LAPANLAPAN
Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi DirgantaraGetaran yang timbul pada saat roket terbang dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik, sehingga dalam merancang sebuah roket perlu diuji sampai sejauh mana peralatan elektronik tersebut mampu menerima getaran. Berdasarkan pengalaman pada saat peluncuran roket selama ini, alat GPS (Global of Positioning System) yang terdapat pada muatan roket mengalami gangguan pada saat roket mengalami G-force sebesar 10 gravitasi Bumi, sehingga pada saat itu sulit untuk melacak keberadaan roket tersebut. Untuk itu dirancang sebuah sistem peredam getaran pada alat GPS roket RX 320 -LAPAN yang mampu menerima getaran sampai dengan 15 kali gravitasi Bumi. Hasil perancangan dengan perbandingan dua amplitudo berurutan X1 / X2 = 1 / 0.2, kekakuan pegas k = 12000 N/m dan massa GPS m = 0.3 kg dengan percepatan sebesar 15 g, maka didapat nilai koefisien redaman c = 24 N/m/detik dan amplitude resonansi X = 9.2 mm.
Berdasarkan perancangan yang dilakukan, diperoleh beberapa simpulan.Pertama, perancangan sistem peredam getaran pada muatan roket RX-320 LAPAN dengan perbandingan amplitudo X1/X2 = 1/0.2, kekakuan pegas k = 12000 N/m, dan massa GPS m = 0.3 kg menghasilkan koefisien redaman c = 24 N/m/detik.Kedua, pada percepatan 15 g, perhitungan menghasilkan amplitudo resonansi pada GPS sebesar X = 9.Ketiga, kombinasi nilai k = 12000 N/m, c = 24 N/m/detik, m = 0.3 kg, dan percepatan 15 g menghasilkan amplitudo resonansi X = 9,2 mm, yang dapat digunakan untuk meredam getaran pada alat GPS muatan roket RX 320 LAPAN.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi beberapa aspek terkait peredaman getaran pada roket. Pertama, studi tentang pengaruh variasi jenis material pada sistem peredam terhadap efektivitas peredaman getaran, terutama pada frekuensi tinggi yang mungkin timbul selama peluncuran roket, akan sangat bermanfaat. Kedua, investigasi lebih lanjut mengenai optimasi desain geometri dari sistem peredam getaran, dengan mempertimbangkan batasan ruang dan berat pada muatan roket, dapat menghasilkan solusi peredaman yang lebih efisien. Ketiga, penelitian tentang penerapan teknologi active vibration control pada sistem peredam roket, dengan memanfaatkan sensor dan aktuator untuk merespons getaran secara dinamis, berpotensi meningkatkan kinerja peredaman secara signifikan dibandingkan dengan sistem pasif konvensional. Studi ini dapat mengarah pada pengembangan sistem peredam getaran yang lebih adaptif dan efektif untuk aplikasi roket di masa depan.
| File size | 116.82 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
LAPANLAPAN Tes dilakukan di UPT – Laboratorium Aero Gasdinamika dan Getaran (LAGG) – BPPT, PUSPIPTEK, Serpong. Uji terowongan angin model kapal bersayap dilakukanTes dilakukan di UPT – Laboratorium Aero Gasdinamika dan Getaran (LAGG) – BPPT, PUSPIPTEK, Serpong. Uji terowongan angin model kapal bersayap dilakukan
LAPANLAPAN Untuk melakukan analisis karakteristik dinamik akan digunakan perangkat lunak berbasis Metoda Elemen Hingga. Dari hasil analisis modus normal strukturUntuk melakukan analisis karakteristik dinamik akan digunakan perangkat lunak berbasis Metoda Elemen Hingga. Dari hasil analisis modus normal struktur
LAPANLAPAN Suatu algoritma diperlukan untuk mengenali pola bintang yang ditangkap oleh sensor dan melakukan perhitungan posisinya. Algoritma yang akurat dan efisienSuatu algoritma diperlukan untuk mengenali pola bintang yang ditangkap oleh sensor dan melakukan perhitungan posisinya. Algoritma yang akurat dan efisien
LAPANLAPAN Radio tracking bekerja dengan melakukan estimasi arah sumber pancaran (sudut elevasi dan azimut). Dalam pengukuran dan uji coba dijumpai banyak kendalaRadio tracking bekerja dengan melakukan estimasi arah sumber pancaran (sudut elevasi dan azimut). Dalam pengukuran dan uji coba dijumpai banyak kendala
Useful /
LIFESCIFILIFESCIFI Indikator pengaruh terendah adalah H2 atau harga sepeda motor Honda Vario lebih murah dari kompetitornya.menurut responden, harga yang ditawarkan tidakIndikator pengaruh terendah adalah H2 atau harga sepeda motor Honda Vario lebih murah dari kompetitornya.menurut responden, harga yang ditawarkan tidak
LIFESCIFILIFESCIFI Analisis regresi logistik mengungkap bahwa rasio efisiensi (OEOI) dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) berpengaruh signifikan negatif terhadap kesehatanAnalisis regresi logistik mengungkap bahwa rasio efisiensi (OEOI) dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) berpengaruh signifikan negatif terhadap kesehatan
LAPANLAPAN Hal tersebut berdasarkan nilai CF yang dimiliki SKEA merek NEG-Micon tipe NM 600-48 yaitu 44,27 %. Dari hasil simulasi diperlihatkan bahwa kinerja SKEAHal tersebut berdasarkan nilai CF yang dimiliki SKEA merek NEG-Micon tipe NM 600-48 yaitu 44,27 %. Dari hasil simulasi diperlihatkan bahwa kinerja SKEA
LAPANLAPAN Putaran spin dan gaya hambat sirip pada kecepatan terbang 3 Mach masing-masing sebesar 36 rps dan 16,6 kg. Spin meningkat seiring kecepatan terbang, mencapaiPutaran spin dan gaya hambat sirip pada kecepatan terbang 3 Mach masing-masing sebesar 36 rps dan 16,6 kg. Spin meningkat seiring kecepatan terbang, mencapai