EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

rendahnya. . Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa. dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Subjek. dari penelitian ini siswa kelas XII IPS 1,2,3 MAN 3 Cianjur pada. semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada mata pelajaran. Ekonomi. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar. pengamatan berupa lembar pengamatan terfokus, (2) Tes hasil. belajar ekonomi dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil. penelitian dan pembahasannya diatas, setelah dilakukan tindakan. berupa penggunaan media pembelajaran berbasis TIK pada. tingkat. pelajaran ekonomi untuk mengatasi. pemahaman konsep siswa dapat dibuat beberapa kesimpulan. sebagai berikut: a) Terdapat perbedaan tingkat pemahaman. konsep siswa antara sebelum menggunakan media pembelajaran. berbasis TIK dan sesudah menggunakan media pembelajaran. berbasis TIK; b) Media pembelajaran berbasis TIK berpengaruh. positif terhadap peningkatan hasil belajar dan pemahaman. konsep peserta didik; c) Tingkat efektifitas penggunaan media. yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK lebih efektif. dibanding penggunaan media pembelajaran konvensional dalam. meningkatkan pemahaman konsep siswa; d) Penggunaan media. pembelajaran berbasis TIK membuat KBM lebih menarik, bahan. ajar menjadi lebih interaktif, waktu yang dibutuhkan dalam KBM. lebih cepat ketika menggunakan media, kualitas hasil belajar. dapat meningkat ketika rancangan media tepat, KBM dapat. dilakukan dimana saja dan kapan saja, media dapat meningkatkan. sikap positif peserta didik terhadap bahan ajar dan KBM, dan. peran pendidik akan lebih variatif; e) Media pembelajaran. berbasis TIK merupakan sarana penunjang pembelajaran.

Penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XII IPS MAN 3 Cianjur, serta lebih efektif dibandingkan media konvensional.Media berbasis TIK juga menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, efisien dari segi waktu, dapat diterapkan fleksibel di mana saja dan kapan saja, serta meningkatkan sikap positif peserta didik dan variasi peran pendidik.Oleh karena itu, media berbasis TIK, seperti presentasi Microsoft PowerPoint, direkomendasikan sebagai sarana penunjang pembelajaran yang sederhana dan mudah diterapkan.

Dalam penelitian lanjutan, pertama, dapat dikaji secara komparatif efektivitas berbagai jenis media pembelajaran berbasis TIK—misalnya multimedia interaktif, video animasi edukatif, dan presentasi PowerPoint—dalam meningkatkan pemahaman konsep ekonomi siswa, sehingga diperoleh data konkret mengenai karakteristik media TIK yang paling sesuai untuk setiap topik materi dan gaya belajar siswa. Kedua, penting untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media berbasis TIK terhadap retensi jangka panjang pemahaman konsep ekonomi, dengan merancang studi longitudinal yang melakukan pengukuran tidak hanya segera setelah pembelajaran, tetapi juga beberapa minggu atau bulan kemudian untuk menilai daya tahan ingatan konseptual siswa. Ketiga, perlu diperluas penelitian ke mata pelajaran lain seperti matematika atau geografi dan ke jenjang kelas yang berbeda, mulai sekolah menengah pertama hingga atas, untuk menilai konsistensi temuan tentang efektivitas media TIK pada berbagai konteks kurikulum. Dengan menggabungkan ketiga ide ini, penelitian selanjutnya dapat memberikan gambaran lebih menyeluruh tentang peran media TIK dalam pembelajaran, membantu pendidik memilih dan mengembangkan media sesuai kebutuhan materi, karakteristik siswa, dan konteks pengajaran secara lebih tepat.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #pemahaman konsep matematika#pemahaman konsep matematika
File size672.2 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test