EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kepengawasan yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 12 guru di MI Al Islam, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, serta validasi data dilakukan melalui triangulasi. Analisis data dilakukan secara komparatif terhadap kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, kemampuan guru tergolong kurang dengan nilai rata-rata 44,00. Pada siklus I meningkat menjadi 66,83 (kualifikasi cukup), dan pada siklus II mencapai 86,33 (kualifikasi baik). Dengan demikian, pendampingan yang dilakukan oleh pengawas madrasah terbukti berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh.

Pada kondisi awal, kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh berada pada kualifikasi kurang dengan nilai rata-rata 44,00.Setelah pendampingan pada siklus I, kemampuan meningkat ke kualifikasi cukup (66,83), dan pada siklus II mencapai kualifikasi baik (86,33).Pendampingan oleh pengawas madrasah terbukti berhasil meningkatkan secara signifikan kemampuan guru dalam memanfaatkan Voice Note WhatsApp untuk pembelajaran jarak jauh.

Pertama, perlu diteliti efektivitas model pendampingan berjenjang oleh pengawas madrasah terhadap guru-guru di sekolah lain dengan karakteristik berbeda, untuk melihat apakah pendekatan yang sama dapat diterapkan secara luas. Kedua, perlu dikaji bagaimana integrasi Voice Note WhatsApp dengan platform pembelajaran lain seperti Google Classroom dapat meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh dari segi interaksi dan umpan balik. Ketiga, penting untuk meneliti persepsi siswa dan orang tua terhadap penggunaan pesan suara sebagai media pembelajaran, termasuk faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman dan motivasi belajar, agar penggunaan media ini dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian lanjutan ini akan membantu menyempurnakan strategi pendampingan guru serta memperkuat desain pembelajaran berbasis suara yang lebih inklusif dan efektif di masa depan.

  1. #voice note whatsapp#voice note whatsapp
File size375.04 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test