UNIBUNIB

Journal of Applied Linguistics and LiteratureJournal of Applied Linguistics and Literature

Selama beberapa dekade terakhir, para ahli yang peduli dengan bahasa dan pendidikan telah mempelajari hubungan antara sikap remaja dan pembelajaran bahasa asing. Topik ini telah menjadi bidang studi penting dalam bidang linguistik terapan terutama dari perspektif psikologis. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Young Life and Times (YLT) dan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain cross-sectional. Uji Chi-Square digunakan untuk menguji lima hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Studi ini menemukan bahwa jenis kelamin dan lokasi tempat tinggal merupakan faktor signifikan yang berhubungan dengan sikap remaja berusia 16 tahun terhadap pembelajaran bahasa asing. Sebaliknya, penelitian ini menemukan bahwa tidak ada bukti perbedaan yang signifikan secara statistik di antara tiga variabel lainnya (kemakmuran keluarga, jenis sekolah yang dihadiri dan agama) dalam kaitannya dengan sikap orang-orang muda terhadap bahasa asing. Temuan ini mungkin berguna sebagai refleksi tentang bagaimana kebijakan pembelajaran bahasa modern saat ini diterapkan dan bagaimana remaja khususnya dalam konteks Irlandia Utara menanggapi kebijakan tersebut.

Studi ini menemukan bahwa jenis kelamin dan lokasi tempat tinggal merupakan faktor signifikan yang berhubungan dengan sikap remaja berusia 16 tahun terhadap pembelajaran bahasa asing.Sebaliknya, tidak ditemukan bukti perbedaan signifikan secara statistik pada variabel kemakmuran keluarga, jenis sekolah, dan agama terhadap sikap remaja terhadap bahasa asing.Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang sikap remaja terhadap pembelajaran bahasa asing berdasarkan karakteristik yang diteliti, yang dapat menjadi bahan evaluasi implementasi kebijakan pembelajaran bahasa modern di Irlandia Utara.

Penelitian lanjutan dapat menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor psikologis yang mendasari perbedaan sikap antara remaja laki-laki dan perempuan terhadap pembelajaran bahasa asing, misalnya dengan studi kualitatif mendalam mengenai motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Studi komparatif lintas budaya juga menarik untuk dilakukan, membandingkan sikap remaja di Irlandia Utara dengan kelompok usia serupa di negara lain, khususnya dengan profil sosial-ekonomi yang berbeda, untuk mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual yang memengaruhi sikap terhadap pembelajaran bahasa. Lebih jauh lagi, penelitian perlu menjajaki bagaimana program dan intervensi pendidikan yang dirancang khusus dapat mengubah sikap negatif remaja terhadap bahasa asing, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan, sehingga mendukung keberhasilan implementasi kebijakan pembelajaran bahasa yang inklusif dan merata.

  1. Journal of Applied Linguistics and Literature. northern irish adolescents attitudes towards learning... ejournal.unib.ac.id/joall/article/view/7387Journal of Applied Linguistics and Literature northern irish adolescents attitudes towards learning ejournal unib ac joall article view 7387
  1. #pembelajaran bahasa jawa#pembelajaran bahasa jawa
File size390.9 KB
Pages20
DMCAReportReport

ads-block-test