EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityTujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan alat permainan edukatif untuk meningkatkan kematangan emosi peserta didik VIII MTs Asy Syakur Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas (classroom reaserch) yang menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan data terdiri dari silabus kepengawasan, rencana pembelajaran, form LKS, dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode belajar menggunakan model pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, dan penerapan metode pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Pembelajaran dengan metode belajar menggunakan model pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.Penerapan metode pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas penggunaan permainan edukatif pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti SMA atau SMK, untuk melihat apakah model pembelajaran ini tetap memberikan dampak positif terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Selain itu, perlu dilakukan penelitian komparatif untuk membandingkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan edukatif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti karakteristik siswa dan ketersediaan sumber daya. Pengembangan lebih lanjut dapat difokuskan pada perancangan permainan edukatif yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa, serta pelatihan guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran berbasis permainan secara efektif dan kreatif.
| File size | 313.54 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
SALNESIASALNESIA Tingkat pengelolaan keuangan rumah tangga memegang peranan penting dalam memilih makanan bergizi bagi setiap anggota keluarga. Pengabdian ini dilakukanTingkat pengelolaan keuangan rumah tangga memegang peranan penting dalam memilih makanan bergizi bagi setiap anggota keluarga. Pengabdian ini dilakukan
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan,Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan,
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe model pembelajaran bahasa isyarat berbasis web, menggunakan Bahasa Isyarat Amerika (WEBSL), bagiPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe model pembelajaran bahasa isyarat berbasis web, menggunakan Bahasa Isyarat Amerika (WEBSL), bagi
EDUPEDEDUPED Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar observasi. Adapun analisis data menggunakan kriteria ketuntasan belajar,Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar observasi. Adapun analisis data menggunakan kriteria ketuntasan belajar,
Useful /
SALNESIASALNESIA Kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan public speaking anak asuh di UPT Rumah Pengasuhan Anak Wiloso Projo melaluiKegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan public speaking anak asuh di UPT Rumah Pengasuhan Anak Wiloso Projo melalui
SALNESIASALNESIA Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan edukasi dan demonstrasi memasak efektif dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan ibu dalam memanfaatkanTemuan ini menunjukkan bahwa kegiatan edukasi dan demonstrasi memasak efektif dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan ibu dalam memanfaatkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif-korelasional kuantitatif. Sebanyak 61 guru sekolah dasar berpartisipasi dalam penelitian ini sebagaiPenelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif-korelasional kuantitatif. Sebanyak 61 guru sekolah dasar berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Penelitian ini bertujuan untuk menguji. Metode kuasi-eksperimen digunakan dengan desain pretest–posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V diPenelitian ini bertujuan untuk menguji. Metode kuasi-eksperimen digunakan dengan desain pretest–posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di