EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPenelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah minimnya aktivitas belajar fisika, mengetahui pelaksanaan pembelajaran bongkar pasang pada aplikasi Phet Virtual Laboratory dapat meningkatkan hasil belajar fisika serta mendeskripsikan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA1 MAN 1 Solok. Pembelajaran Fisika Asyik menggunakan metode Inquiry Learning, di mana peserta didik dituntun untuk menemukan dan menanamkan dasar-dasar berpikir ilmiah sehingga lebih aktif dalam belajar mandiri dan mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. Penerapan konsep pembelajaran menggunakan aplikasi Phet terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, terlihat dari antusiasme peserta didik dalam membuat, membongkar, dan memasang kembali rangkaian baru, serta menemukan hal-hal baru secara kreatif. Pencapaian hasil belajar peserta didik secara umum telah melampaui KKM, sehingga pembelajaran bongkar pasang melalui aplikasi Phet Virtual Laboratory dikatakan berhasil sebagai inovasi pembelajaran yang efektif.
Penerapan kegiatan bongkar pasang melalui aplikasi Phet Virtual Laboratory pada materi listrik dinamis mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa secara signifikan dengan pendekatan Inquiry Learning.Hasil belajar fisika peserta didik juga meningkat, ditunjukkan oleh rata-rata kelas 87,86 dan 90% siswa tuntas di atas KKM.Meskipun demikian, masih terdapat kendala seperti keterbatasan perangkat, akses internet, dan keterampilan peserta didik dalam penggunaan teknologi informasi.
Pertama, perlu dikaji lebih lanjut bagaimana efektivitas aplikasi Phet Virtual Laboratory pada materi fisika lainnya, seperti listrik statis atau gelombang, untuk melihat apakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar bersifat konsisten di berbagai topik. Kedua, perlu dilakukan penelitian tentang pengembangan modul pembelajaran digital yang terintegrasi dengan aplikasi Phet, dilengkapi panduan langkah demi langkah dan tugas proyek kreatif, guna membantu siswa yang masih kesulitan dalam pengoperasian teknologi. Ketiga, sebaiknya diteliti model pelatihan guru berbasis peer teaching untuk menguji sejauh mana penyebaran praktik inovatif seperti pembelajaran bongkar pasang dapat meningkatkan kapasitas pendidik di sekolah lain, terutama di daerah dengan keterbatasan sumber daya. Penelitian-penelitian ini dapat dilakukan secara bertahap, dimulai dari uji coba terbatas di kelas paralel, lalu dikembangkan secara kolaboratif antar sekolah. Fokusnya harus pada adaptasi pembelajaran yang tetap menarik, namun tetap mempertimbangkan keterbatasan teknis yang umum terjadi. Dengan pendekatan berbasis riset seperti ini, inovasi pembelajaran berbasis teknologi bisa menjadi solusi berkelanjutan, bukan hanya saat pandemi. Selain itu, hasil penelitian dapat digunakan sebagai acuan pengembangan kebijakan mikro di tingkat madrasah atau dinas pendidikan setempat. Melalui tiga arah penelitian tersebut, dampak dari penggunaan media virtual dapat dimaksimalkan secara lebih merata dan berkelanjutan. Penting juga untuk memastikan bahwa desain penelitian melibatkan variabel kontrol yang kuat, seperti latar belakang peserta didik dan akses teknologi rumahan. Dengan demikian, temuan yang dihasilkan akan lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.
| File size | 686.39 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IRPIIRPI Berdasarkan hasil ini, direkomendasikan pola makan sehat, aktivitas fisik teratur, manajemen stres, serta pemeriksaan kesehatan rutin. Penelitian ini membandingkanBerdasarkan hasil ini, direkomendasikan pola makan sehat, aktivitas fisik teratur, manajemen stres, serta pemeriksaan kesehatan rutin. Penelitian ini membandingkan
EDUPEDEDUPED Hal ini didasarkan pada hasil ketuntasan belajar siswa, uji pengaruh keaktifan siswa dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalahHal ini didasarkan pada hasil ketuntasan belajar siswa, uji pengaruh keaktifan siswa dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah
EDUPEDEDUPED Adapun instrumen pengumpulan data yaitu berupa lembar observasi dan instrumen tes. Analisis data pada penelitian kualitatif yaitu menafsirkan hasil observasiAdapun instrumen pengumpulan data yaitu berupa lembar observasi dan instrumen tes. Analisis data pada penelitian kualitatif yaitu menafsirkan hasil observasi
EDUPEDEDUPED Penelitian dilakukan bertahap menurut alur siklus dalam PTK. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus yang disesuaikan dengan jumlah jam tatap muka padaPenelitian dilakukan bertahap menurut alur siklus dalam PTK. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus yang disesuaikan dengan jumlah jam tatap muka pada
Useful /
EDUPEDEDUPED Peningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan kinerja guru, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan rata-rata nilai dan jumlah siswa yang tuntasPeningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan kinerja guru, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan rata-rata nilai dan jumlah siswa yang tuntas
EDUPEDEDUPED Berdasarkan uraian yang telah disampaikan, dapat disimpulkan bahwa penerapan latihan wall ball terhadap kemampuan melakukan passing bawah perlu dilakukanBerdasarkan uraian yang telah disampaikan, dapat disimpulkan bahwa penerapan latihan wall ball terhadap kemampuan melakukan passing bawah perlu dilakukan
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Mereka mengusung nilai-nilai religius islami dalam karya musik dan pertunjukannya. Dalam tulisan ini, penulis berupaya untuk memahami cara band ini tetapMereka mengusung nilai-nilai religius islami dalam karya musik dan pertunjukannya. Dalam tulisan ini, penulis berupaya untuk memahami cara band ini tetap
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Berdasarkan analisis musikologis dapat dikatakan bahwa ghendhing dangdut dalam budaya Madura bersifat lebih luwes, longgar, dan dinamis dibanding denganBerdasarkan analisis musikologis dapat dikatakan bahwa ghendhing dangdut dalam budaya Madura bersifat lebih luwes, longgar, dan dinamis dibanding dengan