EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan siswa dalam melakukan passing bawah melalui penerapan latihan wall ball pada permainan bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas VI SDN Baratan 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus yang disesuaikan dengan jumlah jam tatap muka pada jam pelajaran olahraga dan kesehatan. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan latihan wall ball terhadap keterampilan siswa menghasilkan passing bawah yang baik dan benar serta prestasi yang terus meningkat. Semakin sering latihan wall ball semakin baik dan benar dalam melakukan passing bawah. Hasil tes awal pada siklus pertama di bandingkan dengan hasil akhir pada pelaksanaan siklus kedua untuk passing bawah lebih baik dan ada peningkatan terhadap kualitas passingnya.

Berdasarkan uraian yang telah disampaikan, dapat disimpulkan bahwa penerapan latihan wall ball terhadap kemampuan melakukan passing bawah perlu dilakukan secara baik, teratur dan berulang-ulang agar dapat dicapai hasil passing bawah yang baik dan benar serta prestasi yang terus meningkat.Semakin sering latihan wall ball semakin baik dan benar dalam melakukan passing bawah.Hasil tes awal pada siklus pertama di bandingkan dengan hasil akhir pada pelaksanaan siklus kedua untuk passing bawah lebih baik dan ada peningkatan terhadap kualitas passingnya.

Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi efektivitas variasi latihan wall ball yang berbeda, seperti dengan penambahan beban atau perubahan sudut lemparan, untuk melihat apakah variasi tersebut dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi passing bawah siswa lebih lanjut. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang memengaruhi keterampilan passing bawah siswa, seperti tingkat motivasi, kondisi fisik, atau kualitas instruksi guru, sehingga dapat dirancang program pelatihan yang lebih komprehensif. Ketiga, penelitian dapat memperluas cakupan penelitian dengan melibatkan siswa dari berbagai tingkatan kelas atau sekolah untuk melihat apakah hasil yang diperoleh konsisten di berbagai konteks.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size754.7 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test