EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan e-Learning pada Proses Belajar Dari Rumah (BDR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Masa Pandemi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model rancangan Kemmis & Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 sebanyak 34 siswa yang terdiri atas 14 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan angket. Hasil belajar individual dikatakan tuntas jika nilai individual sama dengan atau lebih besar dari nilai KKM, yaitu 84. Hasil belajar dikatakan tuntas jika > 75% peserta didik memiliki hasil belajar > KKM. Sedangkan untuk sikap, dinyatakan tuntas jika memenuhi standar “baik, yaitu 70%-79%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi pada materi Hereditas di masa pandemi peserta didik kelas XII MIPA 3 MAN 13 Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 77%. 2) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada materi Hereditas di Masa Pandemi Peserta didik Kelas XII MIPA 3 MAN 13 Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88%.

Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi pada materi Hereditas di masa pandemi peserta didik Kelas XII MIPA 3 MAN 13 Jakarta Semester Ganjil Tahun 2020-2021.Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 77%.Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi Hereditas di masa pandemi peserta didik Kelas XII MIPA 3 MAN 13 Jakarta Semester Ganjil Tahun 2020-2021.Hal ini dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88%.

Penelitian lanjutan dapat menginvestigasi dampak penerapan sistem e-learning adaptif yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa berbeda selama keadaan darurat. Selain itu, perlu dikaji strategi pelatihan guru untuk meningkatkan efektivitas implementasi e-learning dalam situasi krisis. Terakhir, studi tentang pengaruh jangka panjang pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi dan prestasi akademik siswa dapat memberikan wawasan untuk pengembangan kurikulum yang lebih inklusif.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size591.95 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test