IPBIPB
Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management)Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management)Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kebijakan guna melestarikan fungsi sumber daya lingkungan yang berkaitan dengan pemanfaatan danau. Metode deskriptif dengan teknik survei melalui observasi digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang memahami masalah tersebut. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap kegiatan yang dilakukan secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Lembaga yang terlibat dalam pengelolaan Danau Maninjau terdiri dari pemerintah pusat hingga LSM, dengan Badan Pengelola Kawasan Danau Maninjau (BPKDM) sebagai peubah kunci.Tujuan yang ingin dicapai meliputi pemahaman nilai-nilai danau, pelestarian keanekaragaman hayati, serta pengelolaan perikanan yang baik.Kendala utama meliputi rendahnya pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai danau dan kurangnya koordinasi antar instansi.
Perlu adanya peran aktif tokoh masyarakat dan pemuka agama dalam menyosialisasikan nilai-nilai danau sebagai ciptaan Tuhan yang harus dilindungi. Pemerintah daerah perlu berperan aktif dalam memediasi masalah yang timbul dalam pemanfaatan Danau Maninjau. Selain itu, pemerintah harus lebih serius dalam menetapkan regulasi yang bertanggung jawab dalam pengelolaan danau.
| File size | 171.45 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Subyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tesSubyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa, yang ditunjukkan oleh perbedaan nilaiHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa, yang ditunjukkan oleh perbedaan nilai
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MA Darul Aminin NW Aikmual. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil keterampilan proses pembelajaran.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MA Darul Aminin NW Aikmual. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil keterampilan proses pembelajaran.
NEWINERANEWINERA Implementasi SIRANSIJA berdasarkan Peraturan Gubernur Gorontalo Nomor 50 Tahun 2016 dalam hal disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) telah efektif dalamImplementasi SIRANSIJA berdasarkan Peraturan Gubernur Gorontalo Nomor 50 Tahun 2016 dalam hal disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) telah efektif dalam
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Instrumen penelitian ini telah melalui uji reliabilitas dengan Cronbachs alpha untuk memastikan konsistensi dengan menggunakan instrumen berupa lembarInstrumen penelitian ini telah melalui uji reliabilitas dengan Cronbachs alpha untuk memastikan konsistensi dengan menggunakan instrumen berupa lembar
LIFESCIFILIFESCIFI Penelitian ini memiliki keterbatasan karena data kesehatan bank mencerminkan kondisi tahun sebelumnya dan nilai R² yang rendah (0,501) menunjukkan adanyaPenelitian ini memiliki keterbatasan karena data kesehatan bank mencerminkan kondisi tahun sebelumnya dan nilai R² yang rendah (0,501) menunjukkan adanya
NEWINERANEWINERA Kontribusi makalah ini adalah dalam menyelidiki ergonomi kursi kayu tradisional dan mendemonstrasikan metode heuristik untuk mengukur parameter ergonomiKontribusi makalah ini adalah dalam menyelidiki ergonomi kursi kayu tradisional dan mendemonstrasikan metode heuristik untuk mengukur parameter ergonomi
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaranHasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaran