MDPMDP

FORDICATEFORDICATE

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, perkembangan di bidang ini terus mengalami peningkatan yang pesat, salah satunya teknologi dalam game. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar dan praktik pengembangan desain game menggunakan teknologi web, yaitu HTML, CSS, dan JavaScript. Pada pelatihan ini Siswa SMA Negeri 3 Palembang menggunakan platform CodePen sebagai media pembelajaran dengan metode teori dan praktek, CodePen merupakan sebuah website untuk menampilkan game dari coding yang dibuat. Dengan CodePen, struktur dan tampilan dapat memungkinkan peserta untuk membuat, menguji, dan berbagi kode secara interaktif dalam satu lingkungan kerja yang terintegrasi. Pada proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenal teknologi pengembangan game berbasis web kepada peserta, meningkatkan pemahaman peserta terhadap dasar-dasar desain dan logika dalam pembuatan game, dan mengasah kreativitas. Pada pelatihan ini rata-rata hasil yang didapatkan dari Pre Test sebesar 11,4 dan rata-rata hasil yang didapatkan Post Test sebesar 45,34.

Siswa-siswi SMA Negeri 3 Palembang mampu memahami materi yang disampaikan dan dapat mempraktikkannya secara langsung dengan baik.Pelatihan ini berhasil meningkatkan minat peserta terhadap informatika, khususnya dalam pembuatan game menggunakan coding.Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan lancar tanpa kendala dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pertama, perlu dikaji lebih lanjut bagaimana penerapan pelatihan desain game dengan pendekatan analogi tubuh manusia memengaruhi pemahaman konsep pemrograman bagi siswa sekolah menengah, terutama dalam membedakan peran HTML, CSS, dan JavaScript secara konseptual. Kedua, dapat dilakukan penelitian untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif berbasis proyek game yang lebih kompleks, seperti game berbasis cerita atau petualangan, guna menilai peningkatan keterampilan logika dan kreativitas siswa secara lebih mendalam. Ketiga, perlu dikaji dampak jangka panjang pelatihan ini terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi atau karier di bidang teknologi informasi, serta sejauh mana keterampilan yang diperoleh masih diingat dan digunakan setelah beberapa bulan pasca pelatihan, sehingga dapat dikembangkan model pelatihan berkelanjutan yang lebih efektif.

  1. #siswa siswi sma#siswa siswi sma
File size442.25 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test