EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan alat permainan edukatif untuk meningkatkan kematangan emosi peserta didik VIII MTs Asy Syakur Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas (classroom reaserch) yang menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan data terdiri dari silabus kepengawasan, rencana pembelajaran, form LKS, dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode belajar menggunakan model pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, dan penerapan metode pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Pembelajaran dengan metode belajar menggunakan model pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.Penerapan metode pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas penggunaan permainan edukatif pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti SMA atau SMK, untuk melihat apakah model pembelajaran ini tetap memberikan dampak positif terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Selain itu, perlu dilakukan penelitian komparatif untuk membandingkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan edukatif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti karakteristik siswa dan ketersediaan sumber daya. Pengembangan lebih lanjut dapat difokuskan pada perancangan permainan edukatif yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa, serta pelatihan guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran berbasis permainan secara efektif dan kreatif.

  1. #pembelajaran bahasa inggris#pembelajaran bahasa inggris
  2. #buku pelajaran bahasa inggris#buku pelajaran bahasa inggris
File size313.54 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test