EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan dribbling dalam permainan sepak bola melalui latihan lari cepat 100 meter pada siswa putra kelas 5A dan 5B di SDN Baratan 01 Kecamatan Patrang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan latihan lari 100 meter diberikan pada siswa untuk meningkatkan kemampuan mendribling dalam permainan sepak bola. Penelitian dilakukan bertahap menurut alur siklus dalam PTK. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus yang disesuaikan dengan jumlah jam tatap muka pada jam pelajaran olahraga dan kesehatan. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tes lari 100m pada siklus 1 adalah 12.45 detik. Sedangkan pada siklus 2 waktu rata-rata adalah 12.03. artinya siswa putra kelas 5A dan 5B makin baik kecepatan larinya, b) siklus 1 skor rata-rata 2.40 dilakukan tes tanpa latihan lari 100 meter terlebih dahulu, namun pada siklus 2 skor rata-rata meningkat menjadi 2.87 dimana tes dribling dilakukan setelah siswa mengikuti latihan lari 100 meter. Sehingga kemampun driblingnya juga mengalami peningkatan.
Penelitian menunjukkan bahwa latihan lari cepat 100 meter dapat meningkatkan kemampuan dribbling dalam sepak bola.Rata-rata waktu lari 100 meter meningkat dari 12.Skor rata-rata dribbling juga meningkat dari 2.87 setelah dilakukan latihan lari 100 meter terlebih dahulu.
Penelitian lanjutan dapat menguji efektivitas latihan lari cepat dengan jarak yang berbeda-beda (misalnya 50m atau 200m) terhadap peningkatan kemampuan dribbling dalam sepak bola. Perlu juga diteliti pengaruh kombinasi latihan lari cepat dengan latihan teknik dribbling spesifik terhadap penguasaan bola yang lebih komprehensif. Selain itu, penelitian dapat diperluas dengan melibatkan kelompok usia yang lebih bervariasi dan tingkat kompetisi yang berbeda untuk melihat konsistensi hasil yang diperoleh.
| File size | 756.41 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
EDUPEDEDUPED Setelah peneliti cermati selama dalam kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dari proses sampai hasil, maka Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapkan StrategiSetelah peneliti cermati selama dalam kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dari proses sampai hasil, maka Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapkan Strategi
EDUPEDEDUPED Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya guru PAI dalam membentuk karakter siswa di Ponpes K. H. Ahmad Dahlan Sipirok. Penelitian kualitatif dilakukanTujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya guru PAI dalam membentuk karakter siswa di Ponpes K. H. Ahmad Dahlan Sipirok. Penelitian kualitatif dilakukan
EDUPEDEDUPED Pengembangan media pembelajaran berupa video pembelajaran kelas III SD tema 6 “Energi dan Perubahannya dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaranPengembangan media pembelajaran berupa video pembelajaran kelas III SD tema 6 “Energi dan Perubahannya dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran
EDUPEDEDUPED Penelitian ini termasuk penelitian studi pustaka. Peneliti terlebih dahulu melakukan studi terhadap beberapa buku, jurnal, prosiding, dan sebagainya. PembelajaranPenelitian ini termasuk penelitian studi pustaka. Peneliti terlebih dahulu melakukan studi terhadap beberapa buku, jurnal, prosiding, dan sebagainya. Pembelajaran
Useful /
EDUPEDEDUPED Berdasarkan uraian yang telah disampaikan, dapat disimpulkan bahwa penerapan latihan wall ball terhadap kemampuan melakukan passing bawah perlu dilakukanBerdasarkan uraian yang telah disampaikan, dapat disimpulkan bahwa penerapan latihan wall ball terhadap kemampuan melakukan passing bawah perlu dilakukan
EDUPEDEDUPED Dengan diterapkannya metode pembelajaran Concept Attainment menggunakan Media Fun Book pada penelitian tindakan kelas di UPTD Satdik SDN Karangrejo 06Dengan diterapkannya metode pembelajaran Concept Attainment menggunakan Media Fun Book pada penelitian tindakan kelas di UPTD Satdik SDN Karangrejo 06
EDUPEDEDUPED Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran yang muncul pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada pembelajaran daring dimasaHasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran yang muncul pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada pembelajaran daring dimasa
EDUPEDEDUPED Peningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan kinerja guru, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan rata-rata nilai dan jumlah siswa yang tuntasPeningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan kinerja guru, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan rata-rata nilai dan jumlah siswa yang tuntas