EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah dalam mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA pada Pokok Bahasan Gerak Benda dan Makhluk Hidup di lingkungan sekitar Siswa Kelas VIII A Semester Ganjil MTsN 1 Purwakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada bulan Juli s.d Nopember 2021 dengan 2 siklus terdapat temuan-temuan berikut: 1) kinerja guru meningkat sebesar 25 % dari siklus 1 (62,50%) ke siklus 2 (87,50%); 2) aktifitas kegiatan siswa meningkat 30,88% dari siklus 1 (54,41%) ke siklus 2 (85,29%); 3) rata-rata prestasi belajar dari Pra PTK ke Siklus 1 meningkat sebesar 8,31 sehingga rata-rata prestasi belajar pada Pra PTK 68,53 menjadi 76,84 pada siklus 1; dan 4) rata-rata prestasi belajar dari Sikulus 1 ke Siklus 2 meningkat sebesar 2,44 sehingga rata-rata prestasi belajar pada siklus 1 sebesar 76,84 menjadi 79,28 pada siklus 2.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan pada mata pelajaran IPA.Selain itu, metode ini juga terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Peningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan kinerja guru, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan rata-rata nilai dan jumlah siswa yang tuntas belajar dari siklus ke siklus.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menginvestigasi pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan instrumen penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur efektivitas metode pembelajaran berbasis masalah secara lebih akurat. Ketiga, penelitian dapat dilakukan dengan melibatkan lebih banyak sekolah dan siswa untuk memperluas generalisasi temuan penelitian ini. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan metode pembelajaran IPA yang lebih efektif dan inovatif, serta meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Dengan demikian, siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar IPA dan mencapai prestasi yang lebih baik.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size905.03 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test