EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa : (1) pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung pada materi bangun ruang sisi datar, (2) perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-efficacy siswa, (3) interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-efficacy siswa, (4) interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G dan VIII‑H dengan jumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuisioner. Analisis data yang digunakan meliputi uji kesetimbangan, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji komparasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dimana Fhitung lebih besar daripada Ftabel (7,73>4,06); (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari self‑efficacy siswa dimana Fhitung lebih besar daripada Ftabel (20,35>3,21); (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self‑efficacy siswa dimana Fhitung lebih kecil daripada Ftabel (0,605<3,21).

Model reciprocal teaching secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 4 Tulungagung.Terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep berdasarkan tingkat self‑efficacy siswa, dimana kelompok dengan self‑efficacy rendah dan sedang menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan kelompok dengan self‑efficacy sedang‑tinggi serta tinggi‑rendah.Tidak ditemukan efek interaksi antara model reciprocal teaching, pemahaman konsep matematis, dan self‑efficacy siswa.

Penelitian selanjutnya dapat melakukan studi longitudinal untuk mengevaluasi dampak model reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep matematis siswa selama beberapa semester, sehingga dapat mengamati keberlanjutan dan perubahan efek seiring waktu. Selain itu, diperlukan penyelidikan mengenai efektivitas penggunaan media digital berbasis reciprocal teaching, misalnya aplikasi interaktif atau platform e‑learning, dalam meningkatkan motivasi dan self‑efficacy siswa pada materi matematika. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi peran pelatihan guru secara intensif dalam penerapan reciprocal teaching, dengan membandingkan kelompok guru yang memperoleh pelatihan mendalam versus yang hanya mendapatkan orientasi singkat, untuk menilai bagaimana kompetensi guru mempengaruhi hasil belajar siswa yang memiliki variasi tingkat self‑efficacy.

  1. Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada... ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/3897Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada ejournal uin suska ac index php SJME article view 3897
  2. HUBUNGAN ANTARA SELF-CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTSN 4 BANDUNG BARAT... doi.org/10.29407/nor.v5i1.12087HUBUNGAN ANTARA SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTSN 4 BANDUNG BARAT doi 10 29407 nor v5i1 12087
  3. Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy... journals.eduped.org/index.php/jpr/article/view/32Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau dari Self Efficacy journals eduped index php jpr article view 32
  4. Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa | Dewi... jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpmipa/article/view/18542Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa Dewi jurnal fkip unila ac index php jpmipa article view 18542
  1. #pemahaman konsep matematika#pemahaman konsep matematika
  2. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
File size547.85 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test