EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem dan ketuntasan belajar siswa kelas XII SMAN 1 Cariu Kabupaten Bogor pada Mata Pelajaran PAI pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan mixed method, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII dan guru SMAN 1 Cariu. Adapun instrumen pengumpulan data yaitu berupa lembar observasi dan instrumen tes. Analisis data pada penelitian kualitatif yaitu menafsirkan hasil observasi yang peneliti lakukan, sedangkan analisis pada penelitian kuantitatif menggunakan nilai KKM PAI, yaitu 75. Artinya jika seorang siswa memperoleh nilai 75 atau diatasnya, maka ia sudah dinyatakan tuntas belajar PAI, begitu juga sebaliknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran yang muncul pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 yaitu kurangnya minat belajar, keterbatasan masalah jaringan, keterbatasan dari segi perangkat, pemahaman yang relatif rendah, minimnya penguasaan di bidang teknologi. Selain itu, persentase ketuntasan kelas XII sebesar 42%, sebaliknya yang belum tuntas sebesar 58%.
Problematika pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI selama pandemi covid-19 meliputi kurangnya minat belajar, keterbatasan jaringan, keterbatasan perangkat, pemahaman yang rendah, serta rendahnya kompetensi guru dalam teknologi.Sebagian besar siswa kelas XII SMAN 1 Cariu belum mencapai ketuntasan belajar PAI, dengan hanya 42% yang tuntas dan 58% belum tuntas.Faktor-faktor tersebut menjadi penghambat utama dalam pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran daring.
Pertama, perlu penelitian lanjutan yang mengkaji efektivitas metode pembelajaran berbasis permainan digital dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi PAI selama pembelajaran daring, terutama untuk mengatasi rendahnya keterlibatan siswa. Kedua, sebaiknya dilakukan studi tentang pengaruh kepemilikan perangkat pribadi terhadap hasil belajar PAI, dengan membandingkan siswa yang memiliki perangkat sendiri dan yang harus bergantian dengan anggota keluarga, guna memahami lebih dalam dampak kesenjangan digital terhadap ketuntasan belajar. Ketiga, perlu dikembangkan penelitian yang mengevaluasi program pembinaan guru secara berkala dalam penguasaan teknologi pendidikan, untuk melihat sejauh mana pelatihan bulanan mampu meningkatkan kualitas penyampaian materi dan interaksi daring antara guru dan siswa dalam konteks pendidikan agama Islam.
| File size | 536.44 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IRPIIRPI Keterbatasan akses terhadap tafsir yang mudah dipahami, serta ketiadaan media pembelajaran yang interaktif dan mampu menjawab pertanyaan secara kontekstual,Keterbatasan akses terhadap tafsir yang mudah dipahami, serta ketiadaan media pembelajaran yang interaktif dan mampu menjawab pertanyaan secara kontekstual,
EDUPEDEDUPED Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G danPopulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G dan
EDUPEDEDUPED Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 77%. 2) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkanHal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 77%. 2) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan
EDUPEDEDUPED Metode pembelajaran terus dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi tidak hanya pada materi cara mengatasiMetode pembelajaran terus dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi tidak hanya pada materi cara mengatasi
Useful /
IRPIIRPI 012, dan 0. 082. Temuan ini menyarankan penelitian lebih lanjut untuk menciptakan konten yang lebih terarah dan mencari faktor-faktor signifikan yang meningkatkan012, dan 0. 082. Temuan ini menyarankan penelitian lebih lanjut untuk menciptakan konten yang lebih terarah dan mencari faktor-faktor signifikan yang meningkatkan
IRPIIRPI Memprediksi pelanggan lapser menjadi tantangan utama di sektor layanan data yang kompetitif, disertai tingginya biaya akuisisi pelanggan baru. PenelitianMemprediksi pelanggan lapser menjadi tantangan utama di sektor layanan data yang kompetitif, disertai tingginya biaya akuisisi pelanggan baru. Penelitian
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi-partisipasi. Penulis mengikuti dalam peristiwa-persitiwaPenelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi-partisipasi. Penulis mengikuti dalam peristiwa-persitiwa
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Kajian lebih lanjut diperlukan untuk merumuskan strategi pembelajaran musik yang utuh, menentukan kurikulum dasar yang relevan, dan mempersiapkan pesertaKajian lebih lanjut diperlukan untuk merumuskan strategi pembelajaran musik yang utuh, menentukan kurikulum dasar yang relevan, dan mempersiapkan peserta