UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Pembelajaran berbasis tugas (TBL) telah diperbincangkan secara luas di antara para peneliti belakangan ini. Implementasi dari metode ini telah terbukti bermanfaat untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian survey ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa SMK terhadap penggunaan TBL dalam kelas berbicara. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan ke 103 siswa kelas 11 program Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada salah satu SMK di Kota Kediri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para siswa memberi respon positif pada penggunaan TBL untuk belajar bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus karena mereka merasa santai ketika diajarkan bahasa Inggris menggunakan TBL, merasa termotivasi untuk belajar bahasa Inggris menggunakan TBL, dan merasa bahwa TBL harus lebih banyak digunakan selama kelas bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga dapat melihat diri mereka meningkat dalam keterampilan berbicara, dalam hal kefasihan, pengucapan, tata bahasa, dan kosa kata. Jadi, disarankan bagi para guru bahasa Inggris lebih sering mengimplementasikan dan mengeksplor aktivitas pembelajaran berbasis tugas, sedangkan para peneliti selanjutnya dapat mengeksplor kesulitan yang dialami siswa SMK ketika belajar bahasa Inggris menggunakan TBL.

Task-based Learning creates meaningful learning in the classroom.Each activity should be done with the expectation that it would provide something useful for the students needs.According to the findings of this study, the vocational students agreed that learning using TBL could boost their motivation to learn English for Specific Purposes.Furthermore, they also agreed that implementing TBL helped them develop their speaking skills.Thus, it is recommended that English teachers utilize TBL in their classes to teach English.In this research, the task-based activities were limited to discussions and presentations, so the teachers may broaden the variation of the task-based activities while teaching the students.Moreover, the researchers also come up with a recommendation for future researchers to explore students difficulties in learning English when their teachers implement TBL.

Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk melakukan studi komparatif antara metode TBL dengan metode pembelajaran bahasa Inggris lainnya, seperti metode komunikatif atau metode berbasis tugas lainnya. Penelitian ini dapat dilakukan dengan membandingkan hasil belajar dan motivasi siswa yang menggunakan TBL dengan siswa yang menggunakan metode lain. Selain itu, penelitian lanjutan juga dapat fokus pada pengembangan materi dan aktivitas TBL yang lebih variatif dan menarik, serta mengeksplorasi kesulitan yang dialami siswa dalam belajar bahasa Inggris menggunakan TBL. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang lebih luas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di sekolah vokasi.

  1. doiFil / Faculty of Philology, University of Belgrade. doifil faculty philology university belgrade issues... doi.fil.bg.ac.rs/volume.php?pt=journals&issue=esptoday-2022-10-2&i=1doiFil Faculty of Philology University of Belgrade doifil faculty philology university belgrade issues doi fil bg ac rs volume php pt journals issue esptoday 2022 10 2 i 1
  2. Task-based Language Teaching to Develop Malay Language Speaking Skills of Primary 5 Singaporean Students... ejournal.upi.edu/index.php/ije/article/view/27140Task based Language Teaching to Develop Malay Language Speaking Skills of Primary 5 Singaporean Students ejournal upi edu index php ije article view 27140
  3. Task-Based Learning: An Effective Way of Developing Communication Skills | International Journal of Social... ijsses.tiu.edu.iq/index.php/ijsses/article/view/442Task Based Learning An Effective Way of Developing Communication Skills International Journal of Social ijsses tiu edu iq index php ijsses article view 442
  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #siswa kelas iii#siswa kelas iii
File size705.92 KB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test