UNIBUNIB
Journal of Applied Linguistics and LiteratureJournal of Applied Linguistics and LiteratureSelama beberapa dekade terakhir, para ahli yang peduli dengan bahasa dan pendidikan telah mempelajari hubungan antara sikap remaja dan pembelajaran bahasa asing. Topik ini telah menjadi bidang studi penting dalam bidang linguistik terapan terutama dari perspektif psikologis. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Young Life and Times (YLT) dan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain cross-sectional. Uji Chi-Square digunakan untuk menguji lima hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Studi ini menemukan bahwa jenis kelamin dan lokasi tempat tinggal merupakan faktor signifikan yang berhubungan dengan sikap remaja berusia 16 tahun terhadap pembelajaran bahasa asing. Sebaliknya, penelitian ini menemukan bahwa tidak ada bukti perbedaan yang signifikan secara statistik di antara tiga variabel lainnya (kemakmuran keluarga, jenis sekolah yang dihadiri dan agama) dalam kaitannya dengan sikap orang-orang muda terhadap bahasa asing. Temuan ini mungkin berguna sebagai refleksi tentang bagaimana kebijakan pembelajaran bahasa modern saat ini diterapkan dan bagaimana remaja khususnya dalam konteks Irlandia Utara menanggapi kebijakan tersebut.
Studi ini menemukan bahwa jenis kelamin dan lokasi tempat tinggal merupakan faktor signifikan yang berhubungan dengan sikap remaja berusia 16 tahun terhadap pembelajaran bahasa asing.Sebaliknya, tidak ditemukan bukti perbedaan signifikan secara statistik pada variabel kemakmuran keluarga, jenis sekolah, dan agama terhadap sikap remaja terhadap bahasa asing.Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang sikap remaja terhadap pembelajaran bahasa asing berdasarkan karakteristik yang diteliti, yang dapat menjadi bahan evaluasi implementasi kebijakan pembelajaran bahasa modern di Irlandia Utara.
Penelitian lanjutan dapat menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor psikologis yang mendasari perbedaan sikap antara remaja laki-laki dan perempuan terhadap pembelajaran bahasa asing, misalnya dengan studi kualitatif mendalam mengenai motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Studi komparatif lintas budaya juga menarik untuk dilakukan, membandingkan sikap remaja di Irlandia Utara dengan kelompok usia serupa di negara lain, khususnya dengan profil sosial-ekonomi yang berbeda, untuk mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual yang memengaruhi sikap terhadap pembelajaran bahasa. Lebih jauh lagi, penelitian perlu menjajaki bagaimana program dan intervensi pendidikan yang dirancang khusus dapat mengubah sikap negatif remaja terhadap bahasa asing, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan, sehingga mendukung keberhasilan implementasi kebijakan pembelajaran bahasa yang inklusif dan merata.
| File size | 390.9 KB |
| Pages | 20 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Penerapan pendidikan multikultural dapat dilakukan melalui pengembangan kurikulum yang memperhatikan keberagaman, penggunaan sumber belajar yang representatif,Penerapan pendidikan multikultural dapat dilakukan melalui pengembangan kurikulum yang memperhatikan keberagaman, penggunaan sumber belajar yang representatif,
UTMUTM Era digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuanEra digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuan
UTMUTM Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya dan perlunya pelatihan guru secara berkelanjutan. Artikel ini merekomendasikan pembentukanNamun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya dan perlunya pelatihan guru secara berkelanjutan. Artikel ini merekomendasikan pembentukan
UTMUTM Makalah ini mengkaji tiga aliran filosofis pendidikan yang menonjol—Esensialisme, Perenialisme, dan Progresivisme—dan menganalisis implikasinya terhadapMakalah ini mengkaji tiga aliran filosofis pendidikan yang menonjol—Esensialisme, Perenialisme, dan Progresivisme—dan menganalisis implikasinya terhadap
Useful /
UTMUTM Design penelitian adalah qualitative. Ada enam temuan utama yang meliputi menenangkan emosi penonton, memberikan semangat untuk selamat dari bencana, mendorongDesign penelitian adalah qualitative. Ada enam temuan utama yang meliputi menenangkan emosi penonton, memberikan semangat untuk selamat dari bencana, mendorong
UTMUTM Hakikat pendidikan sebagai sarana untuk memahami dan menghargai keberagaman budaya dalam fitrah manusia. Dalam era globalisasi, pendidikan tidak hanyaHakikat pendidikan sebagai sarana untuk memahami dan menghargai keberagaman budaya dalam fitrah manusia. Dalam era globalisasi, pendidikan tidak hanya
UIDUID Ruang lingkup penilitian ini adalah menggunakan tata cara penilitian normatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Fungsi PengawasanRuang lingkup penilitian ini adalah menggunakan tata cara penilitian normatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Fungsi Pengawasan
UNIBUNIB Saat ini, terdapat banyak masalah penerjemahan meskipun aplikasi perangkat lunak untuk membantu penerjemahan telah tersedia. Tujuan dari penelitian iniSaat ini, terdapat banyak masalah penerjemahan meskipun aplikasi perangkat lunak untuk membantu penerjemahan telah tersedia. Tujuan dari penelitian ini