EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Abilityrendahnya. . Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa. dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Subjek. dari penelitian ini siswa kelas XII IPS 1,2,3 MAN 3 Cianjur pada. semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada mata pelajaran. Ekonomi. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar. pengamatan berupa lembar pengamatan terfokus, (2) Tes hasil. belajar ekonomi dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil. penelitian dan pembahasannya diatas, setelah dilakukan tindakan. berupa penggunaan media pembelajaran berbasis TIK pada. tingkat. pelajaran ekonomi untuk mengatasi. pemahaman konsep siswa dapat dibuat beberapa kesimpulan. sebagai berikut: a) Terdapat perbedaan tingkat pemahaman. konsep siswa antara sebelum menggunakan media pembelajaran. berbasis TIK dan sesudah menggunakan media pembelajaran. berbasis TIK; b) Media pembelajaran berbasis TIK berpengaruh. positif terhadap peningkatan hasil belajar dan pemahaman. konsep peserta didik; c) Tingkat efektifitas penggunaan media. yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK lebih efektif. dibanding penggunaan media pembelajaran konvensional dalam. meningkatkan pemahaman konsep siswa; d) Penggunaan media. pembelajaran berbasis TIK membuat KBM lebih menarik, bahan. ajar menjadi lebih interaktif, waktu yang dibutuhkan dalam KBM. lebih cepat ketika menggunakan media, kualitas hasil belajar. dapat meningkat ketika rancangan media tepat, KBM dapat. dilakukan dimana saja dan kapan saja, media dapat meningkatkan. sikap positif peserta didik terhadap bahan ajar dan KBM, dan. peran pendidik akan lebih variatif; e) Media pembelajaran. berbasis TIK merupakan sarana penunjang pembelajaran.
Penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XII IPS MAN 3 Cianjur, serta lebih efektif dibandingkan media konvensional.Media berbasis TIK juga menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, efisien dari segi waktu, dapat diterapkan fleksibel di mana saja dan kapan saja, serta meningkatkan sikap positif peserta didik dan variasi peran pendidik.Oleh karena itu, media berbasis TIK, seperti presentasi Microsoft PowerPoint, direkomendasikan sebagai sarana penunjang pembelajaran yang sederhana dan mudah diterapkan.
Dalam penelitian lanjutan, pertama, dapat dikaji secara komparatif efektivitas berbagai jenis media pembelajaran berbasis TIK—misalnya multimedia interaktif, video animasi edukatif, dan presentasi PowerPoint—dalam meningkatkan pemahaman konsep ekonomi siswa, sehingga diperoleh data konkret mengenai karakteristik media TIK yang paling sesuai untuk setiap topik materi dan gaya belajar siswa. Kedua, penting untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media berbasis TIK terhadap retensi jangka panjang pemahaman konsep ekonomi, dengan merancang studi longitudinal yang melakukan pengukuran tidak hanya segera setelah pembelajaran, tetapi juga beberapa minggu atau bulan kemudian untuk menilai daya tahan ingatan konseptual siswa. Ketiga, perlu diperluas penelitian ke mata pelajaran lain seperti matematika atau geografi dan ke jenjang kelas yang berbeda, mulai sekolah menengah pertama hingga atas, untuk menilai konsistensi temuan tentang efektivitas media TIK pada berbagai konteks kurikulum. Dengan menggabungkan ketiga ide ini, penelitian selanjutnya dapat memberikan gambaran lebih menyeluruh tentang peran media TIK dalam pembelajaran, membantu pendidik memilih dan mengembangkan media sesuai kebutuhan materi, karakteristik siswa, dan konteks pengajaran secara lebih tepat.
| File size | 672.2 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
EDUPEDEDUPED Pembelajaran dengan metode belajar menggunakan model pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia memiliki dampak positif dalamPembelajaran dengan metode belajar menggunakan model pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia memiliki dampak positif dalam
EDUPEDEDUPED Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswaJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
EDUPEDEDUPED Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan angket. Hasil belajar individual dikatakan tuntas jika nilai individual sama dengan atau lebih besarTeknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan angket. Hasil belajar individual dikatakan tuntas jika nilai individual sama dengan atau lebih besar
EDUPEDEDUPED Metode pembelajaran terus dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi tidak hanya pada materi cara mengatasiMetode pembelajaran terus dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi tidak hanya pada materi cara mengatasi
Useful /
EDUPEDEDUPED Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, kemampuan guru tergolong kurang dengan nilai rata-rata 44,00. Pada siklus I meningkat menjadi 66,83Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, kemampuan guru tergolong kurang dengan nilai rata-rata 44,00. Pada siklus I meningkat menjadi 66,83
EDUPEDEDUPED Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan di Desa Pangelen Kec, Sampang. Metode yang digunakan yaitu instrumental yang metode kualitatif dengan studiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan di Desa Pangelen Kec, Sampang. Metode yang digunakan yaitu instrumental yang metode kualitatif dengan studi
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Disrupsi merupakan kondisi inheren dalam musik yang muncul berulang kali sepanjang sejarahnya dan tidak selalu bersifat negatif, melainkan memperkaya relasiDisrupsi merupakan kondisi inheren dalam musik yang muncul berulang kali sepanjang sejarahnya dan tidak selalu bersifat negatif, melainkan memperkaya relasi
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap korelasi antara aktivitas latihan gamolan dan relasi sosial para pemainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatanPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap korelasi antara aktivitas latihan gamolan dan relasi sosial para pemainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan