaran, kurikulum ini bertujuan untuk membangkitkan semangat mahasiswa, meningkatkan keterlibatan, dan mempersiapkan insinyur yang mampu mengatasi tantangan global secara efektif.Revolusi Industri ke-4 (I4) menekankan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi kompleksitas teknik modern.Makalah konseptual ini menyajikan pendekatan berorientasi masa depan untuk pengembangan kurikulum teknik, dengan menekankan penerapan Pendidikan Berbasis Hasil (OBE) dan pembelajaran berbasis proyek.Integrasi kerangka kerja utama, seperti model CDIO (Conceive-Design-Implement-Operate) dan teknik pembelajaran blended, meningkatkan pengalaman belajar.Kurikulum ini bertujuan untuk selaras dengan tujuan global, termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB dan 14 Tantangan Besar Teknik.Kurikulum inovatif dirancang untuk membangkitkan semangat mahasiswa terhadap teknik dan melibatkan mereka dengan teknologi baru, seperti manufaktur aditif dan kecerdasan buatan.Dengan melengkapi lulusan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan, kurikulum ini berusaha memberikan dampak signifikan bagi masyarakat, mendorong keberlanjutan dan menangani tantangan teknik yang kompleks.Makalah ini memberikan kontribusi terhadap bidang pendidikan teknik dengan menyediakan pendekatan komprehensif dan berpandangan masa depan dalam pengembangan kurikulum.
Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana kurikulum berbasis OBE dan CDIO dapat secara sistematis diukur dampaknya terhadap kesiapan lulusan dalam menghadapi tantangan global, khususnya melalui studi longitudinal yang membandingkan lulusan sebelum dan sesudah penerapan kurikulum baru. Selain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan dan manufaktur aditif dalam proyek pembelajaran memengaruhi motivasi dan pemahaman konseptual mahasiswa dari generasi Z, dengan pendekatan campuran yang menggabungkan survei, wawancara, dan analisis kinerja proyek. Terakhir, sebuah studi dapat mengembangkan model evaluasi berbasis data untuk mengukur sejauh mana proyek-proyek mahasiswa yang terkait dengan SDGs atau Tantangan Besar Teknik benar-benar menghasilkan solusi yang dapat diimplementasikan di tingkat komunitas atau industri, sehingga menghubungkan pembelajaran kelas dengan dampak nyata di masyarakat.
| File size | 500.35 KB |
| Pages | 16 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
HTPHTP Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dukungan emosional keluarga terhadap depresi pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruhPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dukungan emosional keluarga terhadap depresi pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh
HTPHTP Hasil literature review ini yaitu bahwa pelatihan dan pengembangan perlu dilaksanakan secara adil, transparan dan dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasilHasil literature review ini yaitu bahwa pelatihan dan pengembangan perlu dilaksanakan secara adil, transparan dan dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil
APTISIAPTISI Cryptocurrency adalah mata uang digital yang desentralisasi, yaitu tidak ada pihak ketiga yang menjadi perantara dalam proses transaksi. CryptocurrencyCryptocurrency adalah mata uang digital yang desentralisasi, yaitu tidak ada pihak ketiga yang menjadi perantara dalam proses transaksi. Cryptocurrency
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Kreativitas dapat dipelajari dan ditingkatkan. Salah satu cara dalam meningkatkan kreativitas adalah melalui pembelajaran musik. Penelitian ini menggunakanKreativitas dapat dipelajari dan ditingkatkan. Salah satu cara dalam meningkatkan kreativitas adalah melalui pembelajaran musik. Penelitian ini menggunakan
Useful /
MKRIMKRI Tren legislasi otokratik dewasa ini mengalami diversifikasi pada level perubahan konstitusi. Perubahan konstitusi yang dahulunya dipahami sebagai instrumenTren legislasi otokratik dewasa ini mengalami diversifikasi pada level perubahan konstitusi. Perubahan konstitusi yang dahulunya dipahami sebagai instrumen
APTISIAPTISI Seiring dengan perkembangan pesat teknologi di dunia, terutama di industri, salah satunya adalah blockchain yang merupakan teknologi baru dengan perkembanganSeiring dengan perkembangan pesat teknologi di dunia, terutama di industri, salah satunya adalah blockchain yang merupakan teknologi baru dengan perkembangan
ESDMESDM Batupasir Lati tersusun atas litarenit, litarenit felspatis, sublitarenit, wake felspatis litik, yang sebagian bersifat gampingan. Proses diagenesis yangBatupasir Lati tersusun atas litarenit, litarenit felspatis, sublitarenit, wake felspatis litik, yang sebagian bersifat gampingan. Proses diagenesis yang
UGMUGM Studi ini juga menunjukkan bahwa praktik _corporate governance_ berpengaruh positif pada kinerja bank, tetapi tidak sebaliknya, serta praktik _corporateStudi ini juga menunjukkan bahwa praktik _corporate governance_ berpengaruh positif pada kinerja bank, tetapi tidak sebaliknya, serta praktik _corporate