EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran discovery learning. Bentuk penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas XII IPS 1 MAN Kota Pariaman yang berjumlah 28 orang, yang laki-laki dan 22 orang perempuan. Kemampuan akademik rata-rata sama, dengan latar belakang ekonomi yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian ini di peroleh dengan cara 1) Observasi; 2) Tes; dan 3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran Matematika dalam setiap pertemuan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa; (2) Meningkatkan aktifitas belajar siswa disebabkan oleh meningkatnya motivasi dan minat belajar siswa dan juga berimplikasi logis terhadap meningkatnya pemahaman siswa untuk menyerap materi pembelajaran; (3) Penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran setiap pertemuan materi pelajaran Matematika dalam Matematika sangat bagus dilaksanakan terutama untuk topik-topik tertentu yang abstrak.

Dari awal penelitian dilaksanakan, direncanakan bahwa melalui penelitian tindakan kelas (PTK) ini diharapkan guru mampu memecahkan problem yang sedang dihadapi.Gagasan umum yang dikemukakan dan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sesuai dengan judul penelitian bahwa melalui alternatif tindakan yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran mampu meningkatkan aktifitas belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa.(1) Dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran Matematika dalam setiap pertemuan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa.(2) Meningkatkan aktifitas belajar siswa disebabkan oleh meningkatnya motivasi dan minat belajar siswa dan juga berimplikasi logis terhadap meningkatnya pemahaman siswa untuk menyerap materi pembelajaran.(3) Penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran Matematika dalam setiap pertemuan materi pelajaran Matematika sangat bagus dilaksanakan terutama untuk topik-topik tertentu yang abstrak.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji efektivitas model Discovery Learning dalam mata pelajaran lain selain matematika. Selain itu, perlu dilakukan studi tentang peran pelatihan guru dalam menerapkan metode pembelajaran ini secara optimal. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi adaptasi model Discovery Learning untuk siswa dengan latar belakang ekonomi dan kemampuan akademik berbeda, sehingga memberikan wawasan lebih luas tentang penerapan strategi pembelajaran yang inklusif.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size693.41 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test